Ikon Baru Jakarta: Telusuri Skywalk Kebayoran Lama

Ikon Baru Jakarta: Telusuri Skywalk Kebayoran Lama
info gambar utama

Pada 27 Januari 2023, Skywalk Kebayoran Lama Jakarta Selatan telah diresmikan dan dibuka untuk masyarakat umum. Peresmian ini telah dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta.

Untuk menjamin keamanan, skywalk ini telah diuji coba pada bulan Januari 2023. Pembangunan skywalk ini menempuh waktu sekitar 2 bulan, yaitu dari Maret 2022 hingga November 2022. Skywalk di Kebayoran Lama menjadi skywalk terpanjang di Jakarta yang panjangnya sekitar 450 meter.

Meskipun begitu, skywalk ini sempat menimbulkan polemik di masyarakat umum. Masyarakat banyak yang tidak setuju dengan pembayaran Rp3.500 untuk menyebrang dengan skywalk ini.

"Memang sebenarnya skywalk dan JPO (Jembatan Penyebrangan Orang) berbeda fungsi," kata Kadis Bina Marga Hari Nugroho. "Kalau skywalk untuk digratiskan itu harus dikaji terlebih dulu sistem ticketing-nya antara Transjakarta dan KCI," lanjutnya.

Masjid Agung As-Salam, Tempat Ibadah Ikon Kota Lubuk Linggau
Skywalk Kebayoran Lama
info gambar

Adapun tambahan informasi untuk Kawan yaitu akronim dari Transjakarta (Transportasi Jakarta) dan KCI (Kereta Commuter Indonesia). Skywalk ini memang untuk menghubungkan halte Transjakarta Pasar Kebayoran Lama Koridor 8 (delapan), halte Transjakarta Velbak Koridor 13 serta Stasiun Kereta Rel Listrik Kebayoran.

Mekanisme lengkap dari penggunaan skywalk ini, yaitu setiap masyarakat yang ingin menggunakan angkutan umum harus melakukan pembayaran dengan tap in-tap out. Biaya tiketnya sebesar Rp3.500.

Keberadaan ini memudahkan untuk para penumpang angkutan umum karena meningkatkan keefisienan dan dapat meningkatkan banyak orang untuk menggunakan jasa transportasi umum di Jakarta.

Balik pada kontra terhadap akses skywalk Kebayoran Lama yang berbayar, kabar terbaru bahwa skywalk ini digratiskan dengan mekanisme tertentu. Pada skywalk akan diberikan pemisah yang masih bersifat sementara dengan tujuan untuk memisahkan masyarakat yang hanya menyebrang dengan masyarakat yang akan menggunakan kendaraan umum.

"Benar, Skywalk Kebayoran Lama gratis dengan mekanisme yaitu dibuat pemisah sementara, lalu yang akan ke Halte Kebayoran Lama (Koridor 8) dan Halte Velbak (Koridor 13) akan tap in di area tersebut," ujar Anang Noor selaku Kepala Divisi Sekretaris Transjakarta.

Mengenal Tugu Keris Siginjai, Objek Wisata dan Ikon Kota Jambi

Pemisah yang diberikan nantinya akan dipermanenkan sehingga masyarakat umum dapat menyebrang dengan skywalk ini secara gratis.

Bukan hanya itu, polemik lainnya dari skywalk ini adalah kurangnya koordinasi dari penjaga tap in- tap out yang mana para penumpang KRL juga harus melakukan tap in sehingga bayar dua kali. Seharusnya tap in dilakukan untuk penumpang Transjakarta.

Kejadian ini telah dilaporkan pada Direktur Operasional PT Transjakarta supaya adanya evaluasi dan bahasan lanjutan mengenai masalah ini. Para petugas penjaga tap in untuk terlebih dahulu menanyakan kepada masyarakat trasnportasi umum yang akan digunakan.

Jika ingin menggunakan KRL, maka petugas tersebut melakukan tap in dengan kartu petugas penjaga tersebut yang telah dirancang khusus tanpa memotong biaya. Sedangkan, penumpang transjakarta harus melakukan tap in pada halte awal dan tap out pada halte tujuan.

Skywalk ini dilengkapi 13 (tiga belas) kamera pengawas dengan tujuan memberikan rasa aman untuk para penggunanya. Kejahatan di tempat umum kerap terjadi yang dapat menurunkan daya tarik orang untuk menggunakan prasarana ini.

Mengenal Simpang Lima, Ikon Kebanggaan Kota Semarang

Selain itu, terdapat dua eskalator dan tiga lift yang dapat mempercepat penumpang dalam menggunakan kendaraan umum. Eskalator tersebut tepatnya berada di dekat Apartemen Pakubuwono dan dekat halte Transjakarta Kebayoran Lama. Skywalk ini tetap terlihat cantik pada malam hari dengan adanya hiasan lampu RGB.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

EM
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini