Mengenal Tugu Keris Siginjai, Objek Wisata dan Ikon Kota Jambi

Mengenal Tugu Keris Siginjai, Objek Wisata dan Ikon Kota Jambi
info gambar utama

Kalau Kawan berada di dekat pusat perkantoran Walikota Jambi, Kawan akan menemukan sebuah monumen bernama Tugu Keris Siginjai. Monumen ini merupakan ikon Kota Jambi sekaligus tempat wisata Jambi yang bernilai sejarah tinggi. Tugu ini berada persis di bundaran depan Balai Kota Jambi. Sekilas, bentuk tugu ini seperti Monas di Jakarta, tetapi dengan ukuran yang lebih kecil.

Sejarah Tugu Keris Siginjai

Sejarah Tugu Keris Siginjai
info gambar

Tugu Keris Siginjai pertama kali diresmikan pada 31 Desember 2017 oleh Walikota Jambi, Syarif Fasha. Sebelum diresmikan, nama tugu ini mulanya bernama Tugu Jam. Masyarakat juga menyebut tugu ini dengan nama Tugu Monas karena bentuknya yang mirip Monas di Jakarta.

Nama Keris Siginjai pada tugu ini diambil dari senjata pusaka Kesultanan Jambi. Bagi masyarakat Jambi, senjata ini dianggap sebagai simbol mahkota kerajaan sekaligus lambang yang mempersatukan rakyat Jambi. Menurut catatan sejarah, Keris Siginjai terakhir kali dipegang oleh Sultan Achmad Zainuddin.

Baca juga: Merawat Candi Muaro Jambi, Menjaga Jejak Perguruan Tinggi Pertama di Indonesia

Bentuk dan Makna Tugu Keris Siginjai

Tugu Keris Siginjai dari dekat
info gambar

Tugu Keris Siginjai memiliki bentuk seperti Monas dengan ukuran yang lebih kecil, serta bagian ujungnya dilengkapi ornamen Keris Siginjai. Keris yang dipakai pada tugu ini bukanlah Keris Siginjai sungguhan, melainkan keris buatan Nursih Basuki Art Studio, Kotagede, Yogyakarta. Keris itu dibuat dari bahan yang didominasi tembaga murni.

Bagian tugunya dilengkapi sembilan struktur besi pipa galvanis berbentuk spiral yang saling terangkai dan membentuk suatu kesatuan. Sembilan struktur besi itu merupakan lambang dari sembilan lurah pada Kerajaan Jambi yang masing-masing dialiri anak sungai Batanghari.

Daya Tarik Tugu Keris Siginjai

salah satu momen Car Free Night di Tugu Keris Siginjai
info gambar

Selain sebagai ikon Kota Jambi, Tugu Keris Siginjai juga menjadi salah satu objek wisata andalan. Masyarakat sering menjadikan tugu ini sebagai kawasan untuk bersantai, berswafoto, maupun berolahraga.

Di malam hari, Tugu Keris Siginjai akan tampak lebih meriah berkat air mancur dan lampu kerlap-kerlip yang muncul di sekitar tugu ini. Setiap Sabtu malam, pemerintah kota Jambi selalu mengadakan Car Free Night (CFN) yang menampilkan berbagai pertunjukkan, serta stand kuliner. Pada kegiatan tersebut, setiap organisasi atau kecamatan di Kota Jambi akan bergantian menjadi pengisi acara utama.

Jika ingin berkuliner di tugu ini, wisatawan bisa menikmati kulinernya sambil duduk di kursi melingkar yang ada di dekat tugu ini. Kursi tersebut membuat wisatawan bisa bersantap ria sambil melihat keindahan Tugu Keris Siginjai dari dekat.

Baca juga: Daya Tarik Tugu Juang di Jambi, Tempat Wisata Bersejarah

Tempat Wisata Lain di Sekitar Tugu Keris Siginjai

Tugu Keris Siginjai dari atas
info gambar

Lokasinya yang berada di tengah kota membuat Tugu Keris Siginjai dekat dengan berbagai tempat wisata lain di Jambi. Hal ini membuat wisatawan bisa mengunjungi tempat wisata lainnya setelah puas berwisata di Tugu Keris Siginjai. Adapun beberapa tempat wisata tersebut adalah

1. Taman Jomblo

Tidak hanya Bandung, Jambi juga punya taman ikonik bernama Taman Jomblo. Taman yang mulanya hanya trotoar ini dibuat supaya masyarakat Jambi dan wisatawan pada umumnya bisa bersantai sambil memandangi panorama Kota Jambi. Taman ini dilengkapi belasan alat olahraga dan kebugaran yang bisa diakses siapa pun secara gratis.

2. Tugu Juang

Tidak hanya Tugu Keris Siginjai, Jambi juga punya tugu ikonik lainnya bernama Tugu Juang. Tugu ini dibuat sebagai tempat wisata sekaligus monumen untuk memperingati perjuangan rakyat Jambi saat melawan tentara Belanda pada Agresi Militer Belanda II. Di tugu ini, wisatawan bisa menggelar tikar sambil memandangi panorama di sekitar Tugu Juang.

3. Gentala Arasy

Tempat wisata ini merupakan menara jam yang berada di Kelurahan Arab Melayu, Pelayangan, Kota Jambi. Di dalam menara setinggi 80 meter ini, wisatawan bisa menemukan Museum Kebudayaan Jambi yang berisi lebih dari 100 buah koleksi fakta sejarah di Jambi. Menara ini juga terhubung dengan Jembatan Gentala Arasy yang membentang di atas sungai Batanghari.

Baca juga: Rekomendasi Oleh-Oleh Jambi: Buah Tangan Khas dari Bumi Melayu

Itulah beberapa fakta menarik dari Tugu Keris Siginjai yang menjadi ikon Kota Jambi. Dengan adanya bangunan ini, ternyata mampu menghidupkan perekonomian untuk masyarakat sekitar. Bagaimana, apakah Kawan GNFI tertarik mengunjunginya?

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Anggie Warsito lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Anggie Warsito.

AW
KO
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini