7 Makanan Khas Kalsel yang Menggugah Selera: Dari Soto Banjar hingga Ketupat Kandangan

7 Makanan Khas Kalsel yang Menggugah Selera: Dari Soto Banjar hingga Ketupat Kandangan
info gambar utama

Kalimantan Selatan (Kalsel) sangat kental dengan wisata kuliner yang lezat dan menggugah selera. Jika berkunjung ke Kalsel, maka satu hal yang perlu dicoba selain tempat wisatanya adalah kuliner khasnya. Makanan khas Kalimantan Selatan memiliki variasi yang sangat beragam. Hal tersebut didukung dengan daerah Kalsel yang menjadi salah satu provinsi yang banyak dikunjungi wisatawan.

Berikut 7 Makanan Khas Kalimantan Selatan yang bisa Anda coba saat singgah ke berbagai daerah seperti Martapura, Banjarmasin, Tabalong:

1. Iwak Pakasam

makanan khas Kalimantan selatan kalsel
info gambar

Makanan khas Kalimantan Selatan pertama yang wajib Anda coba adalah iwak pakasam. Ikan pakasa atau iwak semu merupakan ikan khas Hulu Sungai Tengah. Ikan ini disajikan dengan cara diawetkan dengan menggunakan garam dan beras ketan. Cita rasa ikan ini masam akibat dari fermentasi. Ikan pakasam biasanya disajikan dengan digoreng dan ditambahkan beberapa bumbu untuk menambah cita rasa makanan.

Baca juga:10 Olahan Ikan Tradisional Khas Indonesia Yang Wajib Dicoba

2. Soto Banjar

makanan khas kalimantan selatan
info gambar

Soto banjar adalah makanan khas Kalimantan yang berasal dari daerah Banjarmasin. Soto Banjar berbahan utama ayam suwir yang dipadukan dengan kuah rempah yang minimalis dan cenderung bening. Untuk menambah kenikmatan soto Banjar, biasanya makanan ini disantap dengan menggunakan wortel, perkedel, telur bebek rebus. Bukan memakai nasi melainkan dengan buras atau bisa juga dengan ketupat.

Baca juga: 7 Makanan Khas Jakarta yang Lezat dan Wajib Dicoba, Ada Soto Betawi Juga!

3. Bingka Banjar Khas Banjarmasin

makanan khas banjar kalsel
info gambar

Kue bingka merupakan kue (wadai) khas Banjar dengan rasa manis legit. Kue ini terbuat dari tepung terigu telur, kentang kukus, pandan, gula dan santan. Jika Anda berkunjung ke Banjarmasin, jangan lupa untuk membawa wadai bingka ini sebagai oleh-oleh.

Baca juga: Bingka Barandam, Kue yang Harus Anda Buru Saat Ramadhan di Kalimantan

4. Ketupat Kandangan

Makanan khas Kalsel Banjarmasin
info gambar

Ketupat kandangan sekilas mirip dengan lontong atau ketupat sayur khas Betawi. Namun, ketupat kandangan memiliki kuah yang jauh lebih kental dan nikmat. Makanan ini mudah ditemukan di Banjarmasin. Biasanya penyajiannya di atas piring dengan perpaduan antara potongan ketupat, siraman kuah kental, dan lauk ikan asap haruan atau ikan gabus.

Baca juga: Emm… Lezatnya Ketupat Kandangan

5. Pundut

makanan khas kalsel amuntai
info gambar

Makanan khas Kalimantan Selatan yang sangat legendaris adalah pundut. Pundut adalah makanan yang biasa ditemui di daerah Banjar. Pundut adalah nasi yang dibungkus dengan menggunakan daun pisang dan dimasak dengan cara dikukus. Beras yang ada di dalam pundut biasanya ditambahkan santan untuk menambah rasa gurih dan khas. Pudut biasanya disajikan dengan bumbu khas yang disebut sebagai bumbu habang merah.

6. Buras Banjar

makanan kalimantan selatan
info gambar

Buras Banjar adalah makanan yang dibuat dari beras, santan, dan bumbu bercita rasa gurih yang dibungkus daun pisang. Buras lalu direbus selama beberapa jam hingga matang. Sekilas mirip dengan pundut akan tetapi buras umumnya disajikan dengan sambal kacang. Buras adalah makanan khas yang mudah sekali ditemui di berbagai tempat di Kalimantan Selatan dan cocok untuk disantap sebagai menu sarapan.

Baca juga: Serupa Tapi Tak Sama, Apa Bedanya Ketupat, Lontong, Lempar, Buras, dan Arem-arem?

7. Ikan Bakar Khas Banjar

makanan khas kalsel
info gambar

Sekilas memang tidak jauh berbeda dengan ikan bakar lainnya, akan tetapi ikan bakar khas Banjarmasin ini memiliki bumbu khas yang jarang ditemui di tempat lain. ikan yang digunakan biasanya adalah ikan patin, ikan lais, dan ikan haruan. Ikan bakar ini akan disajikan dengan daun singkong, kacang panjang rebus, sayuran dan sambal.

Baca juga: 5 Makanan Khas Maluku Berbahan Dasar Ikan

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Farih Fanani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Farih Fanani.

MF
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini