13 Wisata Sulawesi Utara: Destinasi Alam Menakjubkan yang Manjakan Wisatawan

13 Wisata Sulawesi Utara: Destinasi Alam Menakjubkan yang Manjakan Wisatawan
info gambar utama

Wisata Sulawesi Utara (Sulut) merupakan sebuah provinsi yang terletak di ujung utara Pulau Sulawesi. Ibu Kota Sulawesi Utara adalah Kota Manado dan berbatasan langsung dengan laut Maluku dan Samudera Pasifik di sebelah timur.

Sulawesi Utara memiliki kepulauan dengan jumlah pulau sebanyak 287 dan 59 di antaranya berpenghuni. Wilayah ini dibagi menjadi 4 kota dan 11 kabupaten. Wilayah yang luas dan kehidupan masyarakatnya yang sangat beragam, membuat Sulawesi Utara menjadi destinasi yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Salah satu daya tarik dari Sulawesi Utara yang tidak boleh dilewatkan adalah destinasi wisatanya. Berikut ini adalah destinasi wisata Sulawesi Utara yang wajib dikunjungi dan tidak boleh dilewatkan.

1. Danau Linow

wisata sulawesi utara
info gambar

Destinasi wisata Sulawesi Utara pertama adalah Danau Linow, danau ini berbeda dengan danau pada umumnya, Danau Linow punya warna air yang bisa berubah-ubah. Ada 3 warna yang biasa muncul di danau ini yaitu hijau, biru, dan kuning kecoklatan.

Di danau ini, aroma belerang sangatlah kencang ketika pertama kali datang. Hal itu disebabkan karena ratusan tahun silam, bau belerang di danau tersebut muncul akibat sisa-sisa dari letusan Gunung Mahawu.

2. Taman Laut Bunaken

wisata sulawesi utara
info gambar

Destinasi wisata Sulawesi Utara kedua adalah Taman Laut Bunaken. Wisata ini merupakan wisata unggulan di Sulawesi Utara karena menjadi Segitiga Terumbu Karang di Dunia. Bahkan pada 2005 lalu, Taman Laut Bunaken dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Hal itu kemudian menjadikan Taman Laut Bunaken menjadi incaran para wisatawan dari seluruh dunia. Sampai sekarang, Taman Laut Bunaken menjadi rumah lebih dari 3.000 jenis ikan, reptil, moluska, dan mamalia laut lainnya.

3. Air Terjun Kima Atas

wisata sulawesi utara
info gambar

Selanjutnya, Sulawesi Utara juga mempunyai destinasi wisata alam yang sangat mempesona, yaitu Air Terjun Kima Atas. Destinasi wisata ini termasuk dalam destinasi wisata yang sangat tersembunyi. Hal itu karena letaknya yang berada di antara hutan yang hijau dan asri.

Meskipun demikian, letaknya yang tersembunyi justru menambah keindahan dari Air terjun Kima Atas ini. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 8 meter dan terdapat kolam kecil yang bisa dipakai untuk berenang yang terbentuk dari jatuhan air terjun tersebut.

4. Pulau Siladen

wisata sulawesi utara
info gambar

Pulau Siladen adalah sebuah pulau yang juga mempunyai pesona alam yang menakjubkan. Bahkan, pulau ini disebut-sebut sebagai surganya para perenang dunia. Hal itu disebabkan oleh kondisi air laut di Pulau Siladen yang sangat tenang dan jernih.

Pulau ini berada di sebelah timur wisata Bunaken dan juga memiliki pemandangan laut yang sangat indah. Kawan yang hobi berenang di laut ini juga akan bisa melihat berbagai macam terumbu karang bahkan tanpa harus menyelam terlalu dalam.

5. Pulau Mahoro

wisata sulawesi utara
info gambar

Destinasi wisata Sulawesi Utara selanjutnya adalah Pulau Mahoro. Pulau ini memiliki daya tarik berupa pasir putih yang sangat bersih. Selain itu, air laut yang ada di pulau ini juga sangat bersih dan cantik.

Tidak hanya itu, pasir putih dan air laut yang jernih itu menjadi lebih menarik ditambah dengan pemandangan bukit hijau yang membentang sepanjang pulau. Pulau Mahoro juga pernah dipakai untuk lokasi syuting reality show Korea Selatan, Law of The Jungle.

Baca juga: Destinasi Wisata Alam Kabupaten Mamuju di Sulawesi Barat

6. Air Terjun Tinoor

wisata sulawesi utara
info gambar

Selanjutnya, destinasi wisata Sulawesi Utara yang mendapatkan surga tersembunyi adalah Air Terjun Tinoor. Tempat ini tidak hanya memiliki satu air terjun melainkan lebih. Terdapat beberapa air terjun yang saling bertemu satu sama lain sehingga membentuk seperti untaian benang yang putih.

Air Terjun Tinoor ini juga terletak di kaki gunung sehingga menambah kesan alam dan asri yang tidak bisa didapatkan di tempat lain. Satu hal yang menjadi tempat ini sangat menarik adalah kondisi alamnya yang masih sangat asri.

7. Pantai Malalayang

wisata sulawesi utara
info gambar

Destinasi wisata Sulawesi Utara yang tidak boleh dilewatkan adalah Pantai Malalayang. Pantai ini terletak tidak jauh dari pusat kota Manado sehingga mudah sekali untuk didatangi. Pantai ini sangat cocok untuk dipakai berenang karena ombaknya yang tergolong kecil.

Selain itu, pantai ini juga mempunyai pesona lain berupa batuan karang yang jarang sekali ditemukan di tempat lain. Pengunjung yang suka dengan suasana sore hari sangat cocok datang ke Pantai Malalayang untuk menikmati tenggelamnya matahari.

Baca juga: Kisah di Balik Batu dengan Bekas Telapak Kaki di Pantai Malalayang yang Disambangi Jokowi

8. Air Terjun Tumimperas

wisata sulawesi utara
info gambar

Masih seputar air terjun, Sulawesi Utara juga kembali memberikan panorama menyegarkan dengan air yang jatuh dari ketinggian. Salah satu pesona utama dari Air Terjun Tumimperas adalah airnya yang berwarna biru dan sangat jernih.

Ketinggian dari air terjun ini adalah sekitar 52 meter dan dikelilingi oleh pepohonan berwarna hijau yang semakin menambah keasrian dan kecantikan dari Air Terjun Tumimperas.

9. Pulau Manado Tua

wisata sulawesi utara
info gambar

Sulawesi Utara tidak pernah absen dari destinasi wisata alam yang mengagumkan. Salah satunya adalah Pulau Manado Tua. Pulau ini memiliki beragam pantai yang sangat cantik seperti Pantai Apeng Datu, Apeng Gugu, Apeng Salah, dan Batu Layar.

Dikatakan bahwa waktu terbaik untuk menikmati pantai ini adalah ketika sore hari, yaitu saat air laut berada di posisi surut atau rendah. Pada momen tersebut, Kawan akan bisa menikmati gugusan terumbu karang di permukaan pantai tanpa harus menyelam.

Baca juga: Siau, Surga Tersembunyi di Sulawesi Utara

10. Taman Hutan Raya Gunung Tumpa

wisata sulawesi utara
info gambar

Selanjutnya, destinasi wisata Sulawesi Utara yang tidak boleh dilewatkan adalah Taman Hutan Raya Gunung Tumpa. Di tempat ini, Kawan bisa melihat pemandangan seluruh kota di Sulawesi dari ketinggian.

Taman Hutan Raya Gunung Tumpa berada di ketinggian 600 mdpl, sehingga Kawan juga dapat menikmati pemandangan seperti Gunung Lokon, Gunung, Klabat, dan Pulau Manado Tua dari Taman Hutan Raya Gunung Tumpa.

11. Pantai Lakban

wisata sulawesi utara
info gambar

Wisata Sulawesi Utara yang tidak boleh dilewatkan adalah Pantai Lakban. Pantai ini merupakan tempat terbaik untuk menikmati laut dan pemandangan indahnya. Pantai ini terkenal dengan spot fotografinya karena menyajikan landscape alam yang jarang sekali ditemukan di tempat lain.

Terlebih pada sore hari, Pantai Lakban akan dikunjungi oleh banyak wisatawan untuk sekadar bersantai menikmati sunset atau melakukan beberapa permainan olahraga.

12. Pantai Abadi

wisata sulawesi utara
info gambar

Selanjutnya, Pantai Abadi adalah pantai yang kian hari kian mendapatkan perhatian dari masyarakat Sulawesi. Di pantai ini, mengunjungi bisa bermain di pasir putih yang asri dan masih alami.

Para wisatawan bisa memanfaatkan pasir tersebut untuk bermain berbagai macam olahraga. Selain itu, lautan yang jernih dengan warna air yang biru membuat pantai ini layak sekali untuk menghilangkan stres.

13. Patokan Beach Jiko

wisata sulawesi utara
info gambar

Terakhir, destinasi wisata Sulawesi Utara yang sangat indah dan unik adalah Patokan Beach Jiko. Pantai ini memiliki kemiripan dengan pantai May Bay yang ada di Phuket, Thailand.

Salah satu keunikan yang tidak ada di tempat lain yaitu pantai ini memiliki dua buah tebing besar yang mengapit. Sehingga ombak yang masuk ke pasir pantai tidak terlalu besar dan relatif aman untuk dipakai berenang.

Demikian adalah 13 destinasi wisata Sulawesi Utara yang wajib untuk dikunjungi. Masih banyak tempat-tempat lain yang tidak kalah indah dari ke-13 wisata alam di atas. Indonesia kaya akan keindahan alam mulai dari pegunungan, pantai, hingga hutan-hutan yang alami.

Baca juga: 7 Makanan Khas Sulawesi Utara yang Recommended dan Wajib Dicoba

Sumber:

https://kemenparekraf.go.id/

https://id.wikipedia.org

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Farih Fanani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Farih Fanani. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

MF
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini