Kemendikbudristek Selenggarakan Pembinaan Tahap II Olimpiade Ekonomi Internasional Tahun 2

Kemendikbudristek Selenggarakan Pembinaan Tahap II Olimpiade Ekonomi Internasional Tahun 2
info gambar utama

Tangerang, 15 Mei 2023 - Sebagai persiapan keikutsertaan Indonesia dalam ajang talenta internasional, salah satunya adalah International Economic Olympiad (IEO) atau Olimpiade Ekonomi Internasional tahun 2023, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) menyelenggarakan Pembinaan Tahap II IEO. Kegiatan ini diikuti 15 siswa SMA/MA pada 2–8 Mei 2023 secara daring dan 9-15 Mei 2023 secara luring di Tangerang, Banten.

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional, Hendarman, memberikan motivasi kepada peserta didik yang mengikuti Pembinaan Tahap II IEO. “Pembinaan Tahap II IEO ini menjadi komitmen Kemendikbudristek melalui Pusat Prestasi Nasional dalam pengembangan prestasi peserta didik. Adik-adik berikan yang terbaik dan selamat mengikuti Pembinaan Tahap II,” tutur Hendarman dikutip dari laman Pusat Prestasi Nasional pada Selasa (9/5/2023) lalu.

“Buktikan adik-adik bisa menjadi bagian delegasi IEO dan berprestasi mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional," tambah Hendarman.

Sebanyak 15 peserta didik yang mengikuti Pembinaan Tahap II IEO 2023 adalah William Philip Karnadi (SMAS Kristen 3 Penabur Jakarta), Naufal Wiwit Putra (MAN 2 Kota Malang), Muhammad Amadeus Ihsan Candra (SMAS Kharisma Bangsa Banten), Himyar Arsenio Kamaka (SMAN 8 Jakarta), Amalia Choirun Nisa (MAN 2 Malang), Kanesia Kanahaya Arif (SMAN 2 Kota Tangerang Selatan), Bianca Rachel Tabitha (SMAS Kristen BPK Penabur Gading Serpong), Alvaro Zhafran Prananta (MAS Muhammadiyah 1 Malang), Najwa Nafisah Putri (MAN 2 Pekanbaru), Nazla Filia Adzkia Taqiya (SMAS Pribadi Jawa Barat), Chrisella (SMA Ignatius Global School Palembang), Najmi Raina Atalie (SMAN 1 Temanggung), Reyhan Muhammad Hatta (SMA Cikal Amri Jakarta), Agus Tio Faisal Nizar (SMA Semesta Jawa Tengah), dan Farhannur (MAN 1 Banda Aceh).

Perlu diketahui, IEO merupakan kompetisi tahunan untuk siswa sekolah menengah di bidang ekonomi yang dirancang untuk menggugah keterampilan pemecahan masalah yang kreatif pada pelajar yang tertarik dalam bidang ekonomi, bisnis, dan keuangan. International Economics Olympiad (IEO) ke-6 diselenggarakan di Volos, Yunani pada 24 Juli-2 Agustus 2023.

Pembinaan ini dilakukan untuk melatih dan membina peserta yang telah lolos Pembinaan Tahap I IEO dan menyeleksi kembali peserta yang akan menjadi delegasi.

Sebelumnya, Pembinaan Tahap I IEO telah sukses dilaksanakan secara daring pada 13-26 Februari 2023. Pembinaan Tahap I diikuti 30 peserta dari pemenang ajang talenta Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang Ekonomi yang diselenggarakan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas). Dari Pembinaan Tahap I IEO 2023 ini telah terseleksi sebanyak 15 siswa yang mengikuti Pembinaan Tahap II IEO.

“Pembinaan Tahap II ini memiliki tiga topik utama sesuai ajang IEO yaitu kemampuan ekonomi, literasi keuangan, dan business case. Diharapkan lewat Pembinaan Tahap II terpilih lima kandidat terbaik yang bisa maju ke Pembinaan Tahap III dan melanjutkan sampai ajang IEO di Yunani. Semoga tim Indonesia bisa meraih prestasi terbaik,” ujar Dwi Wulandari dari Universitas Negeri Malang (UMM) selaku Pembina IEO.

Antusiasme dirasakan oleh banyak peserta Pembinaan Tahap II IEO, salah satunya siswa bernama Farhannur dari MAN 1 Banda Aceh. “Saya merasa sangat beruntung dapat mengikuti pelatihan nasional ini. Saya bisa bertemu dengan teman-teman dari berbagai daerah yang sangat suportif dan para pembimbing yang luar biasa. Pengalaman ini memberikan banyak manfaat. Lewat pembinaan ini saya bisa mendapatkan pengetahuan baru,” ungkapnya.

Sumber: Pusat Prestasi Nasional

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini