Benteng Jepang Anoi Itam, Bukti Sejarah Perang Dunia II di Sabang Aceh

Benteng Jepang Anoi Itam, Bukti Sejarah Perang Dunia II di Sabang Aceh
info gambar utama

Benteng Jepang Anoi Itam Aceh merupakan salah satu wisata yang penuh akan sejarah dan pengetahuan mengenai Perang Dunia II yang wajib dikunjungi jika sedang berada di Sabang. Wisata Aceh satu ini terletak di Desa Ujong Kareung, Sukajaya, Sabang.

Benteng Jepang ini terletak di bagian timur Pulau Weh, Sabang yang berdampingan dengan Pantai Anoi Itam. Bahkan tempat bersejarah ini menjadi salah satu destinasi favorit bagi para wisatawan saat berkunjung ke Sabang, karena selain tahu mengenai sejarah benteng ini Kawan juga dapat menikmati keelokan pemandangannya yang memukau.

Baca juga: Fort Willem I; Benteng Belanda yang Kini Jadi LAPAS

Sejarah Benteng Jepang Anoi Itam

benteng jepang anoi hitam
info gambar

Benteng-benteng peninggalan serdadu Jepang ini dibangun antara tahun 1942 hingga 1945, yang dahulunya berguna untuk menyimpan berbagai jenis senjata para armada Jepang. Bukan hanya itu pada zamannya, benteng ini berguna sebagai pertahanan untuk memantau musuh pada Perang Dunia II.

Hal ini terlihat dari bangungan benteng yang berada di dalam tanah dengan menyisakan celah pada bagian atasnya berbentuk seperti tapal kuda yang berguna untuk membidik atau memantau musuh.

Saat mengunjungi wisata Aceh satu ini, Kawan akan menemukan terowongan yang sudah ditutup oleh pemerintah setempat untuk keamanan yang dahulunya fungsi terowongan tersebut adalah penghubung dengan benteng yang lain.

benteng jepang anoi hitam
info gambar

Nama Benteng Jepang Anoi Itam berasal karena letaknya yang berdampingan dengan pantai Anoi Itam. Perlu diketahui, bahwa benteng peninggalan Jepang juga dapat ditemukan di hampir setiap tempat di Sabang seperti Benteng di Sabang Fair, Pantai Sumur Tiga, Pantai Ujong Kareung, Pulau Rubiah dan lainnya sehingga tak heran jika Kota Sabang dijuluki sebagai ‘kota seribu benteng’.

Baca juga: Museum Aceh: Wisata Sejarah Etnografi Budaya dan Sejarah Aceh Era Hindia-Belanda

Keelokan Pemandangan di Benteng Jepang Anoi Itam

Tak hanya wisata sejarah saja, di Benteng Jepang Anoi Itam ini Kawan juga dapat menikmati keindahan alam Sabang yang sangat elok dan asri. Uniknya benteng ini terletak di kaki bukit dan dikelilingi anak tangga untuk menuju bagian atas benteng, karena benteng ini berguna sebagai bangunan pertahanan maka letaknya berada di atas perbukitan.

Kawan akan disuguhkan dengan keelokan alam berupa perbukitan yang penuh dengan pohon hijau dan rerumputan, tentu akan membuat siapa saja yang berkunjung merasa tenang dan damai akan keindahannya. Bahkan dari atas perbukitan Benteng Jepang Anoi Itam ini, para pengunjung juga dimanjakan dengan pemandangan laut yang biru dan bersih serta menyaksikan aktivitas nelayan.

Kawan juga akan menemukan benteng-benteng kecil di sekitar bukit, dengan ukuran kurang lebih 1,5 meter x 1,5 meter yang berada di bawah tanah. Benteng ini menghadap ke arah laut Selat Malaka dengan pemandangan yang sangat indah dan memukau.

Kegiatan Seru di Benteng Jepang Anoi Itam

benteng jepang anoi hitam
info gambar

Mengapa wisata Aceh satu ini menjadi tempat favorit untuk berlibur? Jawabannya karena selain tidak dipungut biaya masuk ke lokasi benteng ternyata banyak kegiatan seru yang dapat Kawan lakukan di tempat ini, apa saja kegiatannya? Berikut ulasannya:

  • Mengunjungi Pantai Anoi

Karena Benteng Jepang terletak di Pantai Anoi, maka Kawan bisa berwisata pantai seperti bermain ombak dan pasir setelah berwisata sejarah. Uniknya Pantai Anoi ini merupakan pantai dengan pasir hitam satu-satunya di wilayah Kota Sabang dengan keindahan alam yang elok.

  • Pohon Tongkat Komodo

Merupakan jenis Pohon Stigi yang cukup langka dan hanya ditemukan di kawasan sekitar Benteng Jepang. Lokasinya berada di ujung benteng, dan tidak boleh ditebang. Menurut masyarakat sekitar, pohon ini memiliki kekuatan magis dan dikenal sebagai Raja Kayu Bertuah.

  • Berburu Sunrise dan Sunset

Karena wisata Aceh satu ini berada di atas perbukitan dengan pemandangan lautan biru yang lepas, pemandangan sunrise dan sunset menjadi salah satu buruan para wisata untuk berkunjung ke Benteng Jepang ini. Keindahan warna langitnya menjadi salah satu daya tarik para wisatawan berkunjung ke sini.

Bagi Kawan yang akan berkunjung ke Benteng Jepang Anoi Itam Aceh ini, diharapkan untuk selalu menjaga kebersihan lokasi agar tempat ini selalu bersih dan terjaga dengan baik.

Baca juga: 5 Objek Wisata Seru di Aceh

Referensi:

Dishub.acehprov.go.id | andalastourism.com

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Deka Noverma lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Deka Noverma.

DN
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini