5 Bajak Laut Terkenal yang Menginspirasi Film Bajak Laut, Siapa saja?

5 Bajak Laut Terkenal yang Menginspirasi Film Bajak Laut, Siapa saja?
info gambar utama

Siapa nih yang menyukai film bertema bajak laut? Mungkin, ketika kita mendengar film bajak laut, maka kita langsung mengacu pada film Pirates of the Caribbean. Diketahui, film tersebut juga terinspirasi dari karakter bajak laut di dunia nyata, loh.

Diketahui, sejarah perompakan atau bajak laut muncul pada abad ke-16 dan ke-17. Zaman tersebut dianggap sebagai 'Zaman Keemasan Pembajakan'. Ditambah lagi dengan kemunculan alat navigasi sehingga banyak kapal yang dirampok oleh bajak laut. Dari hal tersebut, banyak muncul tokoh bajak laut terkenal sepanjang sejarah.

Raden Topo Wresniwiro, Aktor Keturunan Indonesia di Film Doctor Strange

1. Edward Teach

Foto blackbeard
info gambar

Dilansir dari historyhit.com, Edward Teach lahir di kota pelabuhan Inggris Bristol sekitar tahun 1680. Ia lebih dikenal dengan sebutan Blackbeard atau Janggut Hitam. Debutnya sebagai bajak laut memang belum pasti waktunya. Namun, kemungkinan besar dia berkarier sebagai pelaut pada abad ke-18.

Saat itu, dia merupakan pelaut di kapal privat selama Perang Suksesi Spanyol. Lalu, ketika Inggris banyak mendirikan koloni perdagangan di luar negeri, banyak kapal swasta asal Inggris yang menerima lisensi dari monarki Inggris.

Lisensi tersebut mengizinkan kapal Inggris untuk menjarah kapal milik negara saingan. Saat itulah, Edward Teach mulai banyak mengambil alih kapal lain. Pada 1717, Teach mengambil alih kapal budak Perancis dan menamainya dengan Queen Anne's Revenge yang dilengkapi dengan 40 senjata.

Ia dikenal cukup kejam. Selama pertarungan, Teach selalu memasukkan bubuk mesiu ke rambutnya yang panjang agar lebih menakutkan. Sifatnya yang kejam membuat ia tenar setara dengan bajak laut Bernjamin Hornigold, mentornya sendiri.

Secara fisik, dia adalah seorang pria raksasa dengan janggut gelap kehitaman menutupi separuh wajahnya. Dia selalu mengenakan mantel merah besar untuk membuatnya terlihat besar. Ia membawa dua pedang di pinggangnya dan bandoleer penuh dengan pistol serta pisau.

Ia tercatat telah mengambil alih lebih dari 45 kapal selama menjadi bajak laut. Pada 22 November 1718, Teach meninggal dunia dalam pertarungan pedang dengan marinir kerajaan. Kepalanya dipenggal dan dibawa ke Gubernur Virginia. Diketahui, Edward Teach menjadi inspirasi dari karakter pada serial anime One Piece, yakni Marshall D. Teach.

2. William Kidd

William Kidd
info gambar

William Kidd terkenal dengan sebutan Captain Kidd. Dia adalah bajak laut keras berdarah dingin. Kidd lahir di Skotlandia pada 1645. Perjalanan kariernya hampir sama dengan Blackbeard.

Mulanya, Kidd adalah privateer yang ditugaskan oleh Inggris untuk mempertahankan jalur perdagangan antara Amerika dengan Hindia Barat. Ia juga suka berburu bajak laut lainnya di Samudera Hindia.

Selama bertugas, ia tergoda dengan hasil rampokan yang terlalu besar. Alhasil, ia beserta krunya menjadi bajak laut pada 1698. Salah satu perampokan terkenal oleh Kidd adalah perompakan Queda.

Kapal Queda adalah kapal kargo besar yang membawa barang dagangan senilai 70 ribu Poundsterling. Kariernya sebagai bajak laut terbilang singkat. Pada 7 Juli 1699 di Boston, pihak Inggris menangkap Kidd di Boston. Ia dikirim kembali ke Inggris pada 1700.

Setahun kemudian, Kidd dihukum gantung pada 23 Mei 1701. Mayatnya ditempatkan di tiang gantung, tepatnya di muara Sungai Thames. Mayat Kidd dibiarkan busuk di tempat tersebut.

Yuk! Tambah Pengetahuan dengan Baca 4 Buku Fiksi Sejarah Indonesia

3. Benjamin Hornigold

Benjamin Hornigold dikenal karena merupakan mentor Edward Teach. Meskipun begitu, banyak warga Inggris yang mengenalinya sebagai kapten bajak laut terkenal di Bahama pada abad ke-18.

Ia merupakan bajak laut paling berpengaruh di New Providence Island. Bahkan, Hornigold menguasai pelabuhan Nassau. Kariernya sebagai bajak laut cukup gemilang karena ia merupakan pendiri koalisi bajak laut.

Pada awalnya, Hornigold memulai profesi bajak lautnya pada 1713 dengan usianya yang menyentuh 33 tahun. Pada 1717, Hornigold menjadi kapten dari kapal yang memiliki senjata paling berat di Bahama. Pada tahun yang sama, Edward Teach dipilih sebagai wakil kapal tersebut.

Tidak seperti bajak laut lain yang terkenal dengan karakter ganas, Hornigold digambarkan sebagai kapten yang baik hati. Ia juga sering berempati terhadap tahanan.

Pada 1718, ia menerima amnesti (pengampunan) dari Raja atas kejahatannya sebagai bajak laut.

4. Jack Ward

Bajak Laut Muslim
info gambar

Buat Kawan yang menyukai karakter Jack Sparrow pada film Pirates of Caribbean, Jack Ward adalah sumber inspirasinya. Jack lahir pada 1553. Sebelum debut sebagai bajak laut, Jack Ward adalah seorang nelayan hingga pada 1558.

Pada tahun yang sama, Spanyol menginvasi Inggris, tetapi gagal. Alhasil, ia ditugaskan untuk menjarah kapal Spanyol yang tersertifikasi.

5. Samuel Bellamy

Samuel Bellamy
info gambar

Samuel Bellamy biasa disebut dengan Black Sam. Ia adalah bajak laut yang berasal dari Inggris. Lahir di Devon pada 1689, pada sejarahnya sebagai bajak laut, Bellamy pernah menangkap 53 kapal, termasuk kapal Whydah Gally.

Kapal itu merupakan kapal peninggalan Inggris pada 1716 dengan membawa 312 budak dari pantai barat Afrika menuju Jamaika. Diketahui, kapal tersebut membawa emas, perak, dan barang berharga lainnya.

Ternyata Hobbit Bukan Hanya Karakter Fiksi, Berasal Dari Indonesia

Saat merebut kapal tersebut, Bellamy hanya membawa barang berharga. Diketahui, julukan Black Sam muncul karena Bellamy selalu mengenakan wig hitam yang diikat ke belakang dengan pita hitam.

Secara watak, Bellamy dikenal sebagai orang yang demokratis dan empati terhadap tawanan serta budak. Ia meninggal bersama kapal andalannya, Whydah Gally pada 1717 karena badai. Selama hidupnya, Bellamy merupakan bajak laut paling kaya sepanjang sejarah dan memiliki julukan lain, yaitu Prince of Pirates.

Namanya sendiri menjadi inspirasi dari karakter One Piece, yakni Bellamy.

Referensi: dunia.idntimes.com| historyhit.com | kompas.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini