Penemuan-penemuan Paling Berpengaruh bagi Peradaban Manusia

Penemuan-penemuan Paling Berpengaruh bagi Peradaban Manusia
info gambar utama

Manusia telah ada di bumi sejak ratusan ribu tahun, dan selama waktu itu manusia telah menciptakan ribuan alat untuk dapat bertahan hidup. Alat-alat sederhana seperti gelas, pisau dan gunting, meskipun sederhana, tapi sangat penting untuk manusia. Coba Kawan bayangkan apabila kita hidup tanpa alat-alat itu, pasti bakal repot kan?

Menurut Kawan, apa penemuan yang paling keren dan canggih yang pernah diciptakan manusia? Robot? Teknologi 5G super cepat? Mobil Tesla yang bisa nyetir sendiri? Jika tiga hal itu muncul pertama kali di pikiran Kawan saat mendengar “penemuan canggih”, maka Kawan tidaklah salah. Namun, Kawan tau nggak sih, ternyata penemuan-penemuan yang paling berpengaruh bagi peradaban manusia justru adalah barang-barang yang sederhana loh!

Apa saja penemuan yang paling berpengaruh bagi peradaban manusia? Simak di bawah ini ya Kawan!

Tulisan/Aksara

Ilustrasi Aksara│AlexPee07/Pixabay
info gambar

 

Terdengar sepele bukan? Namun, nyatanya tulisan memanglah salah satu penemuan yang sangat berpengaruh bagi peradaban manusia. Pada awal masa peradaban manusia dahulu, tidak semua peradaban memiliki Aksara. Aksara sangat penting, karena dengan aksara manusia dapat menyampaikan informasi penting dengan lebih efisien. 

Tidak hanya untuk menyampaikan informasi, aksara juga memiliki peran penting dalam pencatatan. Coba bayangkan saat Kawan disuruh mama membeli bahan makanan di toko, jika Kawan tidak membawa catatan pasti akan sangat susah mengingatnya bukan? Sama seperti contoh itu, tetapi tulisan memiliki peran yang jauh lebih penting, terutama pada masa awal peradaban manusia yang masih serba sederhana. 

Peradaban yang memiliki aksara, jelas memiliki keunggulan daripada peradaban yang tidak memiliki aksara. Sehingga peradaban yang mengenal aksara juga dapat dipastikan memiliki kehidupan yang lebih maju daripada peradaban yang sama sekali belum mengenal aksara.

Roda

Ilustrasi Roda│Momentmal/Pixabay
info gambar

 

Penemuan yang selanjutnya adalah roda. Roda adalah dasar dari segala mobilitas manusia. Tanpa roda, manusia tidak bisa dengan leluasa berpindah-pindah tempat. Pada masa awal peradaban manusia, roda dapat memudahkan manusia mengangkut lebih banyak hasil tani, membantu manusia memindahkan banyak barang, hingga memudahkan manusia untuk berkeliling dunia. 

Roda juga merupakan cikal bakal kendaraan beroda yang ada saat ini. Jika roda tidak ditemukan, kita tidak bisa mengendarai motor ke sekolah, tidak akan ada ojek online dan bahkan kita harus bakal kesusahan membawa barang setiap pindahan rumah. Bayangkan jika roda tidak pernah ada, pasti kehidupan kita tidak akan semudah ini.

Kertas

Sama seperti aksara, tulisan juga berperan penting dalam penyebaran informasi. Dengan adanya kertas, distribusi suatu informasi akan jauh lebih efektif dan bisa diproduksi dalam jumlah yang banyak. Bahkan, dengan kertas manusia bisa berkomunikasi dengan manusia lain dengan jarak yang sangat jauh dengan surat (sebelum adanya telepon tentunya). 

Alat Cetak

Tidak jauh berbeda dengan aksara dan kertas, alat cetak juga berperan besar dalam penyebaran informasi. Dengan alat cetak, manusia bisa mencetak informasi dengan jumlah yang jauh lebih banyak, dan dalam waktu yang lebih singkat daripada harus menulis satu-satu. Tanpa adanya alat cetak, mungkin tidak akan ada buku-buku pengetahuan yang bisa kita baca dengan leluasa seperti sekarang.

Kompas

Ilustrasi Kompas│Ylanite/Pixabay
info gambar

Kompas sangatlah penting dalam bagi manusia dalam melakukan perjalanan jauh di zaman dahulu. Dengan kompas, manusia bisa menjelajahi dunia dan bertemu dengan manusia di belahan bumi yang lain. Bahkan, tanpa adanya kompas, mungkin Amerika tidak akan menjadi negara besar seperti yang kita kenal saat ini Mungkin saja tanpa adanya kompas, bangsa Eropa tidak pernah menemukan Amerika.

Bubuk Mesiu

Bubuk mesiu adalah senyawa kimia yang penting dalam persenjataan modern. Dari bubuk mesiu-lah kemudian tercipta senjata perang seperti bom dan senjata api. Tanpa adanya bubuk mesiu, mungkin tidak akan ada pula perang-perang besar yang merubah peradaban manusia. Tanpa bubuk mesiu juga, mungkin tidak akan pernah ada kolonialisme yang memiliki dampak besar dalam sejarah umat manusia.

Mesin Motor

Mesin motor sangatlah penting dalam kehidupan manusia. Mesin motor dapat digunakan dalam berbagai hal, mulai dari mesin kendaraan hingga mesin produksi yang digunakan di pabrik-pabrik. Mesin motor yang digunakan dalam kendaraan, tentu memudahkan kita dalam berpergian ke tempat yang jauh. Sedangkan di satu sisi, mesin motor yang digunakan dalam industri dapat membantu manusia memproduksi barang dalam jumlah yang banyak.

Listrik

Tentu saja listrik adalah salah satu penemuan paling berpengaruh bagi manusia. Kawan bayangkan saja, bagaimana rasanya saat rumah kita sedang mati listrik. Pasti sangat merepotkan bukan? Apalagi banyak pekerjaan yang terhambat dengan tidak adanya listrik. Kira-kira seperti itulah bayangan pentingnya listrik bagi manusia, khususnya manusia modern yang hidup dengan peralatan-peralatan elektronik.

Lampu

Ilustrasi Lampu│.jplenio/Pixabay
info gambar

 

Lampu adalah sebuah penemuan yang sangat brilian dalam sejarah manusia. Dengan lampu, manusia bisa beraktivitas di malam hari dengan lebih leluasa. Sebelum adanya lampu, manusia tidak bisa produktif seperti sekarang pada saat malam tiba. 

Telepon

Ilustrasi Telepon│526663/Pixabay
info gambar

 

Pada masa awal diciptakan, telepon membawa dampak besar dalam bidang komunikasi. Dengan adanya telepon, manusia jauh lebih leluasa berkomunikasi dan bertukar informasi dengan manusia lain. Bahkan, di era smartphone yang semakin maju setiap tahunnya, telepon berkembang menjadi sebuah alat yang dapat memudahkan hampir semua aspek kehidupan manusia. Bahkan, mungkin Kawan juga tidak bisa hidup tanpa smartphone Kawan kan?

Internet

Mungkin tidak perlu dijelaskan lagi, internet memang menjadi salah satu kebutuhan manusia saat ini. Bahkan Kawan tidak bisa mengakses artikel ini tanpa adanya internet kan. Internet memang sangat penting bagi kehidupan manusia modern, dan dengan internet juga, mungkin manusia dapat menciptakan penemuan-penemuan yang jauh lebih maju lagi di masa depan.

Nah, itu dia beberapa penemuan yang memiliki peran besar dalam peradaban manusia. Tanpa adanya semua penemuan itu, mungkin kita akan menjalani kehidupan yang berbeda sekarang. Kalo menurut Kawan, apa penemuan yang paling berpengaruh dalam peradaban manusia?

Referensi : Big ThinkLive ScienceNational Geographic

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini