Indonesia Luncurkan Vending Machine di Jepang untuk Promosi Produk Lokal Halal

Indonesia Luncurkan Vending Machine di Jepang untuk Promosi Produk Lokal Halal
info gambar utama

Indonesia telah menciptakan inovasi baru dengan merilis Indonesia Halal Vending Machine, sebuah mesin penjual otomatis yang secara khusus menawarkan produk makanan dan minuman (mamin) halal yang diproduksi di dalam negeri.

Bersumber dari siaran pers Kementerian Perdagangan (Kemendag), alat ini merupakan mesin penjual otomatis pertama di Jepang, bahkan di dunia, yang mempromosikan produk-produk eksklusif dari satu negara.

Mesin ini diluncurkan pada Senin (12/6) di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo, Jepang. Saat ini, mesin tersebut sudah dioperasikan di lingkungan KBRI Tokyo, Jepang. Peluncuran Indonesia Halal Vending Machine merupakan hasil kerja sama antara KBRI Tokyo, Kementerian Perdagangan RI, Bank Indonesia, Bank BNI, Garuda Indonesia, Pertamina, dan ASEAN Japan Centre.

Menurut Didi Sumedi, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI, peluncuran vending machine sebagai sarana memperkenalkan makanan dan minuman halal Indonesia merupakan langkah inovatif dalam mempromosikan produk halal buatan Indonesia.

Pengenalan produk halal melalui vending machine ini pun sejalan dengan upaya Indonesia untuk menjadi pusat halal dunia pada tahun 2024.

Tidak Hanya Minuman, Negara Ini Punya Vending Machine yang Unik

Didi juga mengungkapkan pentingnya mendorong ekspor produk halal guna memperkuat perekonomian dalam negeri dalam menghadapi momen tersebut. Oleh karena itu, diperlukan berbagai upaya untuk meningkatkan popularitas dan ekspor produk halal Indonesia.

“Pemerintah Indonesia telah berkomitmen untuk menjadikan Indonesia pusat halal dunia pada 2024. Sehingga, perlu diambil langkah untuk mendorong ekspor produk halal Indonesia dalam upaya meningkatkan ketahanan perekonomian nasional. Saat ini, langkah tersebut difokuskan pada makanan halal, modest fashion, farmasi, dan kosmetik,” kata Didi.

Mengutip dari Republika, nantinya masakan tradisional dalam kemasan seperti rendang daging, cumi balado, sambal teri, ayam goreng, nasi goreng, hingga paru balado pun turut dijual dalam mesin tersebut.

John Tjahjanto Boestami, Wakil Kepala Misi KBRI Tokyo, menyatakan bahwa Indonesia Halal Vending Machine merupakan mesin penjual otomatis pertama yang secara eksklusif mempromosikan produk dari satu negara. Keberhasilan ini dapat tercapai di Jepang karena budaya vending machine yang sangat populer di negara tersebut. Jepang terkenal dengan berbagai jenis produk yang dapat ditemukan di vending machine mereka.

Peluncuran resmi Indonesia Halal Vending Machine di Tokyo juga merupakan bagian dari rangkaian acara untuk memperingati 65 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Jepang, sekaligus sebagai upaya untuk mempromosikan citra bangsa (nation branding).

Tak Cuma di Jepang, Wasabi Juga Ditanam di Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini