Gunung Sumbing dan 5 Objek Wisata Terbaik untuk Healing

Gunung Sumbing dan 5 Objek Wisata Terbaik untuk Healing
info gambar utama

Gunung Sumbing merupakan gunung api aktif yang ada di Jawa Tengah. Tepatnya Gunung Sumbing terletak di Kecamatan Kalikajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Gunung ini dianggap sebagai kembaran Gunung Sindoro karena tinggi keduanya sejajar. Karenanya banyak yang menyebutnya dengan Gunung Sindoro Sumbing.

Gunung Sumbing memiliki ketinggian mencapai 3.371 mdpl yang membuatnya menjadi gunung tertinggi kedua di Jawa Tengah setelah Gunung Slamet.

Ada dua jenis puncak yang dimiliki gunung ini, yaitu Puncak Sejati dan Puncak Selo Konten. Pada musim tertentu, gunung ini sering dikunjungi oleh para pendaki.

Asal Nama Kenapa Disebut Gunung Sumbing?

Asal Nama Gunung Sumbing
info gambar

Nama Gunung Sumbing konon diadopsi dari legenda sepasang anak kembar yang terkenal di kalangan masyarakat sekitar Wonosobo, Magelang dan Temanggung. Sepasang anak kembar tersebut sering bertengkar sehingga membuat ayah mereka gusar. Akibatnya, sang ayah pun memukul salah satu anak kembar itu dan membuat bibirnya sumbing. Anak tersebut pun kemudian dipanggil Si Sumbing sedangkan saudara kembarnya dipanggil Si Ndoro.

Dari legenda tersebutlah maka kedua gunung kembar itu disebut juga dengan Gunung Sindoro Sumbing.

Baca juga: Gunung Andong di Magelang, Indah dan Berbalut Misteri

Punya Lima Jalur Pendakian

Jalur Pendakian Gunung Sumbing
info gambar

Gunung ini seringkali didatangi pendaki di musim-musim tertentu. Gunung Sumbing sendiri punya lima jalur pendakian yang bisa dipilih para pendaki, yakni: jalur via Desa Garung, via Cepit Parakan, via Bowongso, via Mangli Kaliangkrik, dan via Dusun Butuh.

Di antara kelimanya, jalur via Desa Garung adalah yang paling populer. Jalur ini mudah diakses, sehingga banyak pendaki pemula yang memilih jalur ini. Jika Kawan ingin jalur yang lebih sepi, Kawan bisa memilih jalur via Dusun Butuh. Pastikan Kawan memiliki persiapan fisik dan mental yang mental, karena jalur Dusun Butuh tergolong berat.

Apa pun jalur yang dipilih, Kawan akan melihat pemandangan lautan awan di langit dari puncak Gunung Sumbing. Kawan juga bisa melihat panorama matahari terbit jika sampai ke puncak gunung ini tepat di pagi hari.

Ternyata masih aktif

Walaupun sering didatangi oleh para pendaki, ternyata Gunung Sumbing ini masih aktif. Gunung ini terakhir meletus pada tahun 1730, namun begitu hingga hari ini tidak ada tanda-tanda aktivitas vulkanik yang perlu diwaspadai.

Baca juga Gunung Slamet: Fakta Sains, Flora Fauna, dan Tujuan Pendakian di Indonesia

5 Tempat Wisata Menarik di Sekitar Gunung Sumbing

Pantangan Gunung Sumbing
info gambar

1. Wana Mukti Si Guege

Wana Mukti Si Guege merupakan sebuah objek wisata yang terletak di Desa Kebonlegi, Kecamatan Kaliangkrik. Di lokasi ini, para pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan Gunung Sumbing yang tampak begitu indah. Selain itu, dari lokasi ini, pengunjung juga dapat menyaksikan matahari terbit yang dikelilingi oleh Gunung Merapi dan Merbabu. Tak hanya itu, saat malam hari, para pengunjung bisa menyaksikan keindahan kerlip lampu perkotaan di Magelang.

2. Mangli Sky View

Mangli Sky View menjadi salah satu objek wisata perkemahan di sekitar Gunung Sumbing yang menjadi favorit bagi para wisatawan. Di lokasi ini, pengunjung dapat melakukan swafoto dan hunting pemandangan cantik Gunung Sumbing. Lokasi ini terletak di Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik.

3. Dusun Butuh (Nepal van Java)

Dusun Butuh merupakan desa wisata di ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut. Desa berjuluk Nepal Van Java tersebut tampak apik dengan keindahan alam berupa perkampungan berlatar Gunung Sumbing. Dusun ini menjadi dusun tertinggi di Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Kepopuleran dusun ini salah satunya karena viral di media sosial, dengan keindahan suasana yang mirip dengan desa di Nepal. Tak heran Dusun Butuh pun dijuluki Nepal Van Java karenanya.

4. Pengilon Edupark

Pengilon Edupark Temanggung merupakan tempat wisata yang menggabungkan unsur wisata alam dan edukasi. Destinasi ini menjadi salah satu objek wisata Temanggung unggulan yang berlokasi di Desa Pengilon, Bulu, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Inilah salah satu destinasi wisata yang cocok untuk keluarga dan dapat memberikan edukasi yang bermanfaat bagi anak-anak.

5. Silancur Highland

Silancur Highland adalah area wisata yang menawarkan kegiatan berkemah yang menyajikan keindahan pemandangan Gunung Sumbing. Kawasan wisata ini terletak di Desa Mangli, Kaliangkrik, kira-kira sekitar 15 Km dari pusat Kota Magelang. Karena berada di ketinggian 1.300 mdpl, udara di sekitar area ini masih sangat sejuk dan dingin.

Baca juga: Rekomendasi 14 Wisata Temanggung Terbaru

Referensi:

https://regional.kompas.com/read/2022/02/26/215951978/gunung-sumbing-gunung-api-aktif-tertinggi-kedua-di-jateng-lokasi-dan-jalur?page=all

https://www.solopos.com/bilang-dingin-di-gunung-sumbing-tenda-fiersa-bersari-dihempas-angin-1203150

https://www.detik.com/jateng/wisata/d-6063021/5-tempat-wisata-pilihan-di-kawasan-sumbing-exotic-saat-libur-lebaran

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Anggie Warsito lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Anggie Warsito.

AW
RP
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini