Mantap! F1 Powerboat Akan Ada Terus di Danau Toba hingga 2027

Mantap! F1 Powerboat Akan Ada Terus di Danau Toba hingga 2027
info gambar utama

Indonesia mendapat kepercayaan untuk terus menjadi tuan rumah F1 Powerboat. Dengan demikian, Ajang tersebut akan ada terus di Danau Toba hingga tahun 2027 mendatang.

Formula One Powerboat World Championship atau yang kerap disebut F1 Powerboat untuk yang pertama kalinya akan dilaksanakan di Danau Toba, Sumatera Utara pada tahun 2023 ini. Adapun jadwal pelaksanannya adalah pada tangga pada 24 hingga 26 Februari mendatang.

Indonesia benar-benar beruntung. Sebab, meski balapan edisi perdana digelar, Indonesia malah dipercaya untuk terus menjadi tuan rumah dan menggelar balapan di Danau Toba hingga tahun 2027 mendatang.

"Jadi tempatnya tidak berubah-ubah. Tetap di lokasi yang sama," ujar Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali seperti dilansir Antara.

Kendati jelas tidak sepopuler ajang balapan lain seperti F1 dan MotGP, F1 Powerboat tetaplah ajang prestisius. Amali menjelaskan bahwa ajang tersebut merupakan kelas tertinggi dalam perlombaan Powerboat yang diselenggarakan oleh Union Internationale Motonautique (UIM).

Maka dari itu, Kawan GNFI yang berminat menonton F1 Powerboat secara langsung namun belum bisa datang ke Danau Toba pada tanggal 24 hingga 26 Februari tidak perlu risau. Masih ada kesempatan hingga tahun 2027 untuk hadir.

Digelarnya F1 Powerboat pun diharapkan bisa berdampak positif bagi masyarakat, salah satunya berupa semakin berputarnya roda ekonomi di wilayah sekitar Danau Toba.

"Upaya mendorong pemulihan dan pertumbuhan ekonomi ini salah satunya melalui kegiatan pariwisata dan event olahraga. Penyelenggaraan event olahraga di daerah wisata diharapkan akan lebih meningkatkan gerak laju ekonomi masyarakat,” lanjut Amali.

Sport Tourism, Target Baru Pariwisata Indonesia

Persiapan Matang

Indonesia tampak tak mau main-main dalam mempersiapkan diri untuk menggelar F1 Powerboat. Sejumlah persiapan telah dilakukan.

Di bidang infrastruktur telekomunikasi, Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika bakal menyiapkan perangkat agar para awak media bisa bekerja dengan nyaman.

“Kita mendapatkan pujian karena kapasitas internetnya 5G (pada MotoGP Mandalika 2022), sehingga mereka cepat sekali media-media terutama dalam mengirimkan gambar-gambar ke negara masing-masing,” kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen IKP Kominfo), Usman Kansong.

Selain itu, Pemerintah juga ingin memaksimalkan publikasi. Akan ada pula fasilitas pendukung bagi awak media untuk memudahkan peliputan.

PLN pun bekerja memastikan pasokan listrik di lokasi berjalan lancar selama ajang berlangsung. Infrastuktur pendukung tak lupa disediakan.

"PLN sedang mempersiapkan infrastruktur ketenagalistrikan di Kabupaten Toba tempat pelaksanaan kejuaraan balap perahu super cepat. Saat ini Kawasan Balige di-'supply' infrastruktur ketenagalistrikan andal dan tambahan infrastruktur ditargetkan rampung pada 17 Februari 2023," kata General Manager Unit Induk Distribusi Sumatera Utara Tonny Bellamy.

Asia Pacific Rally Championship: Jagoan Reli Se-Asia Pasifik Akan Ngegas di Danau Toba





Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini