Bukit Watu Meja, Indahnya Menikmati Eksotisme Alam Jawa Tengah

Bukit Watu Meja, Indahnya Menikmati Eksotisme Alam Jawa Tengah
info gambar utama

Sebagai ibukota dari Banyumas, Purwokerto menyimpan pesona alam yang menakjubkan. Salah satu pesona tersebut adalah wisata Bukit Watu Meja.

Menghadirkan panorama Gunung Slamet serta Sungai Serayu yang sering dijuluki sebagai Amazon-nya Indonesia, tentu destinasi yang satu ini wajib masuk ke dalam list liburan Kawan GNFI saat bertandang ke Purwokerto. Sebelum, berangkat mari cari tahu dulu apa saja yang menarik dari Bukit Watu Meja di ulasan kali ini!

Sejarah Bukit Watu Meja

Bukit Watu Meja menyajikan view Gunung Slamet dan Sungai Serayu yang dijuluki Amazon-nya Indonesia. @Instagram/jurnal_wisata.banyumas

Bukit Watu Meja termasuk tempat wisata yang baru di Purwokerto. Dulunya tempat ini hanyalah perbukitan biasa saja. Namun pemuda setempat memberdayakannya menjadi tempat wisata.

Baca juga: 15 Destinasi Wisata paling Recommended di Purwokerto

Ide tersebut muncul karena pesona keindahan yang dimiliki oleh bukit ini. Para pemuda setempat kemudian melihat potensi wisata yang menjanjikan bila diolah dengan baik. Apalagi tempat ini juga mirip dengan Bukit Kleco dan Bukit Tangkeban yang ada di Kulon Progo.

Daya Tarik Bukit Watu Meja

Pemandangan super indah dan eksotis di Bukit Watu Meja yang sulit ditolak oleh wisatawan. @Tyo Satriany/Wikimedia commons

Saat mengunjungi tempat wisata ini Anda akan menemukan berbagai hal yang menarik dan pastinya tak akan ada di tempat lain seperti:

1. Pesona Pemandangan yang Menakjubkan

Ketika sampai di Bukit Watu Meja Anda akan langsung disuguhkan dengan detai lanskap perbukitan sekaligus pemandangan yang menakjubkan. Panorama Gunung Slamet dikelilingi oleh hamparan perbukitan dan sawah akan menjadi sajian yang memanjakan mata. Selain itu Anda juga bisa menikmati keindahan Sungai Serayu dan jembatan kereta api alias brug dari bukit ini.

2. Menikmati Sunset

Saat menjelang senja Anda akan melihat keindahan sunset yang mempesona dari atas bukit Watu Meja. Keindahan sunset ini bisa Anda manfaatkan sebagai latar yang indah untuk berfoto.

Artikel terkait: The Village Purwokerto, Menikmati Nuansa ala Eropa

Fasilitas yang Ada di Bukit Watu Meja

Berbicara mengenai fasilitas, objek wisata ini mempunyai fasilitas yang lengkap. Pihak pengelola sudah menyediakan berbagai fasilitas demi menunjang kenyamanan dan kegiatan para wisatawan yang berkunjung. Beberapa fasilitas tersebut di antaranya:

  • Tempat parkir yang luas
  • Toilet yang bersih
  • Mushola
  • Warung atau tempat makan dengan aneka menu
  • Spot Foto yang menarik
  • Penginapan

Jam Operasional Bukit Watu Meja

Tak hanya mempunyai pesona dan fasilitas lengkap saja, Bukit Watu Meja termasuk salah satu tempat wisata yangterjangkau di Jawa Tengah. Jam buka tempat wisata ini dimulai pukul 8 pagi hingga pukul 6 sore. Jadi apabila ke Bukit Watu Meja pastikan untuk berkunjung di jam operasional tersebut.

Baca juga: Berakhir Pekan? ke Taman Andhang Pangrenan Purwokerto saja!

Lokasi dan Rute Jalan Menuju Bukit Watu Meja

Bukit Watu Meja, menawarkan konsep liburan alam terbaik yang dapat melepaskan semua penat. @Tyo Satriany/Wikimedia commons

Bukit Watu Meja berlokasi di Desa Tumiyang, Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Wisata ini mempunyai jarak sekitar 13 kilometer dari pusat kota Purwokerto. Untuk berkunjung ke wisata ini Anda bisa menggunakan dua jalur. Jalur pertama dimulai dari tepi jalan kecamatan Patik-Kebasen. Adapun untuk jalur kedua lewat Desa Gambarsari Kecamatan Kebasen Banyumas.

Baca juga: Tuk Budoyo, Wisata Alam dan Budaya di Temanggung yang Kaya akan Sejarah

Demikian ulasan mengenai wisata Bukit Watu Meja dengan pesona alamnya yang luar biasa. Jika Anda sedang berkunjung ke Purwokerto di Kabupaten Banyumas, silakan saja datang dan mampir ke tempat wisata yang satu ini untuk menikmati eksotisme dan keindahannya.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Raras Wenny lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Raras Wenny.

RW
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini