Raja Ampat, Papua: Sejarah hingga Keunikan Alamnya di Timur Indonesia

Raja Ampat, Papua: Sejarah hingga Keunikan Alamnya di Timur Indonesia
info gambar utama

Raja Ampat terletak di Papua Barat sebagai kabupaten tersendiri yang terdiri dari empat gugusan pulau. Keempat gugusan pulau yang masuk dalam wilayah Raja Ampat di antaranya adalah Pulau Batanta, Pulau Salawati, Pulau Misool, dan Pulau Waigeo.

Sejarah Nama Raja Ampat

keunikan raja ampat
info gambar

Terdapat sejarah unik berkaitan dengan penamaan Raja Ampat. Dimana asal muasal nama ini konon berawal dari seorang wanita yang menemukan tujuh telur. Menurut mitos yang dipercaya masyarakat sekitar, dari tujuh telur tersebut, empat di antaranya menetas menjadi empat orang pangeran.

Empat pangeran ini berpencar dan menjadi raja di masing-masing wilayah yaitu Salawati, Waigeo, Misool Barat, dan yang terakhir Misool Timur. Empat Raja inilah yang menjadi inspirasi penamaan Raja Ampat.

Terlepas dari sejarah dan mitos uniknya, Raja Ampat yang terletak di paling ujung barat Provinsi Papua Barat ini memang sudah sejak lama menjadi destinasi wisata favorit bagi wisatawan asing maupun domestik. Hal ini dikarenakan bentang alam Raja Ampat yang sangat indah dan menakjubkan serta dihiasi oleh kekayaan flora dan faunanya.

Keindahan Alam serta Keunikan Flora dan Fauna Liar di Raja Ampat

keunikan raja ampat dan sejarah
info gambar

Raja Ampat Papua memang identik dengan laut jernihnya yang memantulkan birunya langit dengan sangat sempurna. Tak mengherankan, 89 persen dari wilayahnya memang didominasi oleh lautan sehingga bentang alam inilah yang menjadi daya tarik utama dari Raja Ampat.

Bukan hanya itu, daerah yang sering dijuluki dengan “sepenggal surga yang jatuh ke bumi” ini pun dihuni oleh berbagai jenis flora dan fauna yang unik dan menambah pesonanya.

Di Kepulauan Raja Ampat terdapat 186 varietas burung, 13 jenis reptil, 40 jenis amfibi, serta 32 jenis mamalia. Selain itu kekayaan flora di Raja Ampat juga tidak kalah mengagumkan, di sini Anda bisa menemukan 57 jenis bunga anggrek, 350 jenis pohon, dan 5 jenis kantong semar.

Raja Ampat juga menjadi destinasi favorit bagi pencinta wisata air terutama diving. Pasalnya Anda bisa menemukan sekitar 450 jenis terumbu karang yang sangat indah dan keberadaannya masih asri.

5 Aktivitas Seru yang Wajib Anda Lakukan Ketika di Raja Ampat

Berada diujung pulau Papua, Raja Ampat menjadi daya tarik para wisatawan dari penjuru dunia berkat pesona yang dimiliki. Semua wisatawan pastinya setuju jika liburan di Raja Ampat begitu mengesankan karena ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di sini. Bagi Anda yang memiliki rencana liburan ke Raja Ampat Papua, berikut 5 aktivitas seru yang bisa dilakukan di Raja Ampat dan tak boleh untuk dilewatkan.

1. Diving dan Menikmati Keindahan Terumbu Karang

diving di raja ampat
info gambar

Seperti yang disampaikan sebelumnya, pantai dan laut di Raja Ampat masih sangat asri. Jadi bagi Anda yang ingin menikmati keindahan terumbu karang serta ikan-ikan cantik maka Anda wajib mencoba diving di sini.

Untuk spot terbaiknya terdapat sekitar 76 dive spot cantik yang tersebar di seluruh penjuru Raja Ampat. Namun untuk pengalaman terbaik Anda bisa mencoba diving di Pulau Misool yang dijuluki surga tropis di Raja Ampat atau Batu Lima yang cocok untuk penyelam pemula.

Baca juga: Menyaksikan Keajaiban Pulau Berhala di Timur Laut Jambi, Wisata Andalan Kepri

2. Snorkeling

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan bawah laut Raja Ampat namun tidak bisa menyelam, jangan khawatir. Anda bisa mencoba aktivitas snorkeling pada area perairan dangkal. Tanpa harus menyelam ke laut yang dalam Anda sudah bisa melihat ikan-ikan beserta terumbu karang yang cantik di Raja Ampat.

3. Memberi Makan Ikan Laut

Jika biasanya Anda memberi makan ikan di kolam, pernahkah Anda berpikiran untuk memberi makan ikan di laut? Di Raja Ampat fish feeding adalah cara terbaik untuk melihat ikan-ikan kecil tanpa harus menyelam. Anda hanya perlu duduk di atas perahu dan menyiapkan snack atau roti untuk diberikan kepada ikan, supaya mereka muncul ke permukaan.

4. Berkunjung ke Pulau Wayag

raja ampat papua, sejarah dan keunikan alamnya
info gambar

Aktivitas berikutnya yang wajib Anda lakukan ketika berada di Raja Ampat adalah Berkunjung ke Pulau Wayag. Pulau ini merupakan salah satu gugusan kecil dari beberapa pulau lain yang ada di Raja Ampat. Di sini Anda bisa menikmati keindahan pantai dengan pasir putih bersih serta pemandangan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Baca juga: Danau Tangkas Sekernan: Danau dengan Hutan Liontin dan Pulau Tepus

5. Menikmati Suasana Sejuk di Air Terjun Batanta

Tahukah Anda ternyata selain pantai, Raja Ampat juga memiliki destinasi wisata berupa air terjun. Bagi Anda yang ingin menikmati suasana sejuk dengan pemandangan pohon di sekeliling maka Anda wajib mengunjungi Air Terjun Batanta. Destinasi yang satu ini juga sangat cocok dijadikan sebagai spot foto, karena pemandangan yang masih asri dan begitu aesthetic.

Dengan keindahan alamnya yang begitu menakjubkan dan dilengkapi dengan kekayaan flora dan faunanya, tak mengherankan jika Raja Ampat Papua selalu dipadati wisatawan bahkan dijuluki sebagai the lost paradise.

Jadi, segera buat rencana wisata ke Raja Ampat dan selamat mengeksplorasi keindahan alam bahari terbaik di Timur Indonesia.

Baca juga: 5 Spot Wisata Menarik di Bedugul Bali: Pengalaman Menakjubkan di Pulau Dewata

Sumber :

https://www.pesisir.net/raja-ampat-papua
https://www.idntimes.com/travel/destination/naufal-al-rahman-1/aktivitas-liburan-seru-di-raja-ampat?page=all
https://www.antaranews.com/berita/804962/banyak-keragaman-flora-dan-fauna-raja-ampat-kembangkan-wisata-darat
https://franskaisiepo-airport.co.id/id/panduan-wisata/index/kepulauan-raja-ampat-1

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Raras Wenny lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Raras Wenny.

RW
RP
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini