Ada 12 Tol yang Diskon untuk Arus Balik Mudik Lebaran 2023

Ada 12 Tol yang Diskon untuk Arus Balik Mudik Lebaran 2023
info gambar utama

Sebagai bagian dari upaya untuk membantu memperlancar arus balik mudik.ada Lebaran tahun 2023, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) akan memberikan potongan harga untuk 12 ruas tol.

"Diharapkan diskon tarif tol ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kembali ke Jakarta," kata Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Triono Junoasmono dalam keterangannya di Jakarta, Minggu, sebagaimana bersumber dari ANTARA.

Triono mengatakan bahwa diskon tarif tol tersebut adalah usaha dari Pemerintah dan BUJT untuk mengatasi kepadatan lalu lintas dan kemacetan di jalan tol selama arus balik Lebaran 2023.

Kementerian PUPR menyambut positif inisiatif BUJT yang memberikan diskon tarif tol pada saat arus balik Lebaran 2023. Sebelumnya, diskon tarif tol diberikan untuk 6 ruas jalan tol, yaitu 3 di Pulau Jawa (Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Tangerang-Merak, dan Cibitung-Cilincing) dan 3 di Pulau Sumatera (Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, Kayu Agung-Palembang-Betung).

Menilik Kembali Tradisi Mudik Zaman Dahulu

Saat ini, ada tambahan enam ruas Jalan Tol Trans Jawa sehingga totalnya ada 12 ruas tol yang memberikan diskon tarif pada arus balik Lebaran 2023. Diskon tarif tol terjauh sebesar 20 persen akan diterapkan mulai tanggal 27 April 2023 pukul 06.00 WIB hingga 29 April 2023 pukul 06.00 WIB di enam ruas Jalan Tol Trans Jawa dari Semarang ke Jakarta.

Enam ruas tol tersebut terdiri dari Jalan Tol Batang-Semarang, Jalan Tol Pemalang-Batang, Jalan Tol Pejagan-Pemalang, Jalan Tol Kanci-Pejagan, Jalan Tol Palimanan-Kanci, dan Jalan Tol Cikampek (Cikopo)-Palimanan. Semua enam ruas tol dikelola oleh PT Jasamarga Semarang Batang, PT Pemalang Batang Toll Road, PT Pejagan Pemalang Toll Road, PT Semesta Marga Raya, PT Jasa Marga (Persero) Tbk, dan PT Lintas Marga Sedaya.

"Dengan adanya penerapan diskon tarif tol pada momen arus balik Lebaran 2023 ini, diharapkan dan diimbau kepada masyarakat lebih bijak dalam memilih waktu pulang kembali ke Jakarta agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di jalan tol," ujar Triono.

Sebelumnya, pada arus balik Lebaran 2023, ada beberapa perusahaan jalan tol yang memberikan diskon tarif. PT Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol sebesar 20 persen pada Gerbang Tol Cikampek Utama dan Gerbang Tol Kalihurip Utama untuk ruas Tol Jakarta-Cikampek pada 27-29 April 2023.

PT Hutama Karya (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol pada ruas Bakauheni-Terbanggi Besar dan ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera.

PT Waskita Toll Road memberikan diskon tarif tol pada ruas Tol Kayu Agung-Palembang-Betung, dan PT Marga Mandalasakti memberikan potongan tarif tol pada ruas Tol Tangerang-Merak. Diskon tarif tol juga diberikan oleh PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways pada ruas Tol Cibitung-Cilincing pada 14 hingga 30 April 2023.

Jumlah Pemudik Tahun 2023 Sesuai Prediksi 123 Juta Orang, Tertinggi Sepanjang Sejarah!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

MM
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini