Daftar Universitas Swasta Terbaik di Semarang, Adakah Kampusmu?

Daftar Universitas Swasta Terbaik di Semarang, Adakah Kampusmu?
info gambar utama

Inilah daftar univetsitas swasta terbaik di Semarang. Adakah kampus pilihanmu di sini?

Mencari universitas untuk melanjutkan studi bisa jadi hal yang tidak mudah, terutama bagi para siswa SMA yang akan segera meninggalkan bangku sekolah atah para pekerja yang berkeinginan menimba ilmu guna meningkatkan pengalamannya.

Universitas swasta bisa menjadi pilihan bagi para pejuang studi lanjut. Alasan memilih universitas swasta tentu bisa bermacam-macam, namun menentukan universitas swasta mana yang dituju jelas tak boleh sembarangan.

Kualitas universitas menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Khusus untuk calon mahasiswa yang berada di Semarang dan sekitarnya, kali ini, GNFI akan merangkum sejunlah universitas swasta terbaik di sana. Pengurutan universitas ini dilakukan berdasarkan pemeringkatan dari UniRank.

1. Universitas Katolik Soegijapranata

Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata merupakan universitas berbasis Katolik yang berada di daerah Gajahmungkur dan telah hadir sejak tahun 1983. Universitas ini berada di bawah naungan Yayasan Sandjojo yang terafiliasi dengan Keuskupan Agung Semarang.

Unika Soeginapranata punya 10 fakultas plus satu international undergraduate program yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa. Menariknya, meski berlabel universitas Katolik, namun program studi yang ditawarkan justru tidak ada yang merupakan ilmu yang berkaitan dengan keagamaan.

Di universitas ini, prodi yang ditawarkan cukup beragam, mulai dari ilmu sosial humaniora seperti sastra, komunikasi, serta hukum, juga sains dan teknologi seperti sistem informasi, teknik, hingga teknologi pangan.

Untuk menjadi mahasiswa Unika, Anda dapat menempuh jalur reguler maupun jalur beasiswa. Untuk jalur beasiswa, ada empat jenis beasiswa yang tersedia, yakni beasiswa rapor, olahraga/seni, paroki, dan Laudato Si.

2. Universitas Dian Nuswantoro

Universitas Dian Nuswantoro alias Udinus berada di Semarang Tengah dan berdiri sejak 1990. Kampus ini didirikan dan dinaungi oleh Yayasan Dian Nuswantoro Semarang.

Udinus punya 5 fakultas. Kelima fakultas tersebut adalah Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Kesehatan, dan Fakultas Teknik. Udinus menyediakan berbagai prodi di kelima fakultas tersebut dari jenjang D3, D4, dan S1. Perlu diketahui, Udinus belum memiliki prodi jenjang pascasarjana.

Udinus menyediakan dua jalur bagi mereka yang berminat kuliah di sana, yakni jalur PMDK dan reguler. Kedua jalur dibuka masing-masing dalam empat gelombang setiap tahunnya sehingga calon mahasiswa tak perlu khawatir terlambat mendaftar.

3. Universitas Sains dan Teknologi Komputer

Di Semarang, Universitas Sains dan Teknologi Komputer lazim disebut dengan Universitas Stekom. Sesuai namanya, universitas ini punya prodi yang sebagian besarnya berkaitan langsung dengan sains dan teknologi komputer meski beberapa di antaranya ada pula yang merupakan bidang ilmu lain seperti desain, bisnis dan manajemen.

Di Universitas Stekom, tersedia prodi dengan jenjang D3, D4, dan S1. Prodi-prodi yang ada dikelompokkan ke dalam empat sekolah, yakni Fakultas Studi Akademik, STIE STEKOM, Fakultas Studi Vokasi, dan Politeknik Pratama.

Selain di Semarang, Universitas Stekom memiliki sejumlah kampus di kota lain. Misalnya, terdapat kampus di Salatiga dan Batang. Oleh karena itu, calon mahasiswa wajib memperhatikan dengan cermat prodi apa saja yang tersedia di setiap kampusnya.

Untuk jalur masuknya sendiri, Universitas Stekom menyediakan kesempatan mendaftar dengan waktu yang bisa dibilang leluasa. Untuk periode pendaftaran 2023 ini saja, pendaftaran dibuka sejak 23 Desember 2022 hingga 22 Desember 2023. Artinya, Universitas Stekom membuka pendaftaran nyaris selama sepanjang tahun.

4. Universitas Muhammadiyah Semarang

Muhammadiyah dikenal sebagai organisasi Islam yang punya banyak lembaga pendidikan di berbagai penjuru Indonesia, termasuk Universitas. Di Semarang pun ada Universitas Muhammadiyah Semarang.

Universitas Muhammadiyah Semarang atau yang juga kerap disebut Unimus terletak di Tembalang. Universitas ini telah berdiri di sana sejak tahun 1996.

Unimus punya tujuh fakultas plus satu sekolah pascasarjana. Universitas ini dikenal punya prodi rumpun ilmu kesehatan yang begitu beragam. Di Unimus terdapat prodi mulai dari jurusan kedokteran hingga ilmu laboratorium klinis. Jenjang studi yang tersedia pun ada S1 dan S2. Maklum saja, cikal-bakal Unimus adalah 3 akademi keilmuan di bidang kesehatan.

Di Unimus, jalur pendaftaran dapat dibagi menjadi tiga kategori. Pertama adalah pendaftaran fakultas kedokteran dan kedokteran gigi, pendaftaran umum, pendaftaran beasiswa, dan pendaftaran pascasarjana. Berikut jalur masuk yang tersedia untuk setiap kategori kecuali pascasarjana yang hanya punya satu jalur:

Pendaftaran Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi: Jalur prestasi dan hasil tes

Pendaftaran umum: Jalur nilai rapor dan lintas jalur/alih jenjang

Pendaftaran beasiswa: Jalur nilai UTBK, penelusuran siswa berprestasi, atlet, beasiswa pendidikan Indonesia, Kader Muhammadiyah, Hafidz Al Quran, probea, dan Kartu Indonesia Pintar Kuliah

5. Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Universitas Islam Sultan Agung atau disebut juga Unissula adalah universitas swasta yang tergolog tua di Semarang. Berlokasi di kawasan Genuk, universitas ini telah berdiri sejak tahun 1962.

Unissula tergolong universitas dengan prodi yang memiliki rumpun ilmu yang begitu beragam. Di Unissula, tersedia prodi mulai dari rumpun ilmi kesehatan, sains dan teknologi, agama, sosial humaniora, hingga pendidikan. Jenjang yang tersedia di sana pun lengkap mulai dari D3 hingga S3 serta program profesi.

Sebagai universitas Unissula, juga punya sederet langkah untuk memaksimalkan kualitas baik itu dosen, tenaga kependidikan, maupun mahasiswa. Dalam hal bahasa misalnya, Unissula menerapkan pengajaran bahasa Arab dan bahasa Korea serta kewajiban memiliki skor TOEFL minimal 450 bagi mahasiswa.

Di Unissula, ada 3 jalur untuk mendaftar menjadi mahasiswa, yaitu jalur online, tertulos, dan CBT FK.

6. Universitas Semarang

Universitas Semarang alias USM terletak di Tlogosari. Jejak Universitas satu ini berawal dari Politeknik Semarang yang lahir pada 23 Juni 1987. Lewat peran para alumni Universitas Diponegoro, kemudian berkembanglah Politeknik Semarang menjadi Universitas Semarang seperti yang dikenal saat ini.

USM punya aneka prodi dari berbagai bidang keilmuan seperti teknik, hukum, dan teknologi informasi. Ada pula beberapa program pascasarjana yang menawarkan program S2.

USM menerima mahasiswa baru lewat penerimaan melalui jalur rapor sekolah. Dalam penerimaan mahasiswa baru ini, USM memberlakukan jadwal yang berbeda bagi pendaftar kelas pagi dan sore. Maka dari itu, Anda harus memperhatikan jadwalnya sesuai kelas yang Anda pilih.

7. Universitas PGRI Semarang

Universitas PGRI Semarang atau yang juga dikenal sebagai Upgris berada di Karangtempel, Semarang Timur. Universitas ini berdiri pada tanggal 11 April 1987.

Upgris adalah universitas swasta yang memiliki banyak program studi di bidang ilmu pendidikan. Dengan demikian, universitas ini cocok menjadi tujuan tempat belajar bagi para mahasiswa yang ingin menjadi guru.

Meski demikian, perlu diketahui jika prodi dari rumpun ilmu nonpendidikan pun juga tersedia di Upgris. Misalnya, universitas ini punya Fakultas Teknik dengan sejumlah prodi di dalamnya.

Ada 6 jalur masuk Upgris. Keenam jalur tersebut adalah jalur reguler, prestasi, RPL, karyawan, Kartu Indonesia Pintar, dan pascasarjana.

Pertama di Indonesia. Selamat Datang, Universitas Siber Muhammadiyah



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini