Terakhir Terlihat 1980, Dua Gajah Sumatra Kembali Muncul Di Hutan Sumbar

Terakhir Terlihat 1980, Dua Gajah Sumatra Kembali Muncul Di Hutan Sumbar
info gambar utama

Dua ekor gajah kembali terlihat di kawasan hutan Sumatra Barat, tepatnya di daerah Kabupaten Sijunjung.

Terakhir, gajah ini terlihat muncul di area hutan Kabupaten Solok, Sumatra Barat pada tahun 1980. Setelahnya, keberadaan gajah ini pun tak terlihat lagi selama beberapa dekade lamanya.

Menurut Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), kemunculan gajah sumatra setelah 43 tahun ini adalah sebuah peristiwa yang langka.

"Memang betul. Kita mendapat laporan ada dua ekor gajah Sumatera yang muncul dan terlihat," ujar, Ardi Andono selaku Kepala BKSDA Sumbar sebagaimana dikutip dari detikSumut, Rabu (15/2/2023).

Ardi menyebutkan kalau kemunculan dua ekor gajah tersebut ada di Nagari Durian Gadang yang berasal di Kabupaten Sijunjung. Yang mana, lokasi gajah tersebut termasuk ke dalam kawasan Geopark Silokek.

Kedua ekor gajah tersebut muncul secara bersamaan ketika jam 6 pagi dengan jenis kelamin jantan. Yang mana, biasanya kemunculan gajah sumatra ini biasanya secara kelompok dengan jumlah minimal sepasang gajah yang terdiri atas satu gajah jantan dominan.

Lebih lanjut, dilansir dari kompas.id, ia menyebutkan bila sebenarnya bukanlah hal yang mengherankan kalau gajah ini muncul. Alasannya karena Sumatra Barat termasuk area lintasan gajah tersebut. Rutenya dari Bungo (Jambi), Dharmasraya (Sumbar), Sijunjung, lalu ke Riau.

Kemungkinan, gajah ini berasal dari koridor Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) yang termasuk ke daerah Bungo, Jambi. Sebelumnya gajah sumatra juga terlihat di perbatasan Jambi-Dharmasraya pada 2014 silam dengan kemungkinan asal koridor yang sama.

Tetapi yang membuatnya menjadi unik adalah karena waktu kemunculannya yang sudah sekian lama tidak terlihat di Sumbar.

Gajah Sumatera, Kenali Habitat, Ciri-ciri, dan Populasinya di Indonesia

Mengenal gajah sumatra

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki spesies gajah endemik, salah satunya adalah gajah sumatra. Sesuai dengan namanya, gajah sumatra hanya bisa ditemui di Pulau Sumatea.

Gajah ini punya postur tubuh yang tergolong lebih kecil bila dibandingkan dengan subspesies gajah india. Tetapi, gajah ini punya tubuh yang lebih besar dari gajah pada umumnya. Bahkan, gajah ini menjadi salah satu mamalia terbesar di Indonesia.

Gajah sumatra adalah hewan yang tergolong sebagai spesies terancam punah. Dari tahun ke tahun, hewan ini populasinya semakin menurun. Penyebabnya adalah karena perburuan liar yang tidak terkontrol dari masyarakat dan habitatnya yang semakin berkurang seiring dibukanya lahan perkebunan secara besar-besaran.

Harmoni Manusia dan Gajah yang Hidup Berdampingan Sejak Zaman Megalitikum

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini