Mengintip LRT Jakarta Untuk Asian Games 2018

Mengintip LRT Jakarta Untuk Asian Games 2018
info gambar utama

Light Rail Transit atau yang dikenal LRT ditargetkan oleh Pemerintah DKI Jakarta siap digunakan Asian Games 2018 di Jakarta. Dengan rute Kelapa Gading-Velodrome.

Beberapa hari lalu, kereta 8 set yang terdiri dari 16 kereta sudah tiba di Jakarta. Berbeda dengan LRT di Palembang, LRT di Jakarta dipesan langsung dari Hyundai Rotem, Korea Selatan.

Uji coba LRT di Jakarta, sudah dilakukan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dari Stasiun Kelapa Gading Boulevard menuju Stasiun Pulomas, hari minggu 15 Juli 2018.

Dalam proses pembuatan LRT Jakarta ini, membutuhkan hanya waktu 13 bulan. Dikutip dari Tempo, anggaran untuk pengadaan rolling stock sebanyak 16 unit tersebut mencapai sekitar US$320 juta, sudah termasuk suku cadang, pemeliharaan, dan lain-lainnya. Artinya, satu kereta dibanderol US$20 juta atau sekitar Rp289 miliar.

LRT Jakarta siap beroperasi di Asian Games/Hidayah News
info gambar

LRT Jakarta ini terlihat modern dan juga minimalis. Cat putih yang melapisi dinding kereta terlihat senada dengan kursi yang terbuat dari bahan stainless steel seperti kereta-kereta di negara maju. Kereta LRT ini hanya menyediakan 40 bangku untuk setiap gerbong. Sementara itu, rolling stock dapat menampung setidaknya 230 penumpang berdiri. Total daya tampung kereta saat kondisi penuh maksimal 270 penumpang.


Sumber: LRT JKT, Tempo

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini