7 Oleh-oleh Khas Padang Terenak dan Terfavorit: Lamak Bana!

7 Oleh-oleh Khas Padang Terenak dan Terfavorit: Lamak Bana!
info gambar utama

Oleh-oleh khas Padang merupakan salah satu buah tangan yang selalu dinantikan oleh keluarga di rumah. Padang sebagai kota berjuluk Kota Tercinta itu memang dikenal sebagai kota yang kaya akan kulinernya yang lezat.

Secara geografis, kota Padang dikelilingi oleh perbukitan yang membuat kota ini juga menyimpan keindahan alam dan budaya yang luhur. Artikel ini akan membahas tentang 7 oleh-oleh khas Padang yang terfavorit.

1. Rendang Daging Sapi

oleh oleh padang khas minang sumatera barat
info gambar

Rendang adalah makanan khas Sumatera Barat yang sudah mendunia. Maka dari itu, tidak lengkap rasanya jika Kawan berkunjung ke Padang namun tidak membawa rendang sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Terlebih, jika Kawan membeli rendang daging sapi ini di tempat aslinya yaitu di Sumatera Barat. Tentu rasa pengalaman menikmati rendang asli buatan orang Padang, Bukittinggi, Payakumbuh, maupun daerah lain di Tanah Minang, memberikan kesan tersendiri. Lebih memuaskan dan lamak nian!

Baca juga: Rendang, Makanan Penuh Cinta Dari Tanah Minang Untuk Para Pejuang

2. Karak Kaliang

oleh oleh padang sumatera barat
info gambar

Selain rendang, oleh-oleh khas Padang yang juga tidak kalah enak dan favorit adalah karak kaliang. Makanan ini merupakan kerupuk berwarna kuning dengan bahan dasar ubi kayu yang berbentuk angka delapan. Karak kaliang memiliki rasa gurih yang didapatkan dari garam dan bawang putih.

3. Keripik Sanjai Balado

sanjai balado oleh oleh padang sumatera barat
info gambar

Padang juga mempunyai oleh-oleh khas jenis keripik yang terbuat dari singkong. Keripik sanjai balado ini juga mudah sekali didapatkan di toko oleh-oleh khas Padang. Keripik singkong ini semakin lezat dan menggugah selera karena ditambahkan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, gula, dan cabai.

Baca juga: Karupuak Sanjai, Oleh-Oleh Khas Bukittingi yang Terkenal hingga Mancanegara

4. Kerupuk Jangek

Kerupuk jangek adalah kerupuk yang terbuat dari kulit sapi atau kerbau. Bahan tersebut kemudian direbus dan dibakar untuk menghilangkan bulunya. Selanjutnya, kulit dijemur selama 2 hari, kemudian digoreng sampai matang. Kerupuk jangek kini hadir dalam berbagai varian rasa. Salah satu yang paling favorit adalah balado.

5. Bolu Batik

Berbeda dengan bolu-bolu pada umumnya, Kota Rendang ini mempunyai oleh-oleh khas Padang berupa bolu batik. Seperti namanya, makanan ini adalah roti bolu yang pada lapisan luarnya memiliki motif batik. Selain rasanya yang enak, bolu ini juga mempunyai tampilan yang sangat cantik. Oleh karena itu, Kawan bisa membawa pulang bolu ini sebagai oleh-oleh ketika berkunjung ke Padang.

6. Kopi Khas Padang

Pixabay
info gambar

Ketika Kawan berkunjung ke Kota Padang dan merupakan pecinta kopi, maka kopi khas Padang ini akan menjadi oleh-oleh yang tepat untuk dibawa pulang. Kawan bisa mampir ke Batusangkar, Tanah Datar yang jaraknya sekitar satu jam dari Kota Padang. Di sini, Kawan bisa mencicipi langsung kopi khas Padang dan juga mengelilingi kebunnya.

Hal unik yang membedakan kopi ini dengan kopi lainnya adalah penyajiannya yang menggunakan batok kelapa. Selain itu, Kawan juga bisa membawa kopi ini sebagai oleh-oleh khas Padang yang bisa dibawa pulang.

Baca juga: Harum Kopi Arabika di Kaki Gunung Tertinggi Sumatera

7. Rendang Telur Kuning

Tidak hanya diolah dengan bahan dasar daging, rendang di Padang juga dibuat dengan menggunakan bahan telur kuning. Oleh-oleh khas Padang yang satu ini berbentuk keripik dan memiliki rasa yang sangat khas rendang Padang.

Bahan-bahan yang dipakai seperti tepung terigu, telur ayam, daun salam, daun jeruk, batang serai, ketumbar, kunyit, gula, garam, lengkuas, jahe, merica, bawang putih, dan bawang merah.

Demikian adalah 7 oleh-oleh khas Padang terenak dan terfavorit yang bisa Kawan bawa pulang ketika berkunjung. Sebagai kota yang terkenal akan makanannya, Padang tidak akan pernah kehabisan daya tarik kuliner yang sudah terkenal ke seluruh penjuru dunia.

Baca juga: 15 Oleh-Oleh Khas Medan Incaran Wisatawan Cocok untuk Semua Usia

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Farih Fanani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Farih Fanani.

MF
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini