Pembeli Ponsel Membeludak Jelang Lebaran, Xiaomi Buka 30 Ritel Baru Secara Serentak

Pembeli Ponsel Membeludak Jelang Lebaran, Xiaomi Buka 30 Ritel Baru Secara Serentak
info gambar utama

Hari Raya Idulfitri tinggal menghitung hari, Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta bahkan memperkirakan pengunjung mal jelang lebaran bakal naik sekira 10-15 persen, ketimbang hari biasa.

"Jumlah pengunjung naik karena lebaran biasanya kebutuhan orang meningkat. Tapi jumlahnya enggak akan sebesar sebelum pandemi meskipun tahun ini orang-orang Jakarta enggak mudik," kata Ketua APPBI DPD DKI Jakarta, Ellen Hidayat, pada CNN Indonesia, Selasa (20/4/2021).

Untuk mengantisipasi hal itu, Ellen mengungkapkan pengelola mal membuka sentra vaksinasi untuk para penyewa dan karyawan yang bekerja di mal.

Sementara para pengusaha ritel diprediksi juga akan mendapatkan keuntungan pada musim Ramadan dan jelang Lebaran tahun ini, meski dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Head of Retail Services Colliers Internasional Indonesia, Sander Halsema, pada Okezone mengatakan bahwa kinerja perusahaan ritel pada Ramadan dan Lebaran tahun ini bisa mencapai titik balik, meski angkanya tak sebesar pada periode sebelum pandemi.

Terlebih dengan adanya larangan mudik, diprediksi membuat sektor ritel akan kebanjiran pengunjung. Pasalnya, masyarakat tidak memiliki pilihan untuk berwisata maupun berekreasi menyusul adanya pembatasan ke luar kota dan mudik.

Xiaomi membuka 30 ritel secara serentak

Memanfaatkan momentum tersebut, Xiaomi Indonesia langsung membuka 30 ritel Mi Shop sekaligus di 30 lokasi berbeda yang terbentang dari Aceh hingga Papua, Jumat (30/4). Inisiatif ini merupakan upaya dari Xiaomi Indonesia untuk memudahkan calon pembeli untuk mendapatkan produk inovatif dengan harga kompetitif yang letaknya lebih dekat dengan tempat tinggal mereka.

GT ACC Baiturrahman di Banda Aceh dan Vitta Cell Timika di Papu amenjadi lokasi seremoni pembukaan 30 Mi Shop tersebut. Pada hari yang sama, Xiaomi Indonesia pada hari yang sama meresmikan Mi Shop di sejumlah tempat, seperti Klungkung, Palu, Samarinda, Lubuk Linggau, Indragiri Hilir, Binjai, Padang, Palembang, Ternate, dan Serang. Dengan pembukaan serentak ini, jumlah keseluruhan Mi Shop yang ada di Indonesia mencapai 230 lokasi di sejumlah kota dan provinsi.

“Kami mendengarkan masukan Anda terkait cara mendapatkan produk Xiaomi dengan harga sebenarnya. Kini Xiaomi Indonesia memiliki jaringan penjualan yang luas dan kokoh di seluruh Indonesia meliputi toko resmi di 7 e-commerce, mi.com, po.co.id, 52 Authorized Mi Store, 230 lebih Authorized Mi Shop, dan 3000 Mi Partner yang siap menemani pengalaman berbelanja Anda semua,” kata Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse, dalam siaran resmi perusahaan pekan lalu.

Sementara untuk memastikan kualitas produk dan layanan kepada pengguna, Xiaomi Indonesia juga membangun jaringan aftersales terbaik dengan dukungan 152 pusat perbaikan yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Konsumen juga bisa menikmati layanan antar jemput untuk wilayah tertentu di Indonesia.

Dengan dibukanya 30 ritel secara serempak itu, tentunya sejumlah penawaran menarik disiapkan, mulai dari doorprize ponsel dan powerbank. Program lainnya adalah konsumen bisa melakukan pembelian dengan menukar ponsel lama dengan produk baru dari Xiaomi.

Lain itu, di seluruh ritel Xiaomi di Indonesia juga menghadirkan program Ramadan Gifts yang berlaku hingga tanggal 20 Mei 2021. Setiap pembelian ponsel di toko berhak untuk mengikuti pengundian untuk mendapatkan beragam hadiah produk Xiaomi, seperti Mi TV 4 55 inci, Mi TV 4 32 inci, Mi Watch Lite, Mi Smart Band 5, dan masker eksklusif.

Pengamat gawai dari komunitas Gadtorade, Lucky Sebastian, dalam Bisnis.com mengatakan bahwa Lebaran biasanya mendongkrak penjualan ponsel pintar di kisaran 10—15 persen. Karenaya, apa yang dilakukan vendor ponsel untuk membelikan program promosi jelang Lebaran, menjadi sebuah keniscayaan.

Ponsel mid-range dan entry-level bakal diserbu

Lucky juga meprediksi bahwa vendor ponsel akan bertarung di segmen mid-range dan entry-level pada Lebaran tahun ini. Hal itu tentunya untuk mendongkrak penjualan produk perusahaan. Meski penjualan ponsel disebut menurun pada kuartal I (Q1) 2021, namun diprediksi momentum Lebaran dapat menyumbang 5 persen peningkatan penjualan.

''Diperkirakan masyarakat akan berusaha membeli ponsel pintar di kisaran Rp1—3 juta. Namun, kontribusi segmen entry-level bisa menyumbang 60 persen dari keseluruhan segmen di tiap vendor, jadi sangat besar sumbangsihnya,” katanya.

Dia juga menyebut bahwa vendor ponsel juga dapat melancarkan strategi kerja sama dengan pihak bank untuk kebutuhan cicilan dan promo cashback yang menjadi salah satu cara menarik perhatian.

Perkiraan Lucky tak meleset, karena memang jelang lebaran Xiaomi Indonesia memberikan promo harga yang menarik untuk ponsel-ponsel yang berada di kelas mid-range dan entry-level, dengan harga mulai dari Rp1,1 jutaan hingga Rp2,8 jutaan.

Baca juga:

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini