Indonesia Melalui Pabrik Ini Rambah Pasar Mancanegara

Indonesia Melalui Pabrik Ini Rambah Pasar Mancanegara
info gambar utama

Agen penjualan Honda di Indonesia PT Honda Prospect Motor (HPM) memulai produksi mobil All New Honda Brio yang berorientasi ekspor di pabriknya di Karawang, Jawa Barat pada hari Selasa.

Berbicara pada acara tersebut, Menteri Perdagangan Airlangga Hartarto memuji upaya HPM untuk meningkatkan ekspor produknya, termasuk mobil All New Brio.

"Ekspor perdana All New Brio pada 2019 direncanakan ke Filipina dan Vietnam dengan total nilai ekspor sebesar Rp 1 triliun," kata Airlangga dikutip oleh Antara, menambahkan bahwa 89 persen komponen All New Brio adalah konten lokal.

Airlangga mengatakan HPM telah mengekspor 11 model mobil CKD sejak 2013 ke 12 negara di Asia dan Amerika. Total ekspor hingga 2018 tercatat Rp 12 triliun dan ditargetkan mencapai Rp25,5 triliun pada 2021. HPM sejauh ini telah menghasilkan sekitar 1,3 juta kendaraan.

Saat ini, perusahaan ini memiliki dua pabrik manufaktur yang dapat menghasilkan 200.000 mobil per tahun dan mempekerjakan sekitar 6.900 orang. Tahun ini, perusahaan ini berencana untuk berinvestasi sekitar Rp 4,2 triliun.

HPM juga dilaporkan telah mengekspor Honda CBR, yang juga diproduksi di pabrik Karawang antara 2011 hingga 2014, ke Thailand dan Malaysia.

Kementerian Perdagangan mendukung ambisi HPM untuk mengekspor 1,5 juta mobil pada tahun 2020 seperti dinyatakan oleh Menteri Airlangga.


Sumber: Jakarta Post

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini