Tidak Hanya Manusia, Nasi Juga Bisa Begadang

Tidak Hanya Manusia, Nasi Juga Bisa Begadang
info gambar utama

Berbicara soal kuliner Indonesia memang tidak akan ada habisnya. Salah satunya yaitu kota Ambon. Hampir semua sudut kota Ambon menyimpan kekayaan kuliner milik ibukota Provinsi Maluku ini. Cita rasanya pun beragam dan nikmat, hampir sepanjang hari para pedagang menjual kulinernya tersebut.

Banyak sekali jenis kuliner yang ada di Ambon. Namun, terdapat satu jenis kuliner yang menjadi primadona kota Ambon terutama saat malam hari. Kuliner tersebut dikenal dengan sebutan Nasi Kuning Begadang.

Nasi kuning begadang ini tidak hanya populer di kota Ambon saja. Namun di Jakarta juga terdapat warung tenda yang memang menyajikan menu nasi kuning dengan berbagai lauk komplit dan murah.

Jika Kawan GNFI lihat sekilas memang tidak ada perbedaan yang signifikan antara nasi kuning ini dengan nasi kuning yang biasa dilihat pada acara-acara ulang tahun, ataupun syukuran. Namun perbedaannya yang terbilang unik yakni terletak pada waktu penjualan nasi kuning ini dimulai sore hingga dini hari.

Nasi kuning begadanglengkap dengan lauk pauk lainnya | foto : Indonesiakaya.com
info gambar

Inilah sebabnya mengapa kuliner tersebut dinamakan Nasi Kuning Begadang. Dimana, keberadaannya yang menjadi favorit masyarakat sebagai makanan apabila saat begadang.

Nasi Kuning begadang merupakan “Ratu” kuliner di kala malam tiba. Biasanya para pedagang sudah mulai mempersiapkan dagangan nasi kuning ini sejak pukul 15.30 dan sudah siap untuk buka pada pukul 17.00.

Para penjual Nasi Kuning Begadang tersebar hampir di seluruh wilayah kota Ambon, terutama di jalan-jalan besar seperti A.M Sangadji, A.Y Patty, atau di sekitaran putaran Tugu Trikora. Biasanya mereka berjualan hingga pukul 03.00 dini hari, bahkan ada beberapa yang berjualan hingga sebelum adzan subuh dikumandangkan.

Wow benar-benar begadang yah!

Nasi kuning begadang
info gambar

Meskipun secara umum nasi kuning ini sama jenisnya dengan nasi kuning yang lainnya. Namun, rasa nasi kuning begadang Ambon jelas berbeda. Citarasa Indonesia Timur lebih terasa di nasi kuning begadang. Pilihan lauk ikan cakalang atau serundeng membuat rasa kuliner ini menjadi khas dan memiliki kenikmatan yang berbeda dengan nasi kuning biasa.

Tidak hanya itu, kuliner ini juga dilengkapi dengan lauk-pauk lainnya seperti bihun, perkedel, bahkan semur ayam dan sate jeroan. Dengan berbagai kelebihan ini, maka tidak heran apabila nasi kuning begadang menjadi pilihan utama sebagai makanan tengah malam di kota Ambon.

Bagaimana Kawan GNFI, tertarik untuk mencoba nasi kuning begadang ini di malam hari?

Catatan kaki: Indonesiakaya | Detikfood

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini