Selain Candi, Ini Rekomendasi Tempat Wisata Menarik di Magelang

Selain Candi, Ini Rekomendasi Tempat Wisata Menarik di Magelang
info gambar utama

Kota Magelang di Jawa Tengah selama ini dikenal sebagai kawasan wisata candi. Memang tak dapat dimungkiri bila ada belasan candi yang ada di sana. Sebut saja nama-nama seperti Candi Borobudur, Candi Pawon, Candi Pendem, Candi Asu, Candi Umbul, Candi Mendut, Candi Ngawen, dan Candi Losari yang tersohor.

Namun, Magelang juga memiliki pesona wisata lain yang bisa dikunjungi. Tak hanya candi, beberapa tempat wisata sana juga menarik untuk didatangi, mulai dari area pegunungan, wisata kekinian, hingga kebun untuk memetik buah.

Bila Anda sedang merencakan berlibur ke Magelang, berikut beberapa rekomendasi wisata non-candi yang seru untuk dikunjungi:

Nepal Van Java

Dusun Butuh di Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, disebut-sebut sebagai Nepal Van Java. Jika mengunjungi kawasan tersebut, pengunjung bisa menemukan pemandangan berupa rumah penduduk di lereng Gunung Sumbing yang nuansanya begitu mirip dengan Nepal.

Awalnya, dusun ini bukanlah tempat wisata. Orang-orang dulu melewati dusun ini ketika hendak mendaki Gunung Sumbing. Memiliki ketinggian 1.600 mdpl, Dusun Butuh menawarkan pemandangan alam yang indah dengan udaranya yang sejuk. Disebut Nepal Van Java sendiri karena seorang pendaki mengatakan bahwa pemandangan di dusun ini mirip dengan desa-desa yang ada di area Pegunungan Himalaya.

Hingga saat ini, Dusun Butuh dibuka untuk umum mulai pukul tujuh pagi hingga lima sore. Pengunjung juga harus memastikan kendaraan bermotornya dalam kondisi prima sebab jalanan tidak lebar dan cenderung terus menanjak.

Wisata petik jeruk

Untuk yang ingin berwisata bersama keluarga, Anda bisa mengunjungi Dusun Gamol, Desa Paremono, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang. Di sana, ada tempat wisata petik buah jeruk yang bisa dikunjungi.

Kebun jeruk tersebut berada di lahan seluas 7.200 meter persegi. Ada ratusan jenis jeruk bisa ditemukan di kebun ini, beberapa di antaranya adalah gergah Kerinci, jeruk siam, jeruk nipis, jeruk keprok, dan jeruk Bali.

Pemilik kebun, Baharudin, memperbolehkan orang-orang untuk mengunjungi kebunnya untuk sekadar jalan-jalan, berfoto, memetik jeruk, dan mencoba buah yang ada di sana. Bahkan, pengunjung juga bisa membeli jeruk bila ingin dibawa pulang.

Jembatan Gantung Mangunsuko


Jembatan Gantung Mangunsuko berada di Mangunsuko, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang. Pada tahun 2017, jembatan ini diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi, yang kemudian dikenal juga dengan nama Jembatan Jokowi.

Tak hanya jadi spot wisata, sebenarnya jembatan sepanjang 120 meter ini berfungsi untuk menghubungkan antara Desa Mangunsuko dan Desa Sumber. Jembatan ini juga membelah Sungai Senowo di lereng Gunung Merapi.

Ketika melewati jembatan ini, Anda akan disuguhi pemandangan air terjun bersusun dengan rerumputan hijau. Bila cuaca sedang cerah, Anda bahkan bisa melihat megahnya Gunung Merapi dari kejauhan.

Wisata selfie

Di Magelang sebenarnya ada beberapa spot wisata selfie yang bisa didatangi. Bagi yang suka berfoto-foto dengan pemandangan alam ditambah dengan seni instalasi, bisa coba mengunjungi Top Selfie Pinusan Kragilan di kawasan hutan pinus yang asri, atau Taman Ramadanu dengan nuansa seperti di negeri Kincir Angin.

Anda pun bisa menikmati pemandangan kebun bunga matahari di Dewari Park, Gereja Ayam yang jadi lokasi syuting AADC 2, Gardu Pandang Silancur i untuk melihat panorama Kota Magelang dari ketinggian, serta Junkyard Autopark & Cafe yang menyediakan tempat rongsokan mobil dan motor versi aesthetic.

Gunung Andong

Ingin coba naik gunung tapi masih ragu dengan pendakian panjang? Bagi pemula, Anda bisa mulai dari gunung yang tidak terlalu tinggi. Misalnya, Gunung Andong di Desa Girirejo, Ngablak, Magelang. Tingginya sekitar 1.726 mdpl dan bisa ditempuh dengan pendakian sekitar dua jam saja.

Meski tak terlalu tinggi, pemandangan yang ditawarkan tetaplah memesona. Sepanjang perjalanan, Anda akan melihat ladang bambu, hutan pinus yang hijau dan sejuk, dan pastinya udara segar yang dirindukan masyarakat perkotaan.

Sempat ditutup pada libur Lebaran, Gunung Andong kini telah dibuka kembali untuk pendaki. Namun, perlu diingat bagi pendaki yang datang dari luar Magelang harus membawa surat hasil negatif tes Covid-19, baik itu rapid antigen, PCR, ataupun GeNose.

Baca juga:

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini