Bermodal Baterai 6.000 mAh, Realme C15 Bisa ''Standby'' Hingga 57 Hari Sekali Ngecas

Bermodal Baterai 6.000 mAh, Realme C15 Bisa ''Standby'' Hingga 57 Hari Sekali Ngecas
info gambar utama

Kawan GNFI, salah satu masalah yang kerap dialami oleh pengguna ponsel di Indonesia adalah urusan daya tahan baterai ponsel. Meski generasi ponsel dengan bekal baterai tanam 5.000 mAh telah banyak beredar, namun nyatanya itu belum cukup.

Menjawab kebutuhan itu, Realme Indonesia mencoba memberikan jawaban dengan meluncurkan ponsel entry-level berbekal baterai jumbo, yakni 6.000 mAh. Kapasitas baterai yang lazim digunakan pada sabak/tablet.

Secara resmi, Realme Indonesia menghadirkan ponsel Realme C15 di pasar Indonesia yang peluncurannya dilakukan secara virtual, Selasa (28/7/2020), dan menjadi peluncuran yang pertama di dunia.

''Kami memilih Indonesia untuk menjadi pertama di dunia yang menerima Realme C15,'' kata Felix Christian, Product Manager Realme Indonesia.

Hadir dalam dua pilihan warna, yakni biru (marine blue) dan perak (seagull silver). Karena menyasar pada pengguna kelas pemula, maka ponsel ini dibanderol gak mahal-mahal banget, yakni mulai Rp1,8 jutaan hingga Rp2,4 jutaan.

Berikut varian Realme C15 yang tersedia di Indonesia:

  • RAM 3 GB/ROM 64 GB,
  • RAM 4 GB/ROM 64 GB, dan
  • RAM 4 GB/ROM 128 GB.

Untung rugi baterai jumbo

Karena ponsel ini mengedepankan kapasitas baterai, penulis akan mencoba fokus di area tersebut terkait untung rugi penggunaan baterai berkapasitas jumbo itu.

Ponsel jadi lebih bongsor

Secara fisik, karena mengusung baterai dengan kapasitas yang cukup besar, maka hal itu berpengaruh pada ketebalan ponsel yang mencapai 9,8 milimeter. Nyaris 1-sentimeter kawan, tebal banget!

Dimensi ponsel ini secara umum adalah memiliki tinggi 164,5 milimeter, lebar 75,9 milimeter, dan berbobot 209 gram. Lumayan berat.

Pengecasan 3 jam lebih

Meski memiliki baterai jumbo, nyatanya untuk pengecasan baterainya Realme C15 hanya dibekali adapter berkemampuan 18 watt. Dengan kapasitas adapter tersebut, baterai hanya terisi 15 persen dalam kurun 30 menit.

Jadi untuk pengisian penuh baterai ponsel dibutuhkan waktu cukup lama, yakni sekira 3 jam lebih. Bisa ditinggal untuk tidur sejenak.

Dukungan baterai terhadap aplikasi

Dengan kapasitas baterai sebesar itu, Realme menjanjikan bahwa ponsel ini bisa dipakai selama 46 jam--non stop--untuk menelepon, 30 ronde main gim PUBG Mobile, 18 jam untuk streaming film dan mendengarkan 1.200 lagu.

Pas betul bagi pengguna yang mengedepankan fungsi ponsel untuk bermain gim dan menonton hiburan ketika jenuh.

Standby 57 hari

Yang lebih edan, jika ponsel ini didiamkan saja menyala tanpa menggunakan paket data internet alias standby, Realme mengklaim kapasitas baterainya bisa memberi daya ponsel hingga 57 hari.

Lumayan sih, bagi pengguna yang ingin menggunakan ponsel untuk aktivitas keseharian tanpa repot membawa powerbank.

Menyediakan kamera B/W dan Retro

lensa kamera realme C15
info gambar

Sementara guna memenuhi kebutuhan fotografi, Realme C15 dibekali 4-kamera di bagian belakang dengan desain kompartemen model kekinian.

4-kamera itu masing-masing memiliki lensa 13 MP (wide), 8 MP (ultra-wide), 2 MP (B/W), dan 2 MP (retro). Sedangkan untuk kamera selfie-nya tersedia lensa 8 MP dengan desain tetesan air (waterdrop).

Ada satu fitur kamera yang cukup menarik, yakni black & white (B/W) dan retro, yang dapat membuat foto yang dipotret terkesan klasik.

Kedua lensa ini dapat menangkap foto dalam warna hitam dan putih, memberikan eksposur yang lebih tinggi serta meningkatkan kontras antara terang dan gelap dalam sebuah foto.

Foto disesuaikan ke dalam gaya film retro dengan penerapan yang luas serta menambah tekstur pada gaya foto terakhir. Cocok bagi pengguna yang menyukai konsep foto-foto retro.

Sementara untuk kamera selfie-nya mengandalkan resolusi 8 MP yang didukung beragam fitur, seperti AI Portrait Beautification, Panorama selfie, hingga Mode HDR.

Spesifikasi umum

Ponsel yang merupakan generasi penerus dari Realme C11 ini tampil dengan mengusung prosesor buatan MediaTek, Helio G35 dengan fabrikasi 12 nanometer (12 nm). CPU 4-inti (octa-core) ponsel ini memiliki clock speed mencapai 2,3 Ghz.

Chipset itu disandingkan dengan RAM 3 GB dan 4GB untuk mendukung performa Realme UI berbasis Android 10. Lain itu, ada dukungan graphic processing unit (GPU) dari PowerVR GE8320.

Untuk penyimpanan internalnya disediakan kapasitas 64 GB hingga 128 GB. Jika kurang, pengguna bisa menambahkannya dengan memori eksternal MicroSD berkapasitas maksimal 256 GB. Dirasa cukup untuk menampung beragam fail (file), mulai dari dokumen, foto, hingga video.

Spesifikasi Realme C15
info gambar

Secara umum, Realme C15 tampil dengan bentangan layar HD+ IPS LCD berukuran 6,5 inci yang memiliki aspek rasio 20:9. Tak lupa ada proteksi layar yang menggunakan Gorilla Glass 3.

Ponsel juga menyediakan slot kartu SIM ganda yang dipadukan dengan slot memori eksternal microSD dalam satu kompartemen.

Fitur pendukung lainnya yakni sensor sidik jadi (fingerprint) yang terletak di belakang ponsel, colokan jack audio 3,5 mm, dan slot charger yang masih mengusung model microUSB.

Baca juga:

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini