7 Destinasi Wisata Alam di Sumatera Utara

7 Destinasi Wisata Alam di Sumatera Utara
info gambar utama

Indahnya alam Indonesia memang patut di acungi jempol. Ada banyak destinasi wisata yang bisa kawan kunjungi untuk melepas penat atau sekadar mencari hiburan. Salah satu provinsi di Indonesia yang menawarkan banyak destinasi wisata adalah Sumatera Utara. Ber-ibukota-kan Kota Medan, provinsi dengan luas wilayah 72.981,23 km2 ini menyimpan begitu banyak tempat yang rasanya sayang untuk tidak dikunjungi.

Ada setidaknya 7 destinasi wisata alam yang Kawan GNFI bisa pertimbangkan untuk jadi tujuan liburan. Apa sajakah itu? Yuk, intip pembahasan berikut!

Menyantap Cacing Laut, Kuliner Wisata Nan Unik di Raja Ampat

1. Panatapan Parapat

Parapat | Foto: tripelaketoba
info gambar

Kawan pasti sudah tidak asing lagi dengan Danau Toba. Danau yang menjadi ikon Sumatera Utara ini menawarkan pemandangan yang luar biasa indah di tambah keadaan sekitar yang masih asri dan sejuk, membuat betah berlama-lama di sana. Saking luasnya Danau Toba, ada banyak tempat yang bisa Kawan kunjungi untuk melihat danau ini. Sebut saja Parapat, Balige, Kabupaten Humbang Hasundutan dan lain sebagainya.

Namun, salah satu tempat yang paling sering dikunjungi adalah Parapat. Kawan GNFI dapat menikmati pemandangan Danau Toba sembari minum secangkir kopi atau the manis panas di kedai-kedai pinggir jalan.

2. Bukit Indah Simarjarunjung

Bukit Indah Simarjarunjung | Foto: web Aulia Travel
info gambar

Kawan GNFI yang suka foto wajib banget berkunjung ke sini. Ada banyak spot foto berlatar Danau Toba yang instagramable yang bisa buat foto Kawan GNFI semakin kece.

3. Paropo

Paropo | Foto: blog Agnesia Rezita
info gambar

Desa yang terletak di Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi ini juga patut masuk list perjalanan Kawan GNFI. Lokasinya yang terletak di pinggir Danau Toba dan di kelilingi oleh perbukitan membuat Desa Paropo cocok dijadikan tempat camping. Harga tiket masuk kawan GNFI hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp10 ribu saat weekday dan Rp15 ribu saat weekend.

Bukan Hanya Sego Tempong, Yuk Mengintip Wisata Kuliner Tersembunyi Kota Gandrung

4. Bukit Holbung

Bukit Holbung | Foto: googlemaps / Andr Tv
info gambar

Berbeda dengan tempat yang disebutkan sebelumnya, Bukit Holung menawarkan pengalaman yang berbeda dengan menikmati pemandangan Danau Toba dari atas bukit. Lelah mendaki bukit dan cucuran keringat akibat panasnya matahari akan benar-benar terbayarkan dengan suguhan pemandangan Danau Toba yang luar biasa.

5. Bukit Sibea-bea

Bukit Sibea-bea | Foto: web Indonesia.go.id
info gambar

Terletak di Harian Boho, Kabupaten Samosir, Bukit Sibea-bea merupakan salah satu wisata religi yang bisa Kawan GNFI kunjungi. Hal yang paling menarik dari destinasi wisata ini adalah jalannya yang berkelok-kelok dan patung Tuhan Yesus di puncak bukit. Jalanan yang berkelok-kelok tersebut menghadap langsung kearah Danau Toba sehingga kawan dapat menikmati pemandangan danau sepanjang perjalanan.

Di samping keindahan yang ditawarkan, Kawan GNFI harus tetap berhati-hati karena meski jalanannya sudah di aspal dengan halus, strukturnya cukup curam.

6. Tomok

Rumah Adat Batak di Desa Tomok | Foto: instagram (@meri_hutapea)
info gambar

Selain wisata alam, Sumatera Utara juga kaya dengan wisata tradisional. Kawan GNFI yang tertarik dengan Suku Batak, bisa berkunjung ke Desa Tomok yang terletak di Pulau Samosir. Kawan bisa belajar mengenal lebih jauh Suku Batak Toba karena di Desa Tomok kawan-kawan akan diperkenalkan dengan rumah adat, pemakaman kuno raja-raja Batak, tarian tor-tor, dan patung sigale-gale.

8 Oleh-Oleh Khas Sragen Favorit Wisatawan: Andalan Wisata Kuliner Daerahnya!

7. Sapo Juma Tongging

Sapo Juma Tongging | Foto: merdeka.com
info gambar

Kawan GNFI yang pecinta bunga pasti senang datang ke sini. Tak perlu jauh-jauh pergi ke Eropa karena di Sumatera Utara kawan bisa berfoto dan berselfie ria dengan teman-teman dan keluarga dengan latar bunga yang berwarna-warni. Kawan bahkan dapat melihat bunga-bunga tersebut dalam jarak dekat karena pihak pengelola menyediakan jalan setapak yang memudahkan akses mendekat pada bunga.

Itulah 7 wisata alam di Sumatera Utara yang bisa Kawan GNFI kunjungi. Jadi, wisata mana yang sudah masuk list perjalananmu?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

MN
GI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini