Pulau Asu, Surga Dunia Tersembunyi di Nias Barat

Pulau Asu, Surga Dunia Tersembunyi di Nias Barat
info gambar utama

Apa yang terlintas di pikiran kita ketika mendengar kata ‘surga’? Sebuah tempat yang indah, tenang, dan damai mungkin jawaban yang tepat. Kata tersebut juga sesuai untuk menggambarkan sebuah pulau bak kepingan surga, bernama Pulau Asu.

Pulau Asu adalah salah satu pulau dari kedelapan pulau dalam gugusan kepulauan Hinako, yang terletak di Kecamatan Sirombu, Kabupaten Nias Barat, Kepulauan Nias, Sumatera Utara. Pulau ini tergolong pulau terluar Indonesia. Akibatnya, nama Pulau Asu belum terlalu populer jika dibandingkan dengan kawasan wisata lain yang ada di Indonesia.

Akan tetapi, ini dapat menjadi daya tarik yang lain dikarenakan kita dapat berlibur dengan suasana lebih private seolah berlibur di pulau pribadi.

Asal Usul Nama Pulau Asu

Pesona Keindahan Pulau Asu

Bagi sebagian orang, khususnya pada suku Jawa, kata Asu memiliki makna yang kurang baik. Asu yang berarti anjing sering digunakan sebagai kata umpatan hingga memiliki makna yang negatif jika diucapkan. Akan tetapi, lain halnya dengan penamaan Pulau Asu.

Pada awalnya, banyak masyarakat beranggapan jika penggunaan kata Asu pada Pulau Asu dikarenakan mayorits masyarakat yang tinggal pada pulau tersebut memelihara banyak anjing. Akan tetapi, hal ini dapat dikategorikan sebagai kebetulan.

Makna sebenarnya dari kata Asu pada Pulau Asu yakni Asuhan yang berarti terakhir dalam Bahasa Nias. Artinya pulau ini merupakan pulau terakhir yang terjaga dan dikagumi oleh masyarakat luas.

Masyarakat Nias yang terkadang memiliki kecenderungan sulit mengucapkan huruf terakhir pada setiap kata menjadi penyebab berubahnya nama pulau ini. Hingga kini, pulau ini dikenal dengan nama Pulau Asu.

Memiliki Keindahan Alam dan Pantai yang dijamin Memorable

Ombak di Pulau Asu

Birunya air laut dan birunya langit menjadi hal pertama yang disuguhkan ketika kita tiba di Pulau Asu. Pantai putih bersih dan juga air laut yang jernih serta angin sepoi-sepoi membuat kita betah berlama-lama di Pulau ini.

Ragam aktivitas seru dapat Kawa lakukan di Pulau Asu, mulai dari surfing, diving. dan snorkeling. Ketinggian ombak yang mencapai 4-7 meter dan panjang ombak sekitar 200 meter sangat cocok untuk para surfer berselancar ria. Tak heran jika kita melihat banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Pulau Asu untuk kegiatan surfing.

Keindahan bawah laut Pulau Asu juga tak kalah menarik. Air laut yang jernih didukung dengan beragam jenis terumbu karang dan banyak jenis biota laut membuat kegiatan diving dan snorkeling menjadi pilihan yang tak boleh terlewatkan. Pantai di Pulau Asu juga tak kalah menawan. Kita dapat menikmati pemandangan matahari yang perlahan-lahan tenggelam dari langit di sore hari.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pulau Asu

Kawasan wisata Pulau Asu ini tergolong belum terlalu populer, sehingga fasilitas yang tersedia belum lengkap jika dibandingkan dengan kawasan wisata lain yang lebih dulu populer. Tetapi jangan khawatir, beberapa fasilitas yang tersedia di Pulau Asu cukup memadai untuk berlibur.

Beberapa fasilitas yang tersedia di antaranya:

1. Penginapan

Di sekitar area wisata Pulau Asu, banyak terdapat penginapan dan homestay dari rumah warga yang bisa digunakan untuk menginap.

2. Warung Makan

Untuk persoalan makanan, Kawan tidak perlu khawatir. Banyak tersedia warung makan dari para warga yang menjual berbagai makanan.

3. Fasilitas Umum

Berbagai fasilitas umum ,seperti pemondokan tepi pantai, toilet, lahan parkir, dan sebagainya tersedia di sekitar kawasan wisata Pulau Asu.

Cara Berkunjung Ke Pulau Asu

Untuk berkunjung ke Pulau Asu kita dapat menempuh perjalanan menggunakan pesawat dari Bandara Udara Kuala Namu di Medan menuju Bandara Udara Binaka di Gunungsitoli. Selanjutnya, kita harus menempuh perjalanan dari Kota Gunungsitoli ke Sirombu selama kurang lebih 2-3 jam. Kemudian, kita melanjutkan perjalanan ke Pulau Asu dengan menggunakan speed boat yang mencapai waktu 40 menit ataupun kapal mencapai 2 jam.

Nah, Kawan sudah tertarik untuk liburan ke Pulau Asu ini? Dijamin Kawan akan merasa betah dan takjub dengan keindahan alam dari Pulau Asu ini.

#WritingCamp

Referensi:North Abroad

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

W
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini