15 Destinasi Wisata Purwokerto Paling Recommended untuk Dikunjungi

15 Destinasi Wisata Purwokerto Paling Recommended untuk Dikunjungi
info gambar utama

Purwokerto, ibu kota dari Banyumas ini ternyata menyimpan berbagai destinasi keren yang wajib untuk dikunjungi. Dianugerahi bentang alam yang luar biasa indah, membuat wisata Purwokerto seolah tak pernah sepi dari pengunjung.

Berikut rekomendasi wisata Purwokerto yang bisa dikunjungi bersama keluarga atau teman-teman untuk menghilangkan penat:

15 Rekomendasi Tempat Wisata Purwokerto

Bila sebagian orang sering memilih Bali atau Labuan Bajo untuk menghabiskan momen liburan, bagaimana jika kali ini kita ke Purwokerto? Ini dia daftar rekomendasi destinasi yang dapat Anda kunjungi saat berkunjung ke sini.

1. The Village Purwokerto

Nuansa ala Eropa di The Village Purwokerto. @Naila Rifngatul M./GoogleMaps

The Village Purwokerto merupakan taman wisata bergaya Eropa yang sangat cocok untuk liburan bersama keluarga ataupun pasangan.

Destinasi yang berlokasi Rempoah, Baturaden Banyumas ini memiliki daya tarik pada dekorasi khas Eropa-nya yang sangat instagramable jika digunakan untuk latar berfoto.

Bukan hanya itu, terdapat juga berbagai pilihan kegiatan dan wahana untuk anak seperti memberi makan ikan, flying fox, kapal kayuh, kereta api mini, flying bicycle, rumah kelinci, rumah burung, naik kuda, mini zoo, serta playgroundindoor dan outdoor.

Jam Operasional : Buka setiap hari dari pukul 08.00-17.00

2. Taman Langit

Taman langit menghadirkan pemandangan indah yang cocok untuk staycation keluarga. @Instagram/tamanlangitrestaurant

Sesuai namanya, taman langit merupakan destinasi wisata yang menyuguhkan keindahan alam Purwokerto yang menakjubkan.

Taman langit yang berlokasi di Dusun II, Kebumen. Baturaden, Banyumas ini merupakan taman bermain dimana Anda bisa berinteraksi dengan beberapa jenis hewan yang sudah dijinakkan sekaligus menjadi bumi perkemahan yang pas untuk staycation keluarga.

Terdapat juga resto dan cafe yang menyediakan berbagai pilihan kuliner lezat dengan harga terjangkau. Wisata ini dibuka setiap hari dari pukul 11.00-22.00 WIB.

3. New Small World Purwokerto

Taman miniatur ikon dunia, New Small World Purwokerto. @@New Small World

Ingin berkeliling dunia dalam satu hari? Mari kita ke New Small World yang berlokasi di Jl. Raya Baturaden Barat, Karangmangu, Baturaden, Purwokerto saja!

New Small World merupakan taman wisata yang dapat membuat Anda merasakan sensasi berkeliling dunia lewat miniatur yang ada di taman ini seperti patung Liberty, Menara Pisa, Colosseum, White House, Menara Kembar Petronas, hingga rumah tradisional Korea dan Jepang.

Bukan hanya itu, dekorasi New Small World juga tak kalah memukau dan instagramable. Ada banyak dekorasi menarik seperti pohon sakura, sayap kupu-kupu, terowongan bunga, hingga taman bunga tulip yang bisa Anda jadikan background berfoto.

Bicara mengenai fasilitas, New Small World juga menyediakan sederet fasilitas pendukung seperti kolam renang, gazebo, toilet, area parkir, mushola, dan masih banyak lagi.

Jam Operasional : Buka setiap hari dari pukul 08.00-16.00

Baca juga: Yuk, Berkeliling Dunia di New Small World Purwokerto

4. Alun-Alun Kota Purwokerto

Suasana malam di alun-alun Purwokerto. @Andi Adiguna/Flickr

Hampir di semua daerah, alun-alun menjadi salah satu destinasi favorit sekaligus tempat berkumpul yang asyik. Hal itu juga berlaku pada Alun-Alun Kota Purwokerto.

Alun-Alun Kota Purwokerto menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib Anda singgahi karena segudang daya tariknya.

Waktu terbaik untuk ke destinasi ini adalah malam hari karena suasananya lebih hidup dan juga tersedia sederet pilihan kuliner khas Purwokerto yang siap memanjakan perutmu. Tempat ini terbuka untuk umum setiap hari.

5. Menara Pandang Teratai Purwokerto

Kemegahan menara pandang teratai, ikon baru Purwokerto. Instagram/banyumaslandscaper

Menara Pandang Teratai merupakan tempat wisata terbaru yang sedang hits di Purwokerto. Menara dengan ketinggian 117 meter ini juga menjadi ikon baru Purwokerto yang selalu ramai dikunjungi karena daya tarik desain gedung serta jembatan kaca di lantai 3 yang mengundang rasa penasaran para wisatawan.

Sedang ke Purwokerto? Yuk, mampir ke Menara Pandang Teratai yang beralamat di Jalan Bung Karno, Kalibener, Purwokerto, dan rasakan sendiri sensasi mendebarkan melewati jembatan kacanya. Menara Pandang Teratai buka setiap Sehin hingga Minggu dari pukul 09.00-22.00 WIB.

6. Taman Mas Kemambang

Kolam ikan di Taman Mas Kemambang dengan puluhan ribu ikan nila yang menghiasi. @Instagram/travelerien

Wisata Purwokerto selanjutnya adalah Taman Mas Kemambang. Daya tarik destinasi ini tentu saja taman apungnya dengan ribuan ikan nila cantik yang menghiasi. Ada beberapa wahana yang juga bisa dicoba seperti bebek air, saung, playground, rumah kincir, dan homestay.

Bukan hanya itu, terdapat juga area bermain anak dan spot foto keren agar Anda bisa berselfie ria di sini. Taman Maskemambang buka setiap hari dari pukul 09.00-17.00 WIB.

7. Bukit Watu Meja

Pemandangan bak lukisan alam di Bukit Watu Meja. @@Tyo Satriany/Wikimedia

Ingin menjajal wisata alam dengan pemandangan yang mempesona? Kalau begitu Anda wajib ke Bukit Watu Meja. Hanya di sini Anda bisa menikmati view megahnya Gunung Slamet dan dipercantik dengan Sungai Serayu, brug kereta api, dan hijau lembah asri yang akan memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Jam Operasional : Buka setiap hari dari pukul 08.00-18.00

Baca juga: Menikmati Eksotisme Alam Jawa Tengah di Bukit Watu Meja

8. Kebun Raya Baturraden

Kebun raya Baturraden, tempat healing paling tepat. @Muhammad Angki Prasetyo/Flickr

Jika Anda ingin liburan sekaligus untuk menenangkan pikiran atau healing, Anda wajib ke Kebun Raya Baturraden. Kebun raya yang berasa di area hutan ini memiliki keindahan yang luar biasa dengan udaranya yang sangat murni dan segar yang pastinya dapat menenangkan pikiranmu dan membuatnya lebih rileks.

Terdapat juga air terjun dan glass house yang menambah lengkap destinasi wisata ini. Bukan hanya menikmati alam yang indah dan asri, Kawan GNFI juga bisa melakukan jungle tracking dan menjelajah area kebun raya dengan Jeep. Harga tiket masuknya pun sangat terjangkau. Anda bisa datang kapan saja karena tempat ini beroperasi setiap hari dari pukul 06.00-16.00 WIB.

9. Taman Andhang Pangrenan Purwokerto

Taman Andhang Pangrenan, bekas terminal yang kini jadi taman cantik @Instagram/fadilfauzi

Siapa sangka, taman nan cantik di Purwokerto ini dulunya adalah bekas terminal. Dengan daya tarik yang dimilikinya, Taman Andhang Pangrenan menjadi primadona tempat wisata di daerah ini setelah alun-alun Purwokerto.

Menikmati momen liburan di sini paling pas bersama keluarga terlebih terdapat fasilitas yang sangat memadai seperti mushola, tempat duduk, toilet, sepeda, skuter, becak mini dan mobil-mobilan yang dapat digunakan secara gratis. Jam Operasional : Buka dari Senin-Minggu mulai pukul 08.00-22.00 WIB.

Baca selengkapnya di: Ingin Berakhir Pekan? Yuk, ke Taman Andhang Pangrenan Saja!

10. Curug Gomblang

Wisata alam Curug Gomblang di kaki Gunung Slamet. @Erhan Untoro/Flickr

Curug Gomblang merupakan wisata Purwokerto yang berada di kaki Gunung Slamet. Memiliki ketinggian sekitar 50 meter, pemandangannya yang tersaji di sini sangatlah indah dengan udara yang sangat sejuk dan bersih.

Di sekitar kawasan ini juga disediakan tempat camping dengan hamparan hutan pinus yang menyejukkan sejauh mata memandang. Ingin staycation spesial dengan berkemah di sini? Langsung saja meluncur ke lokasinya di Kedungbanteng, Banyumas!

Jam Operasional : Buka pukul 08.00-17.00 WIB setiap Senin hingga Minggu.

11. Telaga Sunyi

Telaga sunyi, tempat menenangkan diri di Purwokerto yang wajib untuk dikunjungi. @Christopher Woodrich/Flickr

Wisata air memang selalu berhasil menjadi pelepas penat terbaik saat liburan. Jika Anda sedang ke daerah Banyumas, jangan lupa mampir ke Telaga Sunyi yang bisa meredakan stres akibat rutinitas pekerjaan ataupun materi kuliah yang kian berat.

Anda bisa berenang atau berendam di telaga cantik ini dengan view hutan yang alami dan menyejukkan. Di ujung telaga juga terdapat air terjun kecil, yang mana airnya berasal langsung dari mata air Gunung Slamet. Telaga ini buka setiap hari dari pukul 10.00 pagi hingga sore hari sekitar jam17.00 WIB. Pembatasan ini perlu agar pengunjung tidak memasuki area telaga saat hari gelap.

12. The Forest Island Purwokerto

Keindahan taman bunga di The Forest Island. @Instagram/theforestisland.id

The Forest Island adalah tempat wisata yang menggabungkan 2 unsur wisata dalam satu lokasi, yaitu keindahan taman bunga dan kolam renang. Terdapat kolam renang khusus wanita dan anak-anak, sehingga Anda bisa mengajak keluarga besar tanpa terkecuali.

Yang menarik, air kolam renangnya bersumber dari mata air alami tanpa kaporit, sehingga tentunya sangat sejuk dan menyegarkan. Jam Operasional setiap hari dari pukul 08.00-17.00 WIB untuk umum.

13. Pancuran Pitu

Pancuran Pitu dengan pesonanya yang menakjubkan. @yud1/Flickr

Pancuran Pitu merupakan salah satu pemandian air panas yang populer di Purwokerto. Selain itu di sini juga disediakan layanan pijat belerang yang bisa menghilangkan rasa capek dan pegal pada tubuh.

Tempatnya cukup luas dan nyaman, serta terdapat beberapa fasilitas seperti kamar mandi, warung, dan tempat istirahat. Buka mulai pukul 08.00-16.00 WIB setiap hari kerja dan akhir pekan.

14. Lokawisata Baturraden

Spot terindah di lokawisata Baturraden dengan view memukau. @Instagram/info_baturraden

Lokawisata Baturraden adalah tempat wisata alam yang terletak di ketinggian ±650 MDPL. Didukung dengan udaranya yang sejuk dan bersih, Anda bisa menikmati panorama perbukitan yang hijau, sungai, hingga air mancur.

Terdapat juga berbagai spot foto menarik, salah satunya adalah jembatan kaca mengarah ke perbukitan hijau nan cantik yang menjadi spot favorit para wisatawan. Di destinasi terpopuler di Purwokerto ini juga terdapat sederet fasilitas seperti tempat parkir luas, penjual makanan, dan penjual suvenir yang pastinya sangat ramah di kantong.

Jam Operasional : Buka setiap hari dari pukul 05.00-15.30

15. Wisata Pereng Cilongok

Wisata Pereng Cilongok, wisata keluarga dengan keindahan alam Purwokerto yang memukau. @Instagram/wisataperengcilongok

List rekomendasi wisata kali ini berakhir di Wisata Pereng Cilongok. Wisata Pereng Cilongok merupakan taman wisata Purwokerto yang cocok untuk keluarga dan anak-anak. Ada banyak wahana yang bisa dicoba seperti kolam renang, perahu bebek, becak mini, kolam ikan dan titian sepeda.

Kawasan wisata ini juga menyediakan gazebo, mushola, kamar bilas, area parkir luas, dan juga cafe yang bisa mengganjal perutmu agar tak kelaparan setelah berenang. Wisata Cilongok dibuka Senin- Minggu dari jam 08.00 sampai jam 16.30 WIB.

Demikian ulasan mengenai 15 tempat wisata Purwokerto yang paling recommended untuk dikunjungi. Jadi, dari ke 15 destinasi di atas, mana yang Kawan GNFI ingin kunjungi terlebih dahulu?

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Raras Wenny lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Raras Wenny.

Terima kasih telah membaca sampai di sini