Terungkap! Toko-Toko di Korea Utara Ternyata Jual Ratusan Produk Indonesia

Terungkap! Toko-Toko di Korea Utara Ternyata Jual Ratusan Produk Indonesia

Ilustrasi © badrun13/Shutterstock

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Siapa yang menyangka kalau masyarakat negeri paling tertutup di dunia itu sangat menyukai produk-produk Indonesia? Terutama bagi kaum hawa Korea Utara yang diketahui sangat menyukai produk rumah tangga, produk kecantikan, sampai susu bayi asli buatan Indonesia.

‘’Kami menemukan satu toko di Wonsan yang menjual ratusan produk buatan Indonesia,’’ ungkap Duta Besar Indonesia untuk Korea Utara, Berlian Napitupulu dikutip Liputan6.com (6/8/2019).

Bahkan diperkirakan ada lebih dari 300 jenis produk Indonesia yang tersebar di berbagai toko di seluruh penjuru Korea Utara.

‘’Sejumlah produk Indonesia sangat digemari masyarakat setempat dan memiliki keunggulan dibanding produk negara lain karena kualitas yang baik dan harga yang terjangkau. Saya menyaksikan sendiri animo masyarakat Korea Utara terhadap produk-produk Indonesia,’’ ungkap Berlian.

Masyarakat Korea Utara Memadati Stan Indonesia
Masyarakat Korea Utara memadati stan Indonesia di Pyongyang Autumn International Trade Fair 2019 © Dok. KBRI Pyongyang

Tingginya animo masyarakat Korea Utara terhadap produk-produk Indonesia dimulai dari rajinnya pihak Korea Utara mengundang Indonesia untuk turut serta pada sebuah pameran dagang yang disebut Pyongyang Autumn International Trade Fair yang diselenggarakan setiap tahun.

Di setiap pameran, stan milik Indonesia tidak pernah sepi dari pengunjung. Salah satunya karena ada tester gratis.

Punya Gerai Produk Resmi di KBRI

Gerai Produk Indonesia di KBRI Korea Utara
Gerai produk Indonesia di KBRI Korea Utara © Dok. KBRI Pyongyang, Korea Utara

Melihat animo masyarakat Korea Utara yang semakin tinggi, akhirnya Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) secara resmi mendirikan Gerak Produk Indonesia di kantor KBRI Pyongyang. Gerai ini sudah diresmikan sejak 3 September 2019 silam.

Pendirian gerai tersebut nantinya sebagai media yang secara konsisten dan permanen untuk mempromosikan produk-produk Indonesia. Bahkan sebenarnya jumlah produk di gerai ini cenderung kalah jika dibandingkan dengan jumlah produk yang sudah beredar dan dijual di tengah masyarakat.

Awalnya baru ada 150 jenis produk yang diperlihatkan, namun seiring berjalannya waktu jumlahnya akan terus bertambah. Produk yang dipilih dipamerkan dalam gerai, diakui pihak KBRI, merupakan hasil survei KBRI di sejumlah toko dan supermarket di Pyongyang dan Wonsan.

Produk Indonesia di Korea Utara
Salah satu produk Indonesia yang dijual di toko Korea Utara © INSTAGRAM/@jakaparke

Macam-macam produk Indonesia yang diketahui sangat disukai oleh masyarakat Korea Utara antara lain:

  • Susu dan makanan bayi: Lactogen, Promina, SUN, Milna, Cerelac, BMT
  • Kopi: Excelso, Indocafe, Koffie Luwak, Kapal API, Kopiko
  • Kecap Manis: ABC dan Sedap
  • Bumbu masakan: Sambal ABC, Masako, Ajinomoto
  • Makanan: Energen, Bengbeng, Kusuka, Cassava, dan berbagai permen
  • Sabun mandi: Giv, Shinzui, Fresh, Lifebuoy, Lux
  • Shampoo: Clear, Emeron
  • Kosmetik: Citra, Herboris, Marina, Nivea, Pixy, Purbasari, Viva, Wardah
  • Detergen pembersih dan pewangi pakaian: Attack, B29, Daia, So Klin, Rinso, Molto
  • Sabun cuci piring dan pembersih lantai: Mama Lemon, Superpel, Wipol

Selain karena produk yang berkualitas, produk-produk Indonesia juga dianggap memiliki harga yang kompetitif dan terjangkau. Tak heran kalau masyarakat di sana kerap memadati stan pameran produk Indonesia.

Mereka Juga Suka Kerajinan Tangan Indonesia

Kerajinan Tangan Topeng Khas Indonesia
Kerajinan tangan topeng khas Indonesia © sattahipbeach/Shutterstock

Selain produk makanan, minuman, dan produk-produk rumah tangga lainnya, ternyata masyarakat Korea Utara, khususnya masyarakat Pyongyang juga penasaran dengan hasil kerajinan tangan Indonesia. Ini terbukti telah menarik animo pengunjung saat Indonesia berpartisipasi pada Pyongyang Autumn International Trade Fair 2018 silam.

Sebenarnya, kala itu Indonesia juga memamerkan produk seperti barang-barang elektronik, alat transportasi atau truk, material atau mesin bangunan, peralatan rumah tangga, produk kesehatan atau obat-obatan, pakaian atau tekstil, dan lainnya.

Namun yang cukup menarik perhatian adalah saat pihak KBRI memamerkan kain tenun dari Sumatera Utara, kerajinan tangan berupa pahatan dari suku Asmat, topeng Jawa, bokor kuningan khas Jawa, dan hiasan Jaranan Banyuwangi.

Di antara itu semua, pihak KBRI justru sengaja memberikan fokus pameran pada dua foto berukuran besar. Foto itu memperlihatkan Abang Jakarta yang berpakaian adat Betawi dan Putri Palembang yang berpakaian adat Sumatera Selatan.

Momen ini tidak disia-siakan KBRI kala itu karena bertepatan dengan pelaksanaan Asian Games 2018 yang akan diselenggarakan di Jakarta dan Palembang, Indonesia.

Bagi masyarakat Korea Utara memang terlihat unik melihat aksesoris yang digunakan pada pakaian adat Indonesia yang memberi kesan ramai dan indah. Tak heran jika mereka mengantre untuk melihat lebih dekat aksesoris-aksesoris khas Indonesia.

Kepincut Bir Asli Korea Utara

Bir Korea Utara
Duta Besar Republik Indonesia, Berlian Napitupulu (kedua dari kiri) sedang berkunjung ke pabrik bir Taedonggang © Dok. Kementerlian Luar Negeri RI

Untuk membuat hubungan perdagangan semakin luas, ternyata kedua negara ini sama-sama berencana untuk menjalin kerjasama di sektor lain, yaitu ekspor bir dari Korea Utara ke Indonesia. Tak menutup kemungkinan juga terjadi sebaliknya.

Berlian sudah pernah bertandang ke pabrik bir asli Korea Utara itu yang berada di daerah Taedonggang, pada Desember 2019 silam.

‘’Di masa mendatang, mereka berencana melebarkan sayap bisnis di sejumlah negara. Kita bisa menangkap kesempatan ini, termasuk menjadikan Indonesia sebagai titik pemasaran produk ini di Asia Tenggara,’’ kata Berlian dikutip CNN Indonesia.

Selama ini, selain dikonsumsi dalam negeri, bir Taedonggang memang baru diekspor ke China. Dengan nilai ekspor mencapai 2 juta dollar Amerika Serikat pada tahun 2018. Jika wacana ini terealisasikan, maka Indonesia menjadi negara kedua tujuan ekspor bir Taedonggang.

Sejak berdiri pada 2002, pabrik bir Taedonggang diketahui sudah memproduksi sampai 12.000 botol per harinya atau setara 70 juta liter per tahunnya. Salah satu keunikan bir Tedonggang ini adalah memiliki tujuh varian yang berbeda.

Varian tersebut dibedakan dengan nomor satu sampai tujuh. Setiap variannya memiliki bahan baku yang berbeda seperti jelai, gandum, beras putih, dan hop.

Untuk diketahui, bir merupakan sektor ekspor yang tidak masuk dalam daftar barang-barang yang dilarang diekspor dari Korea Utara. Hal ini tercantum dalam resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Tertarik coba?

--

Sumber: Liputan6.com | Antaranews.com | CNN Indonesia | Republika.com

--

Baca Juga:

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga39%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang4%
Pilih Tak PeduliTak Peduli17%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi9%
Pilih TerpukauTerpukau30%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Bagaimana Psikologi Menjelaskan Rasisme dan Diskriminasi Sebelummnya

Bagaimana Psikologi Menjelaskan Rasisme dan Diskriminasi

Kontingen Garuda UNIFIL Bantu Korban Ledakan Beirut, Lebanon Selanjutnya

Kontingen Garuda UNIFIL Bantu Korban Ledakan Beirut, Lebanon

Dini Nurhadi Yasyi
@dininuryasyi

Dini Nurhadi Yasyi

fiksidini.wordpress.com

2 Komentar

  • Danielhenney

    Majulah indonesia tetap jaya... Tq korea utara yg telah percaya kpd produk indonesia....juga kpd negara2 yg lainnya.. yg memakai produk indonesia

  • Marlon

    Bagus produk bisa di terima bagaimana cara ikut jualan di sana pak ? Saya mau tlg di email

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.