7 Teknologi Canggih Jepang, "Berasa Hidup di Masa Depan"

7 Teknologi Canggih Jepang, "Berasa Hidup di Masa Depan"
info gambar utama

Jepang merupakan Negara dengan record pengembangan teknologi yang massif dan aktif. Takayal beberapa dari kita berjumpa dengan konten video di media sosial yang memaparkan kemajuan teknologi di Negara ini.

Kerennya, pengembangan teknologi ini dirasakan merata seperti teknologi menyimpan payung yang basah ketika di tempat umum, teknologi inovasi pada kemasan makanan dan produk lain, teknik simpan buku untuk publik, dan inovasi lainnya. Saking canggihnya, beberapa netizen menjuluki Jepang dengan negeri yang “berasa hidup di masa depan”.

Berdasarkan informasi dari laman News on Japan , kemajuan teknologi yang dikembangkan oleh jepang ini merupakan jawaban dari solusi untuk problematika yang dihadapi oleh penduduk dan Negara Jepang sendiri. Jepang menyadari bahwa jawaban dari masalah adalah solusi, dengan emikian atas kesadaran tersebut rakyat dan pemerintahannya memulai untuk investasi dalam inovasi teknologi. Awal mula ini yang membawa Jepang menjadi Negara dengan gelar salah satu raksasa teknologi yang kuat di dunia.

7 Teknologi Canggih Jepang

Advanced Technology Foot: Pixabay/ KobiShtainer
info gambar

Berikut penulis rangkumkan tujuh teknologi canggih di Jepang. Silakan simak penjelasannya, Kawan.

  1. Kendraan Listrik

Jepang menjadi salah satu Negara yang teus beinovasi mengembangkan teknologi di bidang transportasi utamnya kendaraan berbasis tenaga listrik. Melansir dari laman The Government of Japan , orientasi Jepang thun 2027 adalah mengembangkan SCMAGLEV, kereta dengan kecepatan sangat. Kereta ini dikembangkan dengan proyeksi penggunaan setengah energi yang dibutuhkan perjalanan udara dan hanya mengeluarkan sepertiga dari karbon dioksida per kursi penumpang. Kereta ini diorientasikan menjadi alternative dan solusi masalah lingkungan.

Baca juga: Bekerja Sama dengan Pemerintah, Google Buka Pelatihan Teknologi untuk Mahasiswa
  1. Robotik

Mengutip informasi dari laman The University of Tokyo, Robotika Jepang didasari pada konsep budaya monozukuri Jepang. Jepang merupakan pengekspor robot terbesar di dunia dengan capaian mapu memimpin dunia dalam bidang robotika dengan penelitian, pengembangan, dan teknologi terapan yang sangat kompetitif.

Salah satu dari banyaknya inovasi adalah berkaitn denganmitigasi bencana alam sehingga dibuat Robot yang dikendalikan dari jarak jauh MHI-MEISTeR. Pengembangan robot ini ditugaskan ke IRID sebagai proyek yang ditugaskan oleh Badan Sumber Daya Alam dan Energi, dan sebagian pengembangan dilakukan oleh Mitsubishi Heavy Industries.

  1. Pemrosesan Gambar dan Pengenalan Wajah

Berdasarkan informasi dari Public Relation Office Government of Japan, Teknologi pengenalan wajah yang sangat canggih milik Jepang berhasil didistribusikan di Jepang dan luar negeri. Mengikuti perkembangan masyarakat yang digerakkan oleh informasi, semakin banyak contoh verifikasi identitas berbasis perangkat dalam kehidupan sehari-hari.

Di antara jenis verifikasi identitas, autentikasi biometrik, berdasarkan fitur fisik dan perilaku, telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir menggantikan “pengenalan kata sandi”, di mana pengguna memasukkan PIN atau kata sandi, dan “pengenalan objek”, di mana pengguna menggunakan kunci, kartu, atau sertifikat.

Baca juga: Kenali 9 Jenis Kejahatan Siber, Segera Pahami untuk Keamanan Data dan Privasi
  1. Teknologi Augmented Reality

Pasar AR dan VR Jepang diproyeksikan akan mengalami pertumbuhan pesat sebab pengembangan kemajuan industri game yang pesat pula. Jepang memiliki basis industri manufaktur berteknologi maju yang kuat yang menawarkan banyak peluang bagi pertumbuhan perusahaan yang memproduksi perangkat AR dan VR.

Perusahaan kecil dan besar menawarkan produk inovatif yang digabungkan dengan teknologi AR dan VR untuk digunakan dalam industri elektronik konsumen, game, dan hiburan.

  1. Pengembang Baterai

Fokus inovasi teknologi pada pengembangan baterai ini terlihat dari keseriusan dengan penyelenggaraan kkolaboras dan diskusi antara inovator dan produsen teknologi baterai, serta produsen otomotif untuk memeriksa metode baru dan pengetahuan teknis untuk mengatasi masalah spesifik. Tantangan yang terkait dengan memperpanjang masa pakai baterai untuk kendaraan listrik generasi berikutnya.

  1. Super Komputer

Produk inovasi teknologi super komputer Jepang adalah Fugaku. Fugaku menyediakan akses untuk berbagai peneliti dan pengguna di bidang akademik dan industri.

Baca juga: Mengenal Kurikulum Humanistik, Konsep Kurikulum dalam Pendidikan Berbasis Homeschooling
  1. Teknologi Pintar di Rumah Tangga

Mengutip inforasi dari Japan Industry News , dalam rangka kepedulian terhadap lingkungan jepang mengembangkan teknologi Smart House dan Home Energy Management System (HEMS). Dinarasikan bahwa HEMS merupakan hunian dengan konsumsi optimalisasi energi dengan menerapkan teknologi informasi (TI).

Bentuk yang lebih spesifik dari hunian semacam itu adalah yang memiliki peralatan penghasil energi, termasuk sistem pembangkit listrik PV dan baterai penyimpanan, dengan peralatan listrik, lampu dan sistem seperti pemanas dan pendingin udara yang dapat berkomunikasi satu sama lain.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

DA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini