3 Rekomendasi Taman Gratis dan Indah di Jakarta

3 Rekomendasi Taman Gratis dan Indah di Jakarta
info gambar utama

Untuk liburan atau sekadar penghilang penat, tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Salah satunya dengan pergi ke salah satu taman gratis. Jakarta menyediakan banyak taman gratis yang indah serta mampu menghilangkan penat.

Berikut tiga taman gratis dan indah di Jakarta yang bisa diakses dengan transportasi umum seperti KRL, MRT, dan Transjakarta.

Tebet Eco Park

Infinity Bridge Line | Foto: @kotajakartaselatan
info gambar

Siapa yang tidak tahu Tebet Eco Park? Taman ini terkenal dengan Infinity Link Bridge berwarna merah-oranye yang melengkung indah di tengah taman. Infinity Link Bridge adalah jembatan yang menghubungkan area taman selatan dan area taman utara.

Jika Kawan mengunjungi taman di malam hari, jembatan ini akan menyala dengan sangat indah. Dengan luas 7,3 hektar, taman ini memiliki delapan zona, seperti Plaza, Wetland Boardwalk, Community Garden, Forest Buffer, Playground, Thematic Garden, dan Community Lawn.

Kawan GNFI bisa piknik dan belajar berkebun dan bercocok tanam di zona Community Lawn. Selain itu, Kawan juga bisa berolahraga seperti jogging, yoga, bahkan fitnes sambil menikmati udara segar dan sensasi sejuk dikelilingi pepohonan dan tanaman asri yang ada di Thematic Garden disana. Atau sekadar berjalan di sepanjang Wetland Boradwalk yang menyajikan keindahan rawa dan ilalang.

Jangan takut! Taman ini memiliki fasilitas yang memadai seperti musholla, toilet, area parkir, alat fitnes, dan warung jajan. Untuk memasuki taman ini, Kawan bisa melakukan reservasi di aplikasi JAKI yang tersedia di app store. Tebet Eco Park beroperasi Senin–Minggu, mulai pukul 06:00–20:00 WIB.

6 Tempat Buka Puasa di Jakarta Barat yang Menyenangkan Bareng Teman-Teman

Untuk menuju taman ini, Kawan GNFI bisa menggunakan transportasi umum seperti KRL, MRT, dan Transjakarta dan dilanjutkan dengan menggunakan transportasi seperti angkot.

Hutan Kota GBK

Hutan Kota GBK | Foto: @frhoney
info gambar

Hutan Kota GBK yang sedang hits saat ini merupakan ruang terbuka hijau di pusat kota Jakarta. Hutan Kota GBK juga dikenal sebagai oasis di antara gedung pencakar langit di sekitarnya. Hamparan rerumputan yang luas di lahan yang agak menurun membuat taman ini menjadi taman terbaik untuk piknik.

Jika ingin piknik di sini, Kawan bisa membawa alas duduk dan bekal makanan untuk mengganjal perut. Berbincang gembira dan menghirup udara segar di pusat kota sambil memandangi gedung-gedung tinggi menimbulkan kesan tersendiri. Piknik di taman ini, seperti piknik perkotaan di Central Park, New York. Selain itu, Kawan juga bisa berolahraga dan bersepeda di sini.

Fasilitas yang disediakan taman ini antara lain mushola, toilet, dan food court. Kawan GNFI bisa menggunakan transportasi umum seperti Transjakarta dan MRT untuk datang ke taman ini.

Hutan Kota GBK dibuka setiap hari Selasa hingga Minggu dan dibagi menjadi 2 sesi, yaitu:

Sesi pertama: 06.00–10.00 WIB

Sesi kedua: 15.00–18.00 WIB

Ikon Baru Jakarta: Telusuri Skywalk Kebayoran Lama

Lapangan Banteng

Lapangan Banteng | Foto: infini 360
info gambar

Lapangan yang dibangun pada masa pemerintahan Belanda ini merupakan salah satu taman kota terbesar di Jakarta. Lapangan Banteng memiliki desain taman unik yang terlihat unik dan modern. Menjadi salah satu taman kota yang terkenal, Lapangan Banteng menjadi tempat wisata bagi warga Jakarta maupun orang luar.

Kawan bisa berolahraga, piknik, bermain game, hunting foto, dan sekedar bersantai di sini. Lapangan banteng terkenal dengan pertunjukan air mancurnya yang diadakan pada malam hari, terutama pada hari Sabtu dan Minggu. Ada amfiteater yang mengarah ke air mancur yang terletak di tengah Lapangan Banteng. Selain itu, Kawan GNFI juga bisa mempelajari sejarah Indonesia, salah satunya teks proklamasi, melalui tulisan di dinding kutipan.

Fasilitas yang disediakan Lapangan Banteng antara lain mushola, toilet, taman bermain, area parkir sepeda motor, dan amfiteater. Taman ini buka dari Senin hingga Minggu mulai pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB. Kawan bisa menggunakan transportasi umum seperti KRL dan Transjakarta untuk berkunjung ke taman ini.

Jangan lupa untuk menyaksikan pertunjukan air mancur pada hari Minggu dan Senin malam!

Itulah rekomendasi taman gratis dan indah di Jakarta yang bisa Kawan kunjungi untuk bersantai. Mana di antara taman tersebut yang bikin Kawan tertarik?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini