Cermat Memilih Paket Internet Unlimited untuk Siswa Belajar dari Rumah

Cermat Memilih Paket Internet Unlimited untuk Siswa Belajar dari Rumah

Ilustrasi siswa sedang melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) | Shutterstock @Juliya Shangarey

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim, secara resmi mematenkan pembelajaran jarak jauh (PJJ) alias belajar dari rumah meski Virus Corona usai. Sejak Maret lalu, semua sekolah hingga perguruan tinggi telah melakukan konsep ini.

Nadiem juga menegaskan bahwa pandemi Covid-19 membuat proses PJJ menjadi satu-satunya opsi yang bisa dilakukan saat ini. Tujuannya jelas, agar siswa tetap dapat belajar sesuai kurukulum dan para guru bisa tetap mengetahui perkembangan para siswanya.

Lain itu, rencana untuk tetap melakukan PJJ juga dilakukan meski pandemi Covid-19 berakhir. Menurut analisis Kemendikbud, pemanfaatan teknologi dalam kegiatan belajar-mengajar akan menjadi hal yang mendasar.

"Pembelajaran jarak jauh, ini akan jadi permanen. Bukan pembelajaran jarak jauh pure saja, tapi hybrid model. Adaptasi teknologi itu pasti tidak akan kembali lagi," kata Nadiem dalam rapat kerja bersama Komisi X DPR, Kamis (2/7/2020).

Pemanfaatan teknologi, sambung Nadiem, akan memberikan kesempatan bagi sekolah melakukan berbagai macam modeling kegiatan belajar.

"Kesempatan kita untuk melakukan berbagai macam efisiensi dan teknologi dengan software dengan aplikasi dan memberikan kesempatan bagi guru-guru dan kepala sekolah dan murid-murid untuk melakukan berbagai macam hybrid model atau school learning management system itu potensinya sangat besar," bebernya.

Meski begitu, beberapa kendala seperti kita tahu masih ditemui oleh orang tua murid maupun siswa terkait ketersediaan kuota internet, koneksi internet, serta wilayah ramah jaringan internet. Karena kita sama-sama tahu bahwa di Indonesia belum sepenuhnya merata soal jaringan internet.

Ragam paket internet unlimited

Kebiasaan Baru ini tak pelak membuat semua orang membutuhkan dukungan koneksi internet yang mumpuni. Ada banyak pilihan paket internet, namun salah satu yang paling cocok untuk situasi ini adalah paket internet unlimited yang memberikan tawaran akses internet tanpa batas.

Memang tak bisa dimungkiri jika paket internet unlimited pun terdiri dari berbagai varian, tergantung bagaimana operator seluler meramu layanan tersebut.

Internet unlimited tentunya bisa dijadikan pilihan terbaik untuk semua orang, termasuk bagi yang sudah berkeluarga dan tak mau ribet dengan tambahan bujet untuk anak-anak mereka dalam menjalani aktivitas belajar dari rumah.

Dengan menggunakan paket internet unlimited pun para ibu tak perlu khawatir anaknya akan kehabisan pulsa saat mengakses internet.

Atas kebutuhan masyarakat terutama siswa dalam menjalani masa PJJ, para operator seluler mencoba menyediakan layanan internet unlimited.

Misalnya, ada paket internet unlimited baru berlaku setelah kuota utama habis, lalu khusus akses aplikasi tertentu atau dibeli berdasarkan pilihan aplikasi tersebut. Ada juga yang menawarkan internet bebas akses tapi dengan batas wajar pemakaian per bulan.

Akan tetapi, tak sedikit yang menawarkan paket internet unlimited tapi hanya berlaku wilayah tertentu (lokal) dan dengan jam tertentu.

Paket-paket tadi secara umum bisa digunakan secara maksimal oleh murid-murid yang melakukan PJJ maupun karyawan yang bekerja secara remote (WFH).

Namun sebelum menentukan pilihan paket internet, kawan GNFI pertimbangkan beberapa hal berikut ini:

Harus bisa diakses tanpa batas aplikasi

Sejatinya paket internet unlimited tentu saja yang bisa diakses tanpa batasan aplikasi apapun. Pasalnya kebutuhan aplikasi yang digunakan ketika berada di rumah cenderung bervariasi, baik untuk PJJ, WFH, atau akses layanan hiburan.

Pada satu waktu, boleh jadi pengguna hanya menggunakannya untuk aplikasi tele-konferensi--semisal Zoom atau Google Meet, namun pada lain hari dibutuhkan untuk mengakses media sosial, atau layanan hiburan berbasis streaming.

Nah, bila akses internet unlimited yang diberikan hanya berdasarkan aplikasi tertentu, boleh jadi kawan GNFI harus membeli banyak sekali paket untuk memenuhinya.

Batas pemakaian wajar harian

Kemudian jika menggunakan layanan internet unlimited saat PJJ atau WFH, maka yang paling masuk akal adalah memilih paket internet yang sesuai dengan batas pemakaian wajar harian.

Dengan cara demikian, setelah mencapai batas pemakaian wajar harian, pengguna masih bisa tetap mengakses internet untuk berbagai hal lain. Lalu di hari berikutnya, batas pemakaian wajar sudah diatur ulang (reset) sehingga bisa akses internet seperti biasa.

Paket internet unlimited dengan batas pemakaian wajar harian juga membuatnya jadi lebih murah. Memang, jika berbicara harga bisa menjadi sesuatu yang relatif.

Batas pemakaian wajar harian pun merupakan hal yang sudah lumrah dan memang harus diterapkan oleh operator telekomunikasi manapun. Gunanya untuk menjaga kualitas jaringan dan pelanggan tetap mendapatkan koneksi terbaik.

Internet Booster Unlimited untuk pemakaian berlebih

Selain soal batas pemakaian wajar harian, ketersediaan booster atau fitur tambahan juga penting. Biasanya booster ini berguna semua orang yang membutuhkan pemakaian lebih besar untuk berbagai keperluannya, atau sekadar perlu menambah di saat-saat tertentu.

Tambahan paket booster boleh jadi cocok untuk PJJ maupun WFH karena bisa digunakan untuk melakukan lebih banyak hal. Semisal mengunduh aplikasi atau dokumen tertentu yang berukuran besar.

Booster Unlimited juga membuat bujet internet jadi lebih fleksibel, karena hanya ditambahkan ketika kita membutuhkan. Meski begitu, tidak semua paket internet unlimited operator di Indonesia menyediakan layanan Booster Unlimited tersebut.

Salah satu operator telekomunikasi yang menyediakan Booster Unlimited adalah Smartfren. Booster yang baru diluncurkan belum lama ini tersedia mulai dari;

  • Rp2.000 (500 MB/hari),
  • Rp5.000 (500 MB/hari, berlaku 3 hari), dan
  • Rp10.000 (500 MB/hari, berlaku 7 hari).

Menariknya pengguna layananan operator Smartfren ini bisa mendapat Booster Unlimited Rp10.000 secara gratis melalui aplikasi MySmartfren jika memakai paket internet unlimited Smartfren harga Rp80.000 dan Rp100.000 pada periode Juli-Agustus 2020.

Baca juga:

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau100%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Sejarah Hari Ini (27 Juli 1990) - Paliat, "Kapal yang Terdampar" di Tretes Sebelummnya

Sejarah Hari Ini (27 Juli 1990) - Paliat, "Kapal yang Terdampar" di Tretes

Kerupuk Melarat Cirebon, Camilan Unik yang Digoreng Tanpa Minyak Selanjutnya

Kerupuk Melarat Cirebon, Camilan Unik yang Digoreng Tanpa Minyak

Mustafa Iman
@mustafa_iman

Mustafa Iman

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.