Memiliki Potensi, Jambi Bersiap Menjadi Tuan Rumah Hari Kopi Sedunia

Memiliki Potensi, Jambi Bersiap Menjadi Tuan Rumah Hari Kopi Sedunia
info gambar utama

Jambi telah bersiap untuk menjadi tuan rumah penyelenggara “Hari Kopi Sedunia” pada tahun ini. Dikutip dari Akurat.co, Kepala Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) setempat, Ariayansyah, mengatakan bahwa Provinsi Jambi pada 2019 akan berkesempatan menjadi tuan rumah penyelenggara Hari Kopi se-Dunia, pihaknya akan memanfaatkan untuk memaksimalkan Jambi sebagai produsen kopi unggulan.

Kopi Liberika Tungkal Komposit, atau disingkat menjadi “Kopi Litbukom” adalah kopi spesifik yang ada di Jambi. Dari laman https://jambi.litbang.pertanian.go.id, tanaman kopi tersebut dapat tumbuh di dataran rendah, yaitu lahan gambut. Kopi tersebut adalah khas daerah Tanjung Jabung Barat. Menteri Pertanian Republik Indonesia telah menetapkan kopi tersebut sebagai varietas bina pada No. 4968/SR.120/12/2013 tanggal 6 Desember 2013.

Menurut Ariayansyah, Jambi memiliki potensi untuk menjadi penyelenggara Hari Kopi se-Dunia tingkat Nasional. Hari Kopi adalah sebuah agenda tahunan yang dirayakan pada tanggal yang berbeda-beda di setiap negara, mereka merayakan hari tersebut dengan cara meningkatkan kepedulian terhadap petani kopi.

Pertama kali diperingati pada 1 Oktober 2015, Hari Kopi diinisiasi oleh Organisasi Kopi Internasional di Milan, Italy.

Peluang menjadi tuan rumah ini akan dimanfaatkan untuk memperkenalkan potensi yang kopi Jambi di tingkat nasional dan internasional.

--

Sumber : Akurat

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini