Menyaksikan Sensasi Biru Samudera Hindia dari Atas Puncak Gunung Geurutee Aceh

Menyaksikan Sensasi Biru Samudera Hindia dari Atas Puncak Gunung Geurutee Aceh
info gambar utama

Aceh menyimpan keelokan alam yang sangat memukau dan memanjakan mata, salah satunya Puncak Gunung Geurutee yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Aceh Jaya dan Aceh Besar tepatnya berada di Kecamatan Jaya, Aceh, Kabupaten Aceh Jaya.

Wisata Aceh satu ini merupakan lintasan jalan nasional menuju kawasan barat selatan Aceh. Karena keindahannya tempat ini dijadikanlah sebagai tempat wisata Aceh yang selalu ramai dikunjungi banyak wisatawan. Namanya sendiri diambil dari nama gunung yang sama yaitu Gunung Geurutee. Tempat ini sama indahnya dengan Pantan Terong yang ada di Takengon, Aceh.

Pemandangan Alam Mempesona di Puncak Gunung Geurutee Aceh

Keindahan Alam di Wisata Geurutee | carrierstory.com
info gambar

Tak diragukan lagi, keindahan alam di wisata Geurutee memang patut diacungkan jempol karena tempat ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Kawan akan menyaksikan hamparan lautan luas dengan air yang berwarna biru, serta gugusan pulau-pulau kecil yang tampak hijau dari kejauhan. Bukan hanya itu, Kawan juga akan dimanjakan dengan pemandangan pantai dengan pasir putih bersih yang mengelilingi pulau-pulau tersebut.

Beda lagi saat senja tiba, jika cuaca cerah maka dari Puncak Gunung Geurutee ini wisatawan akan disuguhi pemandangan matahari terbenam dengan gradasi warna langit yang sangat indah. Tak jarang, wisatawan yang hanya singgah pun berhenti sejenak untuk menikmati pemandangan yang elok di wisata Geurutee dan selalu mengabadikan momen terbaiknya di sini.

Baca juga: Wisata Pantai Lampuuk di Aceh: Hidden Gems yang Bangkit Pasca Tsunami

Keunikan Satwa di Puncak Gunung Geurutee Aceh

Kera di Warung Puncak Guerutee | tempatwisata.pro
info gambar

Tak hanya dimanjakan dengan pemandangannya yang ramah dan indah, Kawan juga akan menjumpai kera hitam di Puncak Gunung Geurutee. Kera ini hidup di pohon-pohon sekitar tempat wisata yang dikenal jinak, sehingga tidak mengganggu wisatawan yang datang. Biasanya mereka bergelantungan di pinggir jalan dan warung-warung untuk mendapatkan makanan yang diberikan oleh wisatawan.

Kehadiran monyet-monyet ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan, meski hidup di alam lepas dan liar para monyet ini sudah terbiasa berinteraksi dengan wisatawan yang berkunjung setiap hari. Jadi jangan takut untuk memberikan sedikit makanan kepada mereka.

Menikmati Udara Sejuk dan Nyaman Berwisata di Hutan Alam Gunung Geurutee Aceh

Kesejukan Udara dari Pohon-Pohon yang berjejer di Puncak Gunung Geurutee | Erik Mirsan/google.review
info gambar

Kesejukan udara dari pohon-pohon yang berjejer akan Kawan rasakan saat mulai melewati pegunungan Paro dan Kulu. Kesejukan udara ini akan dirasakan hingga saat berada di Puncak Gunung Geurutee, tentu akan membuat kita terasa nyaman dan segar saat menikmati keindahan alam di Aceh Jaya ini.

Perlu Kawan ketahui bahwa Geurutee ini menjadi bagian dari hutan Ulu Masen di pegunungan Paro dan Kulu, kedua gunung ini dinobatkan sebagai salah satu hutan dengan penyuplai oksigen pada dunia atau dikenal juga sebagai paru-paru dunia. Kebayang bukan, sungguh bersihnya udara di sini?

Gunung ini juga memiliki jurang yang sangat dalam, jurang ini juga langsung berbatasan dengan bibir pantai Samudera Hindia. Jadi, tidak perlu ke bawah untuk menikmati keindahan alam di wisata Geurutee. Wisatawan cukup berada di atas puncak saja, untuk menikmati semua keindahan alam di Aceh yang Tuhan berikan.

Baca juga: Benteng Jepang Anoi Itam, Bukti Sejarah Perang Dunia II di Sabang Aceh

Menikmati Kopi Aceh, Produk Andalan di Puncak Gunung Geurutee

Kopi Khop Khas Aceh di wisata Geurutee| Munir Assyam/google.review
info gambar

Kopi Aceh memang sudah dikenal dunia sebagai kopi terbaik, dan yang menjadi khas di sini adalah kopi tubruk yang disajikan dengan gelas terbalik. Kopi ini biasa disebut juga oleh masyarakat sekitar dengan nama Kopi Khop atau kopi telungkup, cara menikmatinya juga cukup unik yaitu menggunakan sedotan yang diselipkan pada bibir gelas lalu diseruput sedikit demi sedikit. Atau bisa juga diseruput dari piring tatakan gelas, yang airnya sudah keluar sedikit demi sedikit.

Kopi Aceh ini bisa Kawan nikmati di warung-warung yang berjejer di area wisata Geurutee. Selain kopi, menyantap mie instan juga bisa di sini sebagai teman minum kopi yang nikmat di hamparan laut yang berhadapan dengan Samudera Hindia ini.

Baca juga: Pulau Rubiah Aceh, Surga Bawah Laut dan Pusat Karantina Haji Pertama Era Kolonial

Referensi:

djkn.kemenkeu.go.id | ksmtour.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Deka Noverma lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Deka Noverma.

DN
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini