Cokelat Sulamina, Cokelat Khas Maluku Utara yang Nikmatnya sampai ke Inggris

Cokelat Sulamina, Cokelat Khas Maluku Utara yang Nikmatnya sampai ke Inggris
info gambar utama

Maluku Utara punya cokelat khas bernama cokelat Sulamina. Cokelat ini begitu nikmat dan punya penggemar sampai ke Inggris.

Cokelat adalah salah satu kekayaan alam yang dimiliki Indonesia, termasuk pula Maluku Utara. Salah satu wujudnya yakni cokelat Sulamina.

Dari salah satu kepulauan di Maluku Utara yang bernama Sula, cokelat Sulamina berasal. Dengan melimpahnya bahan baku di sana, masyarakat di Kepulauan Sula biasa mengolah cokelat menjadi aneka santapan lezat seperti kue.

Kini, cokelat Sulamina hadir sebagai produk cokelat dengan ciri khasnya yang begitu unik. Laman Warisan Budaya milik Kemdikbud RI mencatat bahwa cokelat Sulamina berasal dari buah kakao dan jambu mete yang dikombinasikan dengan aneka bahan lain. Sebagai hasilnya, lahirlah cokelat dengan cita rasa yang bervariasi.

Ya, cokelat Sulamina memang punya beragam pilihan rasa yang menarik untuk dicicipi. Pilihan rasa tersebut di antaranya kacang mete, durian, tomi-tomi, hingga pala.

Cokelat Monggo, Coklat Lokal terbaik Yogyakarta asli Indonesia

Diekspor hingga ke Inggris

Karena rasanya yang nikmat dan unik, tak mengherankan jika cokelat Sulamina punya banyak penggemar. Namun siapa sangka jika penggemar cokelat ini tidak hanya dari Indonesia sendiri, namun juga dari luar negeri?

Cokelat Sulamina memang digemari hingga ke luar negeri. Buktinya, cokelat Sulamina tidak hanya dipasarkan di dalam negeri saja, melainkan juga diekspor sampai ke Eropa.

Baru-baru ini, ekspor cokelat Sulamina dan Maluku Utara dilakukan lagi. Kali ini, cokelat Sulamina diekspor ke Inggris.

Sebagai bagian dari prosedur ekspor, cokelat Sulamina harus melewati proses sertifikasi terlebih dahulu. Ini perlu dilakukan untuk menjamin bahwa cokelat punya kualitas yang memenuhi syarat. Karantina Pertanian Ternate pun melakukan sertifikasi terhadap 175 kilogram cokelat Sulamina.

"Sebelum diekspor ke Inggris, pejabat karantina melakukan pemeriksaan fisik dan kesesuaian dokumen untuk penerbitan Phytosanitary Certificate (PC). PC menjadi persyaratan negara tujuan ekspor sebagai jaminan kesehatan terhadap produk ini," kata Kepala Karantina Pertanian Ternate, Tasrif, seperti diwartakan ANTARA.

Ekspor coklat Sulamina kali ini menandakan adanya peningkatan ekspor cokelat dari Maluku Utara. Sebelumnya, Maluku Utara berhasil menjalankan ekspor cokelat batangan perdana ke Inggris dengan volume 22,4 kg. Cokelat tersebut dibawa ke Negeri Ratu Elizabeth lewat udara melalui Bandara Sultan Babullah Ternate.

Tentu saja, ekspor cokelat Sulamina ini harus disambut gembira. Sebab, komoditas pertanian dari Maluku Utara lainnya pun bisa terdorong untuk turut diekspor.

Kampung Cokelat Blitar - Kampung Unik yang Menggerakkan Perekonomian Desa Plosorejo



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini