Jadi Pahlawan Lingkungan dan Sosial, Ojol Ini Raih ''Mitra Juara Gojek 2021''

Jadi Pahlawan Lingkungan dan Sosial, Ojol Ini Raih ''Mitra Juara Gojek 2021''
info gambar utama

Hari ini, 10 November 2021, segenap masyarakat Indonesia lazim merayakan hari besar untuk para pahlawan kemerdekaan.

Berbicara soal semangat kepahlawanan, jika masa lampau para pejuang berjibaku dengan darah dan air mata untuk merebut kemerdekaan, namun saat ini pahlawan bisa kita temui di berbagai sektor. Mulai dari sektor pendidikan, sosial, lingkungan, dst.

Seperti apa yang dilakukan oleh Umar Maliki, sosok mitra Gojek yang berasal dari Mojokerto, Jawa Timur. Secara individu, ia dianggap oleh masyarakat sekitarnya dapat menginspirasi karena aktivitasnya yang berjiwa sosial, baik bagi masyarakat sekitar maupun lingkungannya.

Saat berbincang dengan GNFI, Jumat (5/11/2021), pria dengan penampilan bersahaja ini mengaku bahwa selama pandemi menyedekahkan sebagian uang jerih payahnya untuk fasilitas masjid, seperti memberi peralatan mandi hingga tasbih. Bahkan ia tak segan membersihkan lingkungan masjid yang terlihat kotor.

Dirinya mengaku ingin berperan membantu pemerintah dan tenaga kesehatan (nakes) yang sedang berjibaku melawan pandemi. Harapannya dengan kegiatan ini bisa berdampak kepada sesama, meski terlihat sederhana.

"Harapannya di tempat ibadah (masjid) itu bisa menjadi bebas dari virus karena ada sabun untuk cuci tangan," harap Umar.

Berdayakan UMKM, Ratu Belanda Puji Gojek di Forum KTT G20 Roma

Umar mengisahkan, ia lazim membersihkan masjid disela-sela istirahatnya usai mengantar penumpang. Ia tak pernah menghitung jumlah masjid yang pernah dibantunya. Menurutnya tindakan membantu sesama tidaklah perlu dengan hal-hal yang besar.

Atas kerja ikhlasnya itu, beberapa kawan sesama mitra Gojek menyebut dirinya sosok yang unik. Pasalnya masih mau membantu sesama, padahal kondisi pandemi cukup berdampak ekonomi bagi para mitra ojek online (ojol).

Namun pernyataan yang dilontarkan lagi-lagi menginspirasi para mitra Gojek lainnya. Ia bilang, bahwa dengan sedekah yang dilakukan tidak akan membuatnya menjadi miskin.

"Kita harus yakin bahwa kalau bersedekah diganti. Alhamdulilah selama pandemi dapur tetap ngebul. Istri saya bisa mengelola keuangan. Anak saya sekarang bisa kuliah," tutur mitra Gojek yang terdaftar sejak 2017 ini.

Ambil Alih Operasional, AirAsia Akuisisi Gojek Thailand Senilai Rp720 Miliar

Membuka lembaga untuk pendidikan anak yatim

Umar Maliki
info gambar

Lain ringan tangan untuk kebersihan masjid, nyatanya sosok Umar juga memiliki cita-cita yang boleh dibilang 'anti-mainstream' khususnya dikalangan para mitra Gojek. Ia pernah meminta kepada Sang Pencipta bahwa ia ingin sekali memiliki kontribusi positif untuk lingkungan sekitar dan anak-anak yatim piatu.

Doa ini pun kemudian dikabulkan oleh Tuhan, dengan hanya berpenghasilan dari ojek online, Umar mampu menyisihkan waktu dan uangnya untuk membantu anak-anak yatim.

Sejak 2006 silam, ayah dua anak ini telah menjadi sosok orang tua angkat bagi mereka yang kurang beruntung. Tidak hanya berperan sebagai orang tua, Umar bahkan berkomitmen untuk menyekolahkan mereka hingga level sarjana.

"Saya bertekad, saat itu saya dapat Tunjangan Hari Raya (THR), tak kasihkan uang itu. Saya bilang, kamu akan saya sekolahkan sampai sarjana," ungkapnya saat menceritakan salah satu anak yatim yang ia bantu.

Umar memang bertujuan agar anak yang kurang beruntung ini bisa mendapatkan kesempatan yang sama dengan anak lain seusianya. Sehingga mereka tidak berakhir di jalanan, seperti halnya yang dialaminya pada masa kecil.

Ia yakin, kesuksesan tak hanya milik anak-anak dengan ekonomi berpunya, tapi anak-anak yang tidak pernah merasakan kehangatan orang tua pun memiliki peluang yang sama.

Pasca Merger Gojek-Tokopedia, Berikut Peringkat Startup Terbesar di Dunia

Sekarang anak-anak yatim piatu yang ia bantu sudah masuk dalam lembaga yang didirikannya, yang bernama ''Lembaga Peduli Pendidikan Yatim''. Tempat ini pun sudah diakui oleh dinas sosial (dinsos), sebagai lembaga kesejahteraan sosial anak.

Hingga saat ini Umar telah mengurus sekira 70-an anak yatim piatu, dan yang membanggakan adalah mereka mampu berprestasi dengan banyak meraih penghargaan akademik.

"Banyak yang sudah kuliah, ada juga anak yang ikut lomba, bisa juara dai, mendapat hadiah umrah, lalu tartil sampai juara 3," bangganya.

Umar mengaku tetap memberikan pilihan bagi anak asuhnya untuk menjalani masa depan. Baginya selama ini perannya hanya sebagai pendorong agar anak asuhnya itu mampu mendapatkan hal terbaik bagi hidupnya dan mendorongnya untuk tetap bersemangat untuk mencapai kesuksesan.

"Mau melangkah ke jalan yang lebih baik. Insya Allah akan mendapat langkah ke jalan yang lebih baik lagi," pungkasnya.

Gojek dan Tokopedia Resmi Merger, Valuasi GoTo Masuk Daftar Terbesar Global

Apresiasi Mitra Juara Gojek 2021

mitra juara gojek 2021
info gambar

Atas apa yang dilakukan Umar tersebut, pihak Gojek memberikan apresiasi bagi Umar dengan mendaulatnya sebagai Mitra Juara Gojek 2021, berdampingan dengan 23 mitra lain yang juga memiliki kisah inspiratif yang berasal dari tempat Gojek beroperasi, yakni di Indonesia, Singapura, dan Vietnam.

Sejatinya, penghargaan Mitra Gojek 2021 yang pada tahun ini menginjak tahun ke-4, ditunjukan kepada para mitra yang inspiratif, menunjukkan optimisme, kerja keras, serta ketekunan selama pandemi.

Sebagai sebuah platform on-demand terkemuka di Asia Tenggara, Gojek juga telah menggelontorkan bantuan senilai sekitar Rp1 triliun untuk mendukung mitra UMKM dan mitra driver. Inisiatif tersebut bertujuan membantu mitra bertahan, tumbuh, dan bangkit bersama menghadapi masa pandemi.

Tak salah jika tahun ini Gojek mengusung tema “Pejuang Pandemi”, yang secara khusus mengapresiasi mitra yang menunjukkan ketangguhan dalam bertahan dan menginspirasi lingkungan sekitar mereka untuk bergotong royong meringankan beban pandemi. Total apresiasi yang diberikan mencapai ratusan juta rupiah.

“Tahun ini adalah tahun keempat kami memberikan penghargaan kepada mitra yang terus menginspirasi. Upaya para mitra yang menunjukkan ketangguhan mereka telah menjadi penyemangat bagi kami untuk selalu mendukung mitra di ekosistem agar bertahan dan pulih di masa pandemi sekaligus tetap berinovasi untuk membantu mitra dan konsumen dalam mempermudah hidup mereka sehari-hari,” ungkap Kevin Aluwi, CEO Gojek, di kesempatan yang sama.

Resmi! Gojek Gandeng Tokopedia untuk Sambut Bulan Ramadan

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Mustafa Iman lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Mustafa Iman.

Terima kasih telah membaca sampai di sini