Upaya Smartfren Ciptakan Generasi Muda Kreatif

Upaya Smartfren Ciptakan Generasi Muda Kreatif
info gambar utama

Kawan GNFI, dengan bonus demografi generasi muda di Indonesia, nampaknya era pengembangan teknologi masa depan Indonesia ada di tangan mereka. Karenanya, upaya-upaya berbagai pihak nampak dibutuhkan sebagai konduktor dalam wujud literasi dan vokasi untuk memberikan pembekalan terhadap anak-anak muda itu terkait inovasi teknologi masa depan.

Pendek kata, anak-anak muda Indonesia ditutut kreatif di berbagai industri, namun harus ada pihak-pihak yang mendampingi mereka untuk meraih hasil yang optimal.

Salah satu upaya itu dilakukan oleh Smartfren, salah satu operator seluler Indonesia yang konsern pada tahapan itu. Dalam upayanya itu, Smartfren menyelenggarakan program #KreatifTanpaTapi untuk mengembangkan talenta-talenta digital di Indonesia, serta memberikan ruang berkarya dan memamerkan karya mereka di tengah pandemi COVID-19.

Program ini diharapkan bisa membantu memunculkan kreator digital berbakat yang siap berkontribusi dalam perekonomian digital Indonesia, serta membukakan berbagai peluang baru di masa yang akan datang.

Lewat program #KreatifTanpaTapi ini, sebanyak 50 talenta terpilih telah mendapatkan beasiswa untuk berkarya dan diminta membuat karya sesuai keahlian masing-masing, seperti konten audio, grafis, maupun video. dari hasil program itu, ada tiga kreator digital dengan karya terbaik yang terpilih, yakni Saka Akhmam, kreator konten; Lia Ulfiani, desainer grafis; dan Albarra Ikhwan Suningrat, pelajar sekaligus pembuat video.

''Program #KreatifTanpaTapi adalah salah satu bentuk perhatian Smartfren pada ketahanan ekonomi masyarakat di tengah pandemi, khususnya untuk profesi kreator digital. Melalui program ini, kami berharap bisa mendukung pengembangan talenta-talenta digital tersebut sehingga tangguh menghadapi pandemi serta siap berkontribusi memperkuat ekonomi digital Indonesia di masa yang akan datang,'' terang Roberto Saputra, Chief Brand Officer Smartfren, dalam siaran pers perusahaan, Jumat (27/11/2020).

Selanjutnya, 3 orang kreator digital terpilih akan mendapatkan dukungan dana dari Smartfren untuk terus berkarya dengan total nilai Rp15 juta. Kawan GNFI yang penasaran bisa mengunjungi laman mikrosite Smartfren di Unlimitedkreatiftapatapi.com untuk melihat video hasil karya mereka. Lain itu, karya tiga kreator digital terpilih itu bisa dinikmati melalui akun media sosial Facebook dan Instagram @SmartfrenWorld.

Program #KreatifTanpaTapi hanyalah satu dari sekian banyak inisiatif Smartfren yang bertujuan memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia, baik dari sisi kesehatan, ekonomi, maupun pendidikan.

Sebelumnya, Smartfren juga telah menyelenggarakan sejumlah inisiatif untuk pergerakan kreatif anak-anak muda Indonesia, antara lain pengelolaan berbais komunitas bersama Smartfren Community yang memberikan sarana belajar untuk beberapa SMA di Indonesia serta mengampanyekan belajar sehat di masa pendem.

WOWLabs sebagai wadah elaborasi

Sebakai kelanjutan dari penggalangan inisiator muda, Smartfren menyiapkan wadah elaborasi yang mereka beri nama WOWLabs. Tempat yang bisa dijadikan wadah kokreasi untuk mengumpulkan generasi konten di Indonesia.

Melalui wadah ini perusahaan ingin memberikan dukungannya kepada anak-anak muda agar dapat selalu berkreasi tanpa batas, mewujudkan ide dan karya yang dapat mengubah wajah Indonesia. WOWLabs juga menggandeng konten kreator kenamaan, semisal Atta Halilintar dan Pijak Bumi untuk memberikan stimulus bagi para anak-anak muda tadi sebagai pelecut semangat untuk terus berkarya.

WOWLabs juga memperkuat pembangunan berbasis komunitas di seluruh wilayah operasional Smartfren. Salah satunya dengan menyalurkan komputer dan sarana pendukung kegiatan ekonomi kreatif serta pendidikan melalui Rumah Kreatif Smartfren. Saat ini Smartfren Community memiliki 11 Rumah Kreatif, yang antara lain berada di Natuna, Tangerang, Cilegon, Bojonegoro, Surabaya, dan Cilacap.

''Lewat WOWLabs, kami ingin mewujudkan semangat kokreasi untuk bersama-sama mengembangkan satu wadah yang berkontribusi mewujudkan Indonesia yang lebih baik. Kami akan mulai dari membuat produk khusus yang hasil penjualan seluruhnya didedikasikan untuk memberikan akses internet pada sekolah dan siapapun yang membutuhkan,'' terang Roberto lagi, dalam konferensi pers virtual, Kamis (3/12/2020).

''...Harapannya, semangat kokreasi ini lebih dari sekadar menginspirasi, tapi juga turut membuka peluang berusaha serta mengembangkan diri untuk banyak orang. Smartfren WOWLabs merupakan sebuah kanvas kokreasi dari, oleh dan untuk kita semua.''

Baca juga:

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini