Motor Buatan Indonesia Resmi Jadi Motor Paddock MotoGP 2021

Motor Buatan Indonesia Resmi Jadi Motor Paddock MotoGP 2021
info gambar utama

Pekan lalu, Dorna Sports dan Yamaha telah menandatangani perjanjian pengadaan unit motor untuk area lintasan balap dan paddock (garasi para pebalap) di ajang MotoGP untuk musim balap 2021. Dalam isi perjanjian tersebut, Yamaha NMax 125 dipilih menjadi motor paddock resmi di ajang balap MotoGP. Demikian kabar dari laman resmi MotoGP, Kamis (22/4/2021).

Sejatinya, motor buatan Indonesia ini akan digunakan untuk kebutuhan komuter para marshall dan personel paddock di area lintasan balap, salah satu fungsi lainnya adalah untuk menjemput para pebalap yang mengalami insiden kecelakaan di lintasan, baik saat babak latihan bebas (free practise), babak kualifikasi, maupun saat berlangsungnya balapan, di kelas Moto3, Moto2, maupun MotoGP.

Sekiranya ada 25 unit Yamaha NMax 125 yang dipesan oleh Dorna Sports--selaku promotor ajang balap MotoGP, dan akan digunakan sepanjang musim MotoGP 2021. Karena hanya digunakan untuk kendaraan komuter di arena balap, maka spesifikasi motor yang digunakan adalah NMax dengan kapasitas mesin 125 cc, bukan 155 cc seperti yang dijual di Indonesia saat ini. Sejatinya, Yamaha NMax 125 juga merupakan motor yang diekspor dari Indonesia untuk kawasan Benua Biru.

Yamaha sebenarnya sudah beberapa kali menjadi pemasok motor eksklusif untuk pemegang hak komersial MotoGP dan Dorna Sport. Sejak 2005, Yamaha sudah mendapatkan proyek sebagai pemasok motor paddock MotoGP, yang saat itu menggunakan beragam jenis skutik, semisal varian Aerox 125. Sejak saat itu, kerjasama tersebut terbukti sebagai mitra terbaik dan andal untuk para marshall dan personel di paddock MotoGP.

Karena kepuasan produk itulah maka Yamaha dan Dorna Sport kembali melanjutkan kerjasama tersebut di tahun ini, dan motor yang dipilih adalah skuter NMax 125, motor yang hanya diproduksi di Indonesia.

Puas atas produk motor buatan Indonesia

yamaha nmax 125 motogp
info gambar

Paolo Pavesio, Director Marketing and Motorsport Yamaha Motor Europe N.V mengatakan, secara umum Yamaha telah menjadi pemasok resmi skuter untuk Dorna Sports dan Kejuaraan Dunia MotoGP sejak 2005. Ia pun bangga kemitraan ini telah kembali berlanjut pada tahun 2021 ini.

''Yamaha akan menyediakan armada NMax 125 yang diperbarui, skuter yang dilengkapi dengan kelincahan yang sangat baik, stabilitas yang mudah, kapasitas penyimpanan yang besar, dan DNA Yamaha yang sporty, telah menjadi buku terlaris di Eropa dan Asia serta sangat cocok untuk kebutuhan paddock MotoGP,'' ujar Pavesio, dalam keterangan tertulis Yamaha Indonesia.

Sementara Pau Serracanta, Managing Director of Dorna Sports, juga mengaku senang dapat melanjutkan perjanjian kerjasama dengan Yamaha. Menurutnya, Yamaha merupakan produsen skuter matik (skutik) berkualitas dan andal untuk digunakan.

''Yamaha pemasok skuter berkualitas, skuter andal untuk digunakan staf Dorna di paddock MotoGP dan membuat perjalanan logistik kejuaraan dunia sepeda motor tercepat di dunia yang jauh lebih efisien. Saya sangat menantikan untuk mengendarai salah satu armada skuter NMax baru, seperti juga semua rekan kami di lokasi,” bangga Serracanta.

Spesifikasi teknis Yamaha NMax 125

Secara spesifikasi, Yamaha NMax 125 ditenagai oleh mesin Blue Core 125 cc yang telah memenuhi standar emisi Euro-5. Yamaha Motor mengklaim model motor yang cukup populer di Indonesia dan Eropa ini lincah dan ekonomis. Sejatinya, mesin yang digunakan adalah semirip dengan mesin Yamaha Lexi 125 yang saat ini dijual di Indonesia.

Masuk dalam kategori Skuter Maxi Yamaha, motor ini dibekali dapur pacu berkapasitas 125 cc, 4-tak, 4-katup, liquid-cooled, SOHC, dan tentunya dengan teknologi injeksi (fuel injection). Mesin itu diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 12.2 PS pada putaran 8.000 rpm, dan torsi maksimum yang dihasilkan mencapai 11.2 Nm pada putaran 6.000 rpm. Konsumsi BBM yang mampi dicapai dalam 1 liternya adalah 45,45 km.

Yamaha NMAX 125 juga dibekali dengan fitur Simple Communication Control Unit (SCCU) yang membuat pengendara dapat menghubungkannya dengan gadget/gawai. Pengendara tinggal mengunduh aplikasi MyRide di ponsel, kemudian mengoneksikannya ke sepeda motor via Bluetooth.

Dengan begitu pengendara bisa menerima berbagai informasi teknis dan yang sedang berjalan. Bahkan Anda pun bisa menemukan motor melalui aplikasi parking locator.

Lewat perjanjian ini, maka tentunya sebagai salah satu produsen motor kelas dunia, kita patut bangga karena akan selalu melihat Yamaha NMax berseliweran di ajang MotoGP, yang pekan ini akan memasuki seri ke-4 di sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu (2/5).

Baca juga:

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini