15 Oleh-Oleh Khas Medan Paling Populer

15 Oleh-Oleh Khas Medan Paling Populer
info gambar utama

Medan adalah Kota Ketua yang merupakan ibukota Sumatera Utara yang menjadi rumah bagi para etnis seperti Batak, Melayu, dan sub-etnis lainnya. Satu hal yang tidak kalah penting dari kota ini adalah oleh-oleh khasnya.

Oleh-oleh khas Medan terdiri dari berbagai jenis. Mulai dari makanan seperti Medan Napoleon, Pancake durian, lapis legit, bika ambon dan kopi sidikalang.

Ada juga oleh-oleh khas medan selain makanan yang berupa kerajinan tradisional khas suku-suku yang mendiami kota terpadat ketiga di Indonesia setelah DKI Jakarta dan Surabaya ini.

Berikut oleh-oleh khas Medan yang populer dan paling sering dicari wisatawan.

1. Medan Napoleon

oleh oleh medan
info gambar

Oleh-oleh khas Medan pertama yang sangat layak dibawa untuk pulang adalah Medan Napoleon. Makanan ini merupakan kue yang dibuat dari perpaduan antara bolu gulung dari Medan dan Napoleon cake berbahan puff pastry yang banyak ditemui di Perancis.

Kue ini memiliki rasa yang renyah dan teksturnya yang lembut bercampur menjadi satu. Medan Napoleon juga memiliki berbagai macam varian rasa yang bisa disesuaikan dengan selera. Mulai dari durian, green tea, keju hingga red velvet.

2. Kopi Sidikalang

oleh oleh khas medan
info gambar

Selanjutnya, kopi sidikalang saat ini menjadi oleh-oleh khas Medan kekinian yang menjadi favorit banyak orang. Kopi ini merupakan kopi khas Sumatera yang memiliki rasa nikmat dan berbeda dengan kopi-kopi yang lain.

Terdapat dua jenis kopi di sini yaitu kopi arabika dan kopi robusta. Namun, kopi yang banyak dicari oleh para wisatawan ketika berkunjung ke Medan adalah kopi Sidikalang jenis robusta.

Kopi ini bisa Kawan dapatkan di toko oleh khas medan terdekat.

3. Bika Ambon

oleh oleh khas medan
info gambar

Siapa yang tidak mengenal bika ambon. Makanan yang satu ini sudah mendunia dan bahkan cita rasanya sudah tidak diragukan lagi. Bika ambon adalah oleh-oleh khas Medan yang wajib dibawa pulang karena nama besarnya dan rasanya yang lezat.

Kue ini biasanya dibuat berbentuk balok dengan warna kuning yang menyala. Di dalamnya, terdapat serat-serat lubang yang membuat kue ini menjadi sangat empuk. Bahan pembuatnya adalah tepung tapioka, air nira, telur, gula, dan bahan-bahan pendukung lainnya.

4. Bolu Meranti

oleh oleh khas medan
info gambar

Selanjutnya, makanan khas Medan yang pantas untuk dijadikan oleh-oleh adalah bolu meranti. Bolu ini merupakan jenis bolu gulung yang pertama kali dijual di jalan Meranti. Bolu ini terkenal sangat lezat karena memiliki rasa lembut, empuk dan nikmat ketika dimakan.

Namun, perlu diketahui bahwa kue yang rasanya lezat ini hanya bisa bertahan 3 hari saja karena tidak mengandung bahan pengawet. Soal rasa, bolu ini sudah tidak diragukan lagi karena memiliki berbagai varian rasa seperti keju, nanas, strawbery, mocca, blueberry, dan bahkan abon.

5. Pancake Durian

oleh oleh khas medan
info gambar

Sebagai salah satu daerah penghasil durian yang melimpah, Medan juga memiliki olahan durian yang lezat. Salah satunya adalah pancake durian medan.

sesuai dengan namanya, pancake durian ini merupakan perpaduan buah duriah dan krim yang lembut.

Olahan durian ini mempunyai rasa yang manis, terlebih jika durian yang digunakan adalah durian yang berkualitas. Biasanya, untuk satu kotak pancake durian dihargai sebesar Rp75 ribu.

Untuk saat ini pancake durian medan juga tersedia dengan berbagai macam rasa seperti pandan keju, cokelat hingga stroberi.

Kawan bisa dapatkan pancake durian ini salah satu nya di tokonya Ucok Durian yang sudah terkenal di Medan.

6. Manisan Jambu

oleh oleh khas medan
info gambar

Selain durian, ada juga manisan jambu. Di Medan, masyarakat mengolah buah jambu biji menjadi sebuah manisan. Manisan ini mempunyai rasa yang manis dan segar. Jambu yang digunakan adalah jambu bangkok yang dibuang bijinya dan kemudian baru diolah menjadi sebuah manisan. Manisan jambu ini selain manis, juga mempunyai tekstur renyah yang didapatkan dari buah jambu.

Baca juga: Nikmatnya 7 Makanan Khas Sumatera Utara Terbaik dari Tanah Batak

7. Pia Tamiang

oleh oleh khas medan
info gambar

Oleh-oleh khas Medan selanjutnya adalah pia tamiang. Pia adalah sejenis kue kering yang dibuat dengan menggunakan tepung dan minyak yang kemudian dengan isian tertentu sebagai varian rasanya. Adonan tersebut kemudian dipanggang di dalam oven. Salah satu pelopor pia tamiang yang ada di Medan adalah Gwe Yen Huat, yang merupakan seorang keturunan Tionghoa yang tinggal di Medan.

8. Roti Ganda

oleh oleh khas medan
info gambar

Selanjutnya, roti ganda adalah roti yang juga termasuk dalam oleh-oleh khas Medan yang istimewa. Makanan ini adalah roti yang kemudian dipotong menjadi dua bagian sebagaimana namanya. Roti ganda termasuk jenis roti yang sederhana dengan varian meses coklat dan selai saja. Meski begitu roti terasa fresh. Untuk membeli roti ini, pelanggan biasanya perlu memesan terlebih dahulu sehingga roti bisa dipersiapkan ketika hendak diambil oleh pembeli.

Baca juga: Serba-Serbi Makanan Etnis Tamil di Medan

9. Lapis Legit

oleh oleh khas medan
info gambar

Kue lapis adalah salah satu kue khas Indonesia yang sangat lezat dan merupakan salah satu kue yang diadopsi dari makanan Belanda yaitu spekkoek. Kue lapis sampai saat ini masih menjadi kue khas berbagai daerah terutama Medan yang mendapatkan banyak penggemar.

Bahan untuk membuat kue ini adalah mentega, margarin, gula halus, susu bubuk, tepung terigu, telur, dan lain sebagainya. Kue lapis legit ini juga bisa menjadi salah satu oleh-oleh khas Medan yang wajib untuk Kawan bawa pulang.

10. Kacang Sihobuk

oleh oleh khas medan
info gambar

Terakhir, jenis makanan khas Medan yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh adalah kacang sihobuk.

Kacang ini merupakan jenis kacang olahan yang direndam selama tiga sampai lima jam kemudian digoreng dengan menggunakan pasir. Tujuannya adalah agar cita rasa dari kacang ini masih kuat dan tidak hilang. Untuk mendapatkan kacang ini Kawan bisa langsung mendatangi gerai oleh-oleh yang ada di kota Medan atau beli di pasar tradisional.

11. Kain Ulos

oleh oleh khas medan
info gambar

Kain ulos adalah kain khas Medan yang kerap dijadikan oleh-oleh para wisatawan ketika berkunjung ke Medan. Kain ini berbentuk selendang panjang yang bisa dipakai di badan maupun diikatkan pada kepala. Oleh-oleh khas Medan ini biasanya memiliki warna dominan merah dengan kombinasi corak hitam dan putih.

Baca juga: Pemberian Ulos, Bentuk Kasih Sayang dan Rasa Hormat Keluarga Batak

12. Baju Rajut Motif Batak

oleh oleh khas medan
info gambar

Sebagai mayoritas suku di Medan, Batak juga memiliki oleh-oleh khas yang menarik untuk dibawa pulang oleh para wisatawan. Salah satunya adalah baju rajut motif Batak. Baju ini memiliki motif yang unik. Biasanya, baju rajut khas Batak ini dipakai sebagai hadiah pernikahan, aqiqah anak, dan kain untuk gendong bayi. Kain ini biasanya dijual di sekitar harga Rp200 sampai Rp300 ribuan.

13. Sarung Tenun Ikat Goyor

oleh oleh khas medan
info gambar

Selanjutnya, oleh-oleh khas Medan yang satu ini adalah termasuk dalam kerajinan tangan yang berbeda pada umumnya. Sarung ini dibuat dengan corak dan motif yang eksklusif. Selain itu metode pembuatan sarung ini juga masih sangat tradisional. Dengan menggunakan tangan manusia atau handmade.

14. Batik Khas Medan

oleh oleh khas medan
info gambar

Beberapa daerah di Indonesia memang memiliki masing-masing batik khasnya. Salah satunya adalah Medan. Batik khas Medan terinspirasi dari kebudayaan sekitar yang ada di Sumatera Utara. Beberapa corak batik khas Medan adalah kain ulos batik, motif hari hara sundung di langit, dan motif patunda.

15. Ukiran Rumah Adat

oleh oleh khas medan
info gambar

Oleh-oleh khas Medan yang terakhir adalah ukiran rumah adat. Oleh-oleh ini merupakan kerajinan tangan yang cocok dijadikan sebagai pajangan dan hiasan rumah. Ukiran rumah adat ini diukir dengan bahan dasar kayu. Jika Kawan adalah penyuka kerajinan tangan, maka ukiran rumah adat ini adalah salah satu oleh-oleh khas Medan yang wajib Kawan bawa pulang.

Baca juga: 6 Oleh-oleh Khas Pematang Siantar, Ada Roti Legendaris!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Farih Fanani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Farih Fanani.

MF
KO
RP
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini