Deretan Mobil Listrik yang Dijual di Indonesia, Termahal Dibanderol Rp4 Miliar

Deretan Mobil Listrik yang Dijual di Indonesia, Termahal Dibanderol Rp4 Miliar
info gambar utama

Dari waktu ke waktu, perusahaan otomotif terus berinovasi membuat produk terbaik untuk para konsumen. Saat ini, salah satu inovasi yang tengah marak dilakukan ialah membuat mobil listrik. Pada dasarnya mobil listrik ialah kendaraan yang digerakkan oleh motor listrik dan menggunakan energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpanan energi lain.

Salah satu keunggulan mobil listrik ialah dianggap ramah lingkungan, karena mampu mengurangi emisi gas rumah kaca, mengurangi jejak karbon, dan menghemat lapisan ozon. Tentunya ini akan berdampak baik pada usaha meminimalisasi pemanasan global yang dipicu polusi kendaraan.

Kabar baiknya, mobil listrik telah tersedia di Indonesia. Menurut catatan asosiasi manufaktur mobil Indonesia (GAIKINDO), sepanjang tahun 2020 saja ada 125 unit mobil listrik telah laku di pasar dalam negeri. Jika tertarik mencari-cari mobil listrik, berikut beberapa merek yang dijual di Indonesia:

BMW i3

BMW i3 | @BONDART PHOTOGRAPHY Shutterstock
info gambar

BMW i3 merupakan mobil listrik ramah lingkungan yang diproduksi pada tahun 2013. Di Indonesia, seri ini diperkenalkan pertama kali pada ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. BMW i3 menggunakan baterai 42,2 kWh dan mampu menempuh jarak hingga 260 kilometer, sekali pengisian baterai.

Desain mobil ini menunjukkan sisi yang sporty dan futuristik. Ditambah dengan pelek alloy 20 inci dengan desain double spoke. Harga jualnya ada di angka Rp1,3 miliar. Untuk versi sport, telah diluncurkan seri lain yaitu BMW i3s.

100 Tahun Mobil Listrik Dunia, dari Tesla hingga Tucuxi Dahlan Iskan

Tesla Model S P100D

Tesla Model S P100D| @Grzegorz Czapski Shutterstock
info gambar

Tesla Model S P100D adalah mobil listrik yang dibekali baterai lithium-ion berdaya 100 kWh yang dapat menunjang daya pacu dua motor listrik. Seri ini bisa menghasilkan tenaga hingga 680 Tk dan torsi 1.073 Nm.

Dalam keadaan baterai terisi penuh, mobil ini dapat memiliki jarak tempuh 425 km. Harga jualnya terbilang fantastis, yaitu mencapai Rp4,4 miliar. Seri S P100D diketahui menyusul dua mobil listrik Tesla lain yang sudah terlebih dahulu hadir, yaitu S 75 serta Model S 85, keduanya dipasarkan senilai Rp2 miliar.

Indonesia 2050: Kendaraan Listrik, dan Ambisi Besar Nol Emisi Karbon

Lexus UX 300e

Lexus UX 300e | @Totojang1977 Shutterstock
info gambar

Lexus UX 300e termasuk kategori mobil Sport Utility Vehicles (SUV) compact premium dengan battery electric vehicle (BEV), atau mesin listrik baterai. Mobil ini dapat mengisi daya baterai di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang telah disediakan oleh PT PLN (Persero).

Soal baterai, Lexus UX 300e menggunakan jenis Lithium-ion (Li-Ion) dan dengan metode DC Fast Charging dapat mengisi daya dalam waktu sekitar 50 menit saja. Adapun fitur AC Wall Charger yang dapat dipasang sesuai keinginan dan dapat mengisi baterai dari nol hingga penuh selama 5-6 jam.

Kendaraan ini digerakkan motor listrik dengan kapasitas 54.35 kWh yang dapat menghasilkan 201 daya kuda (dk) dan torsi 300 Nm. Jarak tempuhnya untuk sekali pengisian daya bisa mencapai 300 km. Untuk melihat daya baterai, pengguna bisa melihatnya pada Digital Optitron Tachometer dan Head-Up Display.

Untuk harga, mobil ini dijual senilai Rp1,245 miliar dan telah dipasarkan di Indonesia sejak November 2020.

Mimpi Panjang Mobil Listrik Indonesia yang Kini Dirajut Kembali

Nissan Kicks e-POWER

Nissan Kicks e-POWER | @FeelGoodLuck Shutterstock
info gambar

Pada September 2020, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) resmi meluncurkan Nissan Kicks e-POWER di Indonesia. Mobil ini mengusung mesin tiga silinder berkubikasi 1.200 cc, tetapi mesin hanya digunakan untuk mengisi daya ke baterai. Untuk sistem penggerak secara keseluruhan telah menggunakan motor listrik.

Termasuk dalam kategori compact SUV, mobil ini pun menawarkan desain Grille V-motion dan menawarkan tenaga listrik dari e-Power. Dipasarkan dengan harga Rp490 juta, Nissan Kicks e-POWER menjadi pilihan mobil listrik yang ramah lingkungan dan lebih efisien karena pengguna tak perlu pusing untuk mengisi daya baterai.

Jajaran Perusahaan Kunci di Balik Pabrik Baterai Mobil Listrik Pertama RI

Hyundai Kona Electric

Hyundai Kona Electric | @Superfine Imagery Shutterstock
info gambar

Mobil listrik lain yang telah tersedia di Indonesia adalah Hyundai Kona Electric. Soal jarak tempuh, mobil ini bisa mencapai 345 km berdasarkan pengetesan NEDC dan 289 km berdasarkan pengetesan WLTP dalam sekali pengisian daya.

Seri ini menggunakan motor listrik sinkron bermagnet permanen dengan efisiensi tinggi sebesar 100 kW (136PS) yang disuplai oleh baterai lithium-ion 39,2 kWh, dan menumpahkan torsi 395 Nm yang didistribusikan melalui roda depan.

Telah debut di Indonesia, harga jual mobil listrik bergaya SUV ini ialah Rp674 juta dan tersedia dalam warna chalk white, galactic grey, dark night, dan pulse red.

Indonesia 2050: Kendaraan Listrik, dan Ambisi Besar Nol Emisi Karbon

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Dian Afrillia lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Dian Afrillia.

DA
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini