Selain Papeda, Papua punya Keladi Tumbuk sebagai Makanan Pokok

Selain Papeda, Papua punya Keladi Tumbuk sebagai Makanan Pokok
info gambar utama

Papeda adalah salah satu makanan khas Papua yang sangat otentik. Bila ingat kuliner Papua, tentunya juga tidak bisa dilepaskan dengan adanya papeda sebagai sumber makanan pokok.

Hal ini karena tanaman sagu sangatlah melimpah di Tanah Papua. Olahan sagu ini juga sudah sangat melekat dalam kehidupan masyarakat lokal di daerah ini. Bahkan, sagu dianggap sebagai "penjelmaan manusia".

Tetapi, tahukah bila di daerah Papua memiliki makanan pokok khas selain Papeda? Ada sebuah olahan makanan yang bernama keladi tumbuk yang kerap disantap sebagai makanan sumber karbohidrat.

Daftar Lengkap Makanan Khas Papua dan Jajanan Oleh-Oleh (6 Provinsi)

Berasal dari tanaman keladi

Sebenarnya Papua juga memiliki berbagai kuliner lokal yang tidak kalah lezat untuk dicicipi. Hanya saja, memang masih belum seterkenal makanan di daerah lain. Kekayaan kuliner dari tanah Papua juga punya rasa khas yang lezat untuk dicicipi.

Sesuai dengan namanya, keladi tumbuk berasal dari tanaman keladi atau talas. Tumbuhan yang tergolong sebagai umbi-umbian yang satu ini tumbuh subur di Papua, khususnya di daerah dataran tinggi dan tentunya punya kandungan karbohidrat yang tinggi.

Sejak dulu, keladi jadi umbi-umbian pilihan orang-orang Papua untuk mengisi perut dengan dibakar atau dikukus.

Bersumber dari Ensiklopedi Kuliner Dapur Rakyat LIPI, pada dulunya keladi tumbuk kerap dijadikan sebagai makanan yang disantap ketika malam hari. Tetapi, seiring berjalannya waktu, keladi tumbuk ini juga dijadikan sebagai makanan yang bisa disantap pada kapan saja.

Selain itu, keladi tumbuk juga menjadi salah satu makanan yang kerap dijual di beberapa daerah di Papua.

Cara pembuatan dari keladi tumbuk ini juga tergolong sederhana. Tentunya, keladi harus dikupas terlebih dahulu dan dicuci hingga bersih. Kemudian rebus keladi tersebut sekitar 40 menit hingga lembut.

Setelah matang, keladi ini ditumbuk sampai hancur untuk kemudian dicampurkan dengan bahan-bahan seperti kelapa parut yang telah dikukus serta garam. Ada pula yang menambahkan gula serta margarin untuk membuatnya punya rasa tersendiri.

Bila sudah, keladi ini dibentuk sesuai dengan keinginan. Biasanya keladi tumbuk ini berbentuk balok atau bulat. Kemudian, keladi tumbuk ini siap untuk disantap.

Biasanya, keladi tumbuk ini disantap bersamaan dengan sayur kangkung bunga pepaya serta olahan ikan, entah itu ikan goreng, bakar, suwir, bahkan rica-rica. Tak lupa, sambal khas Papua juga turut melengkapi hidangan.

Ketika disantap, keladi tumbuk ini punya tekstur lembut dengan rasa yang gurih. Menyantap keladinya saja juga sudah enak, terlebih lagi bila ditemani dengan lauk pauk khas Papua. Pada acara-acara besar, keladi tumbuk juga hadir sebagai hidangan.

Tertarikkah untuk menyantap keladi tumbuk ini?

Papua Kini Miliki 4 Provinsi Baru, Jumlah Provinsi di Indonesia Bertambah Menjadi 38

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini