Fauna Endemik Indonesia, Simak Pengertian dan Contoh Hewan yang Tersebar di Indonesia

Fauna Endemik Indonesia, Simak Pengertian dan Contoh Hewan yang Tersebar di Indonesia
info gambar utama

Fauna endemik Indonesia atau yang biasa disebut sebagai hewan khas Indonesia sampai sekarang masih menjadi salah satu kelompok hewan yang menarik untuk dipelajari. Indonesia, sebagai salah satu negara yang mempunyai ribuan pulau menjadi tempat yang cocok bagi hewan-hewan untuk tumbuh dan berkembang biak.

Melansir dari laman Gramedia, fauna endemik Indonesia tersebar di seluruh wilayah dari timur sampai barat. Hal ini tentu dipengaruhi oleh iklim dan kondisi alam yang mendukung. Persebarannya pun merata. Artikel ini akan membahas tentang pengertian fauna endemik Indonesia dan contoh hewan khas Indonesia yang sampai sekarang masih menjadi perhatian.

Pengertian Fauna Endemik Indonesia

Melansir dari laman foresteract.com, hewan endemik adalah spesies hewan alami yang mendiami suatu wilayah atau daerah tertentu sehingga tidak ditemukan di wilayah lain. Wilayah yang mempunyai hewan endemik biasanya memiliki ciri tertentu yang cocok dengan habitat hewan endemik tersebut.

Maka dari itu, hewan endemik Indonesia berarti beberapa jenis hewan yang hanya ditemui di wilayah Indonesia. Hewan endemik juga bisa dikatakan sebagai hewan khas Indonesia. Hanya iklim dan cuaca di Indonesia cocok untuk hewan-hewan endemik tersebut sehingga tidak bisa ditemui di wilayah lain.

Contoh hewan endemik Indonesia

Pixabay
info gambar

Hewan endemik Indonesia ada banyak. Namun, keberadaan beberapa hewan tersebut sudah mulai terancam. Beberapa di antaranya bahkan sudah terancam punah. Berikut ini adalah contoh hewan endemik di Indonesia.

1. Harimau Sumatera

Fauna endemik Indonesia pertama adalah harimau Sumatera. Harimau ini memiliki ciri ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan harimau pada umumnya. Sedangkan corak dari harimau Sumatera adalah loreng hitam gelap. Hewan ini diketahui masih ada sampai sekarang, akan tetapi populasinya sudah mulai terancam. Harimau Sumatera sekarang menjadi salah satu hewan yang dilindungi.

2. Elang Jawa

Hewan ini keberadaannya sangat penting. Pasalnya, elang Jawa merupakan burung yang menjadi lambang negara Indonesia. Fauna endemik Indonesia inilah yang biasa disebut sebagai burung garuda. Namun, hewan ini sudah terancam keberadaannya. Hewan ini khas dengan jambulnya yang menonjol sekitar 2-4 helai. Dengan panjang 12 cm..

3. Orangutan Kalimantan

Habitat orangutan Kalimantan adalah hutan hujan tropis yang berada di pulau Kalimantan. Ciri khas dari orangutan Kalimantan ini adalah diselimuti dengan rambut berwarna merah kecoklatan. Kepalanya juga besar dan posisi mulutnya yang tinggi. Namun, sayangnya hewan ini sudah jarang sekali ditemui dan statusnya sekarang sudah terancam punah.

4. Monyet Bekantan

Monyet bekantan merupakan fauna endemik Indonesia yang mempunyai wajah unik. Ciri khasnya yang paling menonjol adalah bahwa hewan ini mempunyai hidung yang besar. Monyet ini juga dijuluki sebagai monyet Belanda. Keberadaannya masih tersebar di hutan-hutan Kalimantan. Akan tetapi, monyet ini juga sangat rentan dengan kepunahan karena habitatnya yang semakin lama semakin berkurang.

5. Burung Cenderawasih

Burung cendrawasih dikenal juga sebagai burung surga. Fauna endemik Indonesia ini bahkan menjadi ikon Tanah Papua. Burung ini memiliki corak warna yang mencolok pada bagian kepalanya. Habitatnya berada di dataran tinggi. Namun, perburuan terhadap burung cenderawasih sangat marak sehingga bisa mengancam populasi burung ini di Indonesia.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Farih Fanani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Farih Fanani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini