Buku Elektronik "ASEANpedia" Resmi Diluncurkan, Apa Saja Isinya?

Buku Elektronik "ASEANpedia" Resmi Diluncurkan, Apa Saja Isinya?
info gambar utama

Pemerintah menerbitkan buku elektronik atau e-book ASEANpedia dalam rangka kegiatan Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023, Senin (10/4/2023). Sesuai dengan tema keketuaan Indonesia, buku ini mengusung tema ASEAN Matters: Epicentrum of Growth.

ASEANpedia diharapkan dapat menjadi acuan untuk mencari berbagai informasi tentang ASEAN dan Keketuaan ASEAN Indonesia 2023. Meski begitu, penerbitan e-book ini tidak hanya bertujuan untuk untuk memberikan pengetahuan tentang ASEAN kepada masyarakat

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Usman Kansong mengatakan, melalui buku ini pemerintah juga ingin menanamkan sikap bahwa ASEAN relevan untuk berkontribusi bagi geopolitik maupun geoekonomi.

“Buku ini menarik karena mampu menginformasikan kesuksesan ASEAN secara geoekonomi dan geopolitik dengan menggunakan bahasa yang sederhana,” ungkap Dirjen Usman, dilansir dari laman resmi Kominfo.

Konektivitas Pembayaran ASEAN Siap Diperluas dengan Inklusi Vietnam

Terbagi dalam tiga bagian

ASEANpedia tersedia dalam dua bahasa, yakni Indonesia dan Inggris. Informasi yang disajikan dalam buku ini terbagi dalam tiga bab besar, antara lain informasi umum ASEAN, peran Indonesia di ASEAN, dan Keketuaan Indonesia ASEAN 2023.

Pada bagian pertama, pembaca diajak menjelajahi sejarah ASEAN yang diulas secara gamblang dan runut awal mula terbentuknya asosiasi negara Asia Tenggara ini. Dimulai dengan Deklarasi Bangkok, Piagam ASEAN, hingga judul lagu resminya. Pada bagian ini, dibahas pula peran ASEAN untuk dunia.

Selanjutnya, bagian kedua ASEANpedia mengupas peran internasional Indonesia. Sosok sentral pendiri ASEAN, Adam Malik, juga dikisahkan sepak terjangnya. Selain itu, peran Indonesia dalam mendamaikan berbagai konflik yang melibatkan negara-negara anggota juga dibahas di sini.

Sementara pada bagian ketiga, pembahasan difokuskan mengenai Keketuaan Indonesia ASEAN 2023, mulai dari visi dan misi, makna tema dan logo, hingga lokasi penyelenggaraan KTT.

ASEANpedia dapat diakses melalui https://s.id/aseanpedia. Sebagai living document atau dokumen hidup, isi buku yang meliputi artikel, infografis, maupun video, akan diperbarui secara terus-menerus sesuai dengan dinamika pelaksanaan agenda kegiatan Keketuaan ASEAN Indonesia 2023.

Mata Uang Tunggal ASEAN: Keuntungan atau Kerugian bagi Indonesia?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini