7 Makanan Khas Kalimantan Selatan yang Menggugah Selera dan Wajib Dicoba

7 Makanan Khas Kalimantan Selatan yang Menggugah Selera dan Wajib Dicoba
info gambar utama

Makanan khas Kalimantan Selatan memiliki variasi yang sangat beragam. Jika Anda berkunjung ke Kalimantan Selatan, maka satu hal yang perlu Anda coba selain tempat wisatanya adalah makanan khasnya. Kalimantan Selatan sangat kental dengan wisata kuliner yang lezat dan menggugah selera.

Hal tersebut didukung dengan daerah Kalimantan Selatan yang menjadi salah satu provinsi yang banyak dikunjungi wisatawan. Melansir dari laman Tempo, artikel ini akan membahas tentang makanan khas Kalimantan Selatan yang unik dan jarang ditemui di tempat lain. Pastikan Anda menyimak satu persatu dan membaca artikel ini sampai tuntas.

1. Iwak Pakasam

Makanan khas Kalimantan Selatan pertama yang wajib Anda coba adalah iwak pakasam. Ikan pakasa atau iwak semu merupakan ikan khas Hulu Sungai Tengah. Ikan ini disajikan dengan cara diawetkan dengan menggunakan garam dan beras ketan. Rasa dari ikan ini asam akibat dari fermentasi. Ikan pakasam biasanya disajikan dengan digoreng dan ditambahkan beberapa bumbu untuk menambah cita rasa makanan.

2. Soto Banjar

Soto banjar adalah makanan khas Kalimantan yang berasal dari daerah Banjarmasin. Makanan ini tergolong makanan terkenal yang sudah bisa ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Soto Banjar berbahan utama ayam suwir yang dipadukan dengan kuah rempah. Untuk menambah kenikmatan soto Banjar, biasanya makanan ini disantap dengan menggunakan wortel, perkedel, telur rebus, dan ketupat.

3. Bingka Khas Kalimantan

Pelopor
info gambar

Kue bingka mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Makanan khas Kalimantan Selatan ini merupakan makanan yang biasa untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Kue bingka terbuat dari tepung terigu dan santan. Ditambah dengan bahan-bahan lainnya untuk menambah kenikmatan seperti tape, labu, kentang, pandan, dan lain sebagainya. Jika Anda berkunjung ke Kalimantan Selatan, jangan lupa untuk membawa kue bingka sebagai oleh-oleh.

4. Ketupat Kandangan

Melansir dari laman Indonesia Travel makanan khas Kalimantan Selatan selanjutnya adalah ketupat kandangan. Ketupat kandangan sekilas memang mirip dengan lontong atau ketupat sayur khas Betawi. Namun, ketupat kandangan memiliki kuah yang jauh lebih kental dan nikmat. Makanan ini biasanya mudah ditemukan di Banjarmasin. Ketupat kandangan biasanya disajikan dengan menggunakan lauk ikan asap haruan atau ikan gabus.

5. Pundut

Makanan khas Kalimantan Selatan yang sangat legendaris adalah pundut. Pundut adalah makanan yang biasa ditemui di daerah Banjar. Pundut adalah nasi yang dibungkus dengan menggunakan daun pisang dan dimasak dengan cara dikukus. Beras yang ada di dalam pundut biasanya ditambahkan santan untuk menambah rasa gurih dan khas. Pudut biasanya disajikan dengan bumbu khas yang disebut sebagai bumbu habang merah.

6. Buras

Selanjutnya, makanan khas Kalimantan Selatan yang wajib Anda coba adalah buras. Buras adalah makanan yang mirip dengan pundut akan tetapi buras disajikan dengan sambal kacang. Buras adalah makanan khas yang mudah sekali ditemui di berbagai tempat di Kalimantan Selatan dan cocok untuk disantap sebagai menu sarapan.

7. Ikan Bakar

Sekilas memang tidak jauh berbeda dengan ikan bakar lainnya, akan tetapi ikan bakar khas Banjarmasin ini memiliki bumbu khas yang jarang ditemui di tempat lain. ikan yang digunakan biasanya adalah ikan patin, ikan lais, dan ikan haruan. Ikan bakar ini akan disajikan dengan daun singkong, kacang panjang rebus dan sambal.

Demikian adalah 7 makanan khas Kalimantan Selatan yang lezat dan wajib untuk Anda coba. Masih banyak makanan khas Kalimantan Selatan yang lezat dan penuh inovasi. Anda bisa mencobanya satu persatu ketika berkunjung ke Kalimantan Selatan terutama Banjarmasin.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Farih Fanani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Farih Fanani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini