Pesona Wisata di Kota Pejuang Purworejo

Pesona Wisata di Kota Pejuang Purworejo
info gambar utama

#WritingChallengeKawanGNFI #CeritadariKawan #NegeriKolaboraasi #MakinTahuIndonesia

Musim libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 selain diisi dengan silahturahmi dengan keluarga, kurang lengkap rasanya jika tidak jalan-jalan ke tempat menarik dengan indahnya pemandangan. Mungkin selama ini Kawan GNFI mencari hiburan di mal atau wahana di sekitar, sekali-kali Kawan boleh berkunjung ketempat wisata yang menyajikan indahnya pemandangan alam.

Kabupaten Purworejo memiliki lebih dari lima belas objek wisata antara lain Pantai, Curug, Hutan Pinus, Goa, dan Bukit. Untuk menuju tempat wisata tersebut Kawan GNFI tidak perlu khawatir soal akses jalan, karena semua jalan dapat dilalui kendaraan motor, mobil, maupun bus pariwisata. Dan waktu yang diperlukan kurang lebih 20 menit dari Alun-alun Purworejo.

Kisah Bumi Arum, Pemakaman yang Beraroma Harum di Sukoharjo

Apabila Kawan GNFI ingin menikmati indahnya Pantai dengan pemandangan sunrise dan sunset yang mengagumkan, Kawan wajib mengunjungi Pantai Jetis yang terletak di Desa Patutrejo Kecamatan Grabag. Sepanjang perjalanan area tepi sungai menuju Pantai Jetis Kawan GNFI akan disajikan dengan pemandangan pohon bakau, kelapa, dan salak.

Selain dapat berwisata Kawan juga dapat melihat banyak tambak udang. Fasilitas pendukung yang terdapat di Pantai Jetis antara lain Taman Payung dan Gazebo. Untuk fasilitas umum terdapat mushola, kamar mandi, tempat sampah, dan tempat parkir. Untuk tiket masuk free/gratis hanya membayar parkir Rp. 3.000,00.

Selain menyajikan keindahan pantainya, Kabupaten Purworejo masih memiliki wisata yang tidak kalah menarik, yaitu Curug Muncar yang terletak di Desa Kalibang Kecamatan Bruno. Istilah penamaan "muncar" ialah mancur, karena jika dilihat dengan seksama jatuhnya air Curug Muncar seperti sebuah pancuran. Untuk dapat menikmati keindahan Curug Muncar Kawan GNFI harus melakukan tracking pendakian, dikarenakan Curug Muncar terletak diatas ketinggian 600 mdpl.

Ketinggian Curug Muncar sekitar 40 meter dan mengalir dari bukit menuju bebatuan dibawahnya, aliran air berasal dari Sungai Muncar yang merupakan salah satu anak Sungai Rebung atau Sungai Bedono. Fasilitas yang ada di dekat Curug Muncar Bruno sebuah warung kecil yang menyediakan makanan dan minuman. Jam operasional Curug Muncar Bruno Purworejo buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 17.30 WIB, untuk tarif masuk yang biasa diberlakukan sebesar Rp. 5.000 per orang.

Indonesia Terima Hadiah 100 Ton Kurma dari Raja Salman, Kualitas Terbaik!

Kawan GNFI juga dapat mengunjungi Hutan Pinus Kalilo yang terletak di Desa Tlogoguwo Kecamatan Kaligesing. Hutan Pinus Kalilo menyajikan suasana yang sejuk, tempat ini cocok untuk Kawan GNFI merelaksasi jiwa dan pikiran yang penuh dengan rasa penat akan kesibukan sehari-hari. Fasilitas yang terdapat di Hutan Pinus antara lain Mushola, toilet, tempat parkir, warung, spot foto, camping area, outbond ground, dan wahan permainan yang sangat menarik. Jam operasional Hutan Pinus Kalilo buka setiap hari mulai pukul 06.00 sampai 18.00 WIB, untuk tarif masuk yang biasa diberlakukan sebesar Rp. 5.000 per orang, untuk biaya parkir motor Rp. 2.000 dan mobil Rp. 5.000.

Setelah melakukan perjalanan wisata alam yang sangat mengagumkan, Kawan GNFI juga wajib mengunjungi peninggalan sejarah dan budaya yaitu Goa Seplawan yang terletak di Desa Donorejo Kecamatan Kaligesing dengan ketinggian 700 mdpl. Goa ini memiliki ciri khusus yang terdapat di dalam goa, antara lain staklatit, staklamit, flowstone, helekit, soda straw, gower dam, dan dinding-dindingnya berornamen seperti kerangka ikan.

Panjang Goa Seplawan kurang lebih 700 m dengan cabang-cabang goa sekitar 150-300 m dan berdiameter 15 m. Di Goa Seplawan ini juga ditemukan arca emas Dewa Syiwa dan Dewi seberat 1,5 kg pada tanggal 28 Agustus 1979 yang sekarang arca tersebut disimpan di Museum Nasional Jakarta.

Fasilitas yang disediakan juga lengkap antara lain, area parkir yang luas, warung, toilet, mushola, spot foto, dan gazebo. Jam operasional Goa Seplawan buka setiap hari mulai pukul 06.00 sampai 18.00 WIB, untuk tarif masuk yang biasa diberlakukan sebesar Rp. 5.000 per orang, untuk biaya parkir motor Rp. 3.000 dan mobil Rp 5.000.

Sport Centre Sumut, Sentra Olahraga Baru yang Bakal Hadir di Sumatra Utara

Kurang lengkap rasanya jika belum melihat Kabupaten Purworejo secara menyeluruh dari atas bukit, yaitu Geger Menjangan yang terletak di Dusun Gamlok, Kelurahan Baledono, Kecamatan Purworejo. Untuk dapat mencapai puncaknya Kawan GNFI harus melalui jalan setapak sebagai jalan utamanya. Setelah sampai di puncak, perjalanan melelahkan Kawan GNFI bisa langsung terobati dengan menyaksikan keindahan Kota Purworejo, landscape Pantai Selatan, dan sejukanya udara di bukit.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

YE
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini