Gunung Andong di Magelang, Indah dan Berbalut Misteri

Gunung Andong di Magelang, Indah dan Berbalut Misteri
info gambar utama

Jika Kawan berwisata ke Magelang, jangan lupa untuk mengunjungi Gunung Andong. Gunung dengan ketinggian 1.726 mdpl ini berada persis di antara Desa Ngablak dan Desa Tlogorejo di Grabag, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

Nama gunung ini diambil dari suatu daun bernama andong. Daun ini memiliki makna andongoo alias “Berdoa Kepada Tuhan”.

Ada juga yang menyatakan bahwa nama andong pada gunung ini disebabkan oleh bagian punggung gunungnya yang mirip dengan punggung sapi yang biasa digunakan pada andong.

Baca juga: Gunung Slamet: Fakta Sains, Flora Fauna, dan Tujuan Pendakian di Indonesia

Memiliki Panorama Puncak Gunung yang Indah

Pemandangan di Puncang Gunung Andong
info gambar

Daya tarik utama Gunung Andong adalah panorama pada bagian puncaknya yang indah. Saat di puncak, Kawan bisa melihat tepian jurang yang ditumbuhi hijaunya rerumputan liar dari sisi kiri dan kanan gunung. Dari bagian depan, Kawan bisa melihat panorama beberapa gunung terkenal seperti Gunung Telomoyo.

Waktu terbaik untuk mengunjungi puncak gunung ini adalah saat matahari akan terbenam (sunset). Pada waktu tersebut, Kawan bisa melihat panorama matahari tenggelam yang indah, serta lampu-lampu di perkotaan yang mulai menyala menjelang malam.

Walaupun puncaknya tidak lebar, para pendaki sering sekali berkemah di puncak gunung ini. Hal itu bisa dilihat dari banyaknya tenda berwarna-warni yang berjajar di sepanjang puncak gunung. Para pendaki tidak akan khawatir berkemah di sana karena ada fasilitas warung yang menyediakan makanan dan minuman.

Baca juga: Pendakian Gunung Lawu via Candi Cetho: Estimasi Perjalanan dan Rute

Cocok Untuk Pendaki

Pendaki di Gunung Andong
info gambar

Sudah banyak pendaki yang datang ke gunung ini, sehingga gunung ini tergolong cocok untuk pendaki seperti Kawan. Gunung Andong menawarkan dua jalur pendakian dan enam basecamp yang bisa diakses pendaki.

Untuk jalur pendakian, Kawan bisa memilih jalur pendakian yang dimulai dari Basecamp Taruna Jaya Giri via Dusun Sawit, Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak. Saat memasuki Basecamp Taruna Jaya Giri, Kawan akan diharuskan membayar biaya masuk sebesar Rp 10 ribu plus biaya kas Dusun Sawit sebesar Rp 2 ribu.

Walaupun di puncak Gunung Andong ada warung, Kawan harus tetap membawa perbekalan makanan dan minuman sebelum mendaki di gunung ini. Sebab, bisa saja warung tersebut tutup sedangkan Kawan sedang butuh makanan dan minuman. Jangan lupa untuk membawa keperluan lainnya yang dibutuhkan seperti pakaian dan perlengkapan berkemah.

Baca juga: 5 Fakta Gunung Sinabung yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Menyimpan Banyak Misteri

Walaupun memiliki panorama indah di bagian puncaknya, Gunung Andong rupanya juga menyimpan banyak misteri. Adanya berbagai misteri itu justru membuat wisatawan semakin tertarik mengunjungi gunung ini. Dari sekian misteri yang ada, beberapa di antaranya adalah:

1. Makam Keramat Ki Joko Pekik

Makam Ki Joko Pekik di Gunung Andong
info gambar

Di bagian barat Gunung Andong, ada sebuah makam keramat dari seorang tokoh leluhur setempat bernama Ki Joko Pekik. Semasa hidupnya, Ki Joko Pekik dikenal sebagai penyebar agama Islam di lingkungan desa sekitar Gunung Andong.

Konon, makam ini memiliki banyak penunggu gaib sehingga siapa pun yang mengunjungi makam ini harus berhati-hati. Pada waktu-waktu tertentu, masyarakat sekitar akan berziarah ke makam ini untuk meminta keselamatan.

2. Watu Pocong

Watu Pocong di Gunung Andong
info gambar

Ini merupakan salah satu pos pendakian yang ada di Gunung Andong. Penamaan pocong pada pos ini konon berasal dari bentuk bebatuan di sekitar pos ini yang mirip dengan pocong. Ada juga yang berpendapat bahwa penamaan tersebut berasal dari hantu pocong yang konon sering muncul di pos ini.

3. Jembatan Setan

Jembatan Setang Gunung Andong
info gambar

Dinamakan jembatan setan karena spot ini sangat terjal dan lebarnya hanya 50 cm saja. Sisi kiri dan kanannya terdapat jurang sehingga pendaki harus selalu menjaga keseimbangan untuk bisa melewati jembatan ini.

Sumber lain menyatakan bahwa penamaan jembatan setan mengacu pada banyaknya penampakan roh di sekitar tempat ini. Roh tersebut akan menyerang orang-orang yang melakukan tindakan tidak terpuji selama di Gunung Andong, seperti buang air sembarangan, membuang sampah sembarangan, serta merusak tanaman.

Baca juga: 5 Daya Tarik Gunung Papandayan yang Memukau Wisatawan

Referensi:
https://www.nativeindonesia.com/gunung-andong/
https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/03/07/170716478/gunung-andong-di-magelang-asal-nama-basecamp-syarat-mendaki-dan-jalur?page=all
https://nasional.okezone.com/read/2021/11/19/337/2504450/misteri-gunung-andong-ada-makam-keramat-hingga-jembatan-setan
https://nasional.okezone.com/read/2021/11/19/337/2504450/misteri-gunung-andong-ada-makam-keramat-hingga-jembatan-setan?page=2

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Anggie Warsito lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Anggie Warsito.

AW
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini