Geser Shopee, Tokopedia Jadi Marketplace dengan Kunjungan Tertinggi Pada Q1 2021

Geser Shopee, Tokopedia Jadi Marketplace dengan Kunjungan Tertinggi Pada Q1 2021
info gambar utama

Pengguna marketplace semakin meningkat seiring berkembangnya jaman dan juga teknologi. Selain itu, kondisi pandemi juga mampu mendorong masyarakat untuk lebih banyak berbelanja online.

Pertumbuhan perdagangan online juga menjadi momentum tersendiri bagi para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang berjualan di marketplace.

Selain bisa mempertahankan usaha lewat kanal digital, UMKM lokal juga bisa memperluas jangkauan produk sekaligus menjaga lapangan pekerjaan tetap tersedia.

Hal ini dapat terlihat dari data Similarweb kuartal I (Q1) 2021, yang memperlihatkan deretan marketplace yang paling banyak diincar para pembeli di Indonesia sejak Januari 2021.

Baca Juga: 58 Persen Konsumen Memilih eCommerce untuk Kebutuhan Ramadan dan Lebaran

Tokopedia paling banyak diincar pada Q1 2021

Tokopedia tercatat menguasai 32,04 persen trafik marketplace di Indonesia pada Januari 2021. © Creativa Image/Shutterstock
info gambar

Awal tahun 2021, Tokopedia menjadi marketplace yang paling banyak diincar. Tokopedia tercatat menguasai 32,04 persen trafik marketplace di Indonesia pada Januari 2021. Kemudian pada Maret 2021, persentasenya meningkat menjadi 33,07 persen.

Catatan tersebut sekaligus menggeser Shopee yang beberapa Kuartal terakhir selalu menguasai pasar e-commerce Tanai Air. Jumlah kunjungan bulanan Tokopedia pada Q1 2021 mencapai 126,4 juta dengan 38,93 juta pengunjung unik bulanan.

Pada kuartal yang sama di tahun 2020 Tokopedia memperoleh 69,8 juta kunjungan. Itu artinya, pada periode ini Tokopedia mengalami peningkatan yang pesat secara year on year (yoy).

Di urutan kedua ada Shopee yang mendapatkan kunjungan sebesar 29,73 persen di bulan Maret 2021. Persentase tersebut menurun dibanding trafik share Shopee pada Januari 2021 yang mencapai 29,78 persen.

Sepanjang Januari hingga Maret 2021, Shopee mendapatkan 117 juta kunjungan dengan 35,74 juta pengunjung unik bulanan. Sementara di tahun sebelumnya (Q1 2020), Shopee menjadi jawara dengan 71,53 juta klik per bulan pada Q1 2020.

Hingga Maret 2021, Bukalapak tercatat memiliki trafik share sebesar 7,79 persen. Selama Q1 2021, Bukalapak tercatat memiliki kunjungan bulanan sebanyak 31,27 juta, sedangkan pengunjung unik per bulannya sebanyak 12,83 juta. Di Q1 2020 Bukalapak juga berada di posisi ketiga dengan 37,63 juta klik per bulannya.

E-commerce asal Singapura, Lazada, menempati posisi keempat dengan trafik share sebesar 7,45 persen.

Pada Januari hingga Maret 2021, kunjungan bulanan Lazada mencapai 28,20 juta dan pengunjung unik bulanannya tercatat ada 11,22 juta. Angka tersebut naik dari Q1 2020 yang mana Lazada Indonesia memperoleh 24,4 juta klik per bulannya.

Blibli menutup posisi lima besar dengan porsi trafik 4,86 persen. Selain itu, pada Q1 2021, kunjungan bulanan Blibli menyentuh angka 18,52 juta, sedangkan pengunjung unik bulanannya mencapai 9,64 juta. Di periode yang sama tahun 2020 Blibli memperoleh 17,6 juta klik per bulannya.

Sementara peringkat enam hingga sepuluh secara berurutan ditempati oleh iPrice, Amazon, Ralali, Cekresi dan JD.ID.

Baca Juga:

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

IA
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini