Advokasi Budaya dan Lingkungan Tak Langsung dalam Perayaan 10 Tahun Perjalanan Debut BTS

Advokasi Budaya dan Lingkungan Tak Langsung dalam Perayaan 10 Tahun Perjalanan Debut BTS
info gambar utama

Bangtan Sonyeondan atau Beyond The Scene (BTS) grup musik asal Korea Selatan merayakan hari jadi debut mereka dengan projek yang diberikan khusus untuk ARMY (nama penggemar mereka). FESTA, istilah yang digunakan dalam projek tahunan perayaan hari debut BTS sudah dimulai sejak Rabu, 31 Mei 2023. Dengan menyertakan timeline, ARMY dapat menantikan kejutan apa saja yang akan dibawa oleh BTS pada perayaan tahun ini.

Timeline FESTA BTS 2023
info gambar

Alih-alih mendapatkan hadiah dari penggemar, BTS seakan ingin membalas projek-projek yang biasanya dilakukan oleh ARMY saat perayaan ulang tahun atau ucapan selamat atas pencapaian prestasi. Ada hal menarik dari perayaan FESTA tahun ini, seluruh kota Seoul ‘berubah’ menjadi ungu, pemerintah Korea Selatan ikut berkontribusi dalam perayaan ini karena pengaruh BTS yang besar untuk negara tersebut.

Dengan tajuk BTS PRESENTS EVERYWHERE, BTS bekerja sama dengan beberapa perusahaan besar di Korea Selatan dalam merealisasikan projek mereka. Penggemar ataupun non-fans dapat menemukan beberapa titik dimana terdapat poster perayaan 10 tahun debut BTS di halte, spanduk, bis, pesawat (akan direalisasi pada bulan Juli) serta beberapa tempat umum lainnya. Tidak hanya itu, di gedung Hybe (agensi yang menaungi BTS) juga terdapat mural wajah ketujuh member BTS. ARMY sangat merasakan euphoria kemeriahan dari perayaan debut 10 tahun BTS ini.

Poster Festival Firework FESTA BTS 2023
info gambar

Salah satu agenda yang menarik perhatian publik adalah festival kembang api yang diselenggarakan di Yeouido Hangang Park. Dalam festival ini tidak hanya menampilkan pertujukan kembang api saja namun juga ARMY dapat melihat serta berfswaoto dengan beberapa atribut yang menceritakan perjalanan 10 tahun debut BTS.

Beberapa di antaranya ditampilkan pula discography, piala penghargaan, outfit saat konser, dan beberapa hal yang berkaitan dengan perjalanan 10 tahun debut mereka. RM, leader BTS juga turut meramaikan acara tersebut, dengan melakukan sesi obrolan santai dengan para penggemar dan juga membawakan beberapa lagu. Selain itu, ARMY juga dimanjakan dengan bagaimana BTS tetap konsistenitas mereka sebagai grup---ditunjukkan dengan bagaimana setiap member tetap memberikan ucapan by phone ataupun dari rekaman video.

Dengan adanya festival ini ternyata telah berdampak pada peningkatan jumlah kunjungan wisatawan luar negeri ke Korea Selatan hingga mencapai 13%. Melalui festival ini pula, BTS secara tidak langsung telah memperkenalkan Korea Selatan sebagai destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi bahkan tidak hanya untuk kalangan penggemar.

Festival kembang api yang berlangsung di Yeouido Hangang Park telah mendapatkan pujian publik karena jumlah pengunjung yang melebihi prediksi ternyata bisa menikmati acara dengan tertib dan tidak mengotori area. Sebagaimana jumlah pengunjung yang datang ke festival ini telah mencapai 400.000 orang.

Dapat dikatakan jika ARMY berhasil bekerja sama dengan sangat baik bersama panitia penyelenggara---untuk tetap mentaati peraturan yang ada tanpa menganggu kenyamanan selama acara berlangsung. Secara tidak langsung pula, ARMY telah memotivasi publik tentang bagaimana untuk bisa menikmati suatu acara namun tetap menjaga ketertiban dan kebersihan di area publik.

Melihat dari banyaknya wisatawan luar negeri yang datang ke Korea Selatan selama event FESTA ini berlangsung, secara tidak langsung BTS telah mempromosikan Korea Selatan dalam aspek budaya melalui musik dan projek-projek selama event ini berlangsung. Bukan suatu hal yang mengherankan lagi jika kontribusi mereka untuk Korea Selatan tidak main-main, berawal dari pesan yang disampaikan melalui musik ternyata memiliki dampak yang besar kepada sektor-sektor lain salah satunya adalah budaya dan ekonomi.

Respon positif publik terhadap perayaan FESTA ini telah memberikan gambaran bagaimana hubungan timbal balik yang sehat antara BTS dan ARMY. Melalui musik, BTS berhasil menyampaikan pesan-pesan positif yang dapat merangkul pendengarnya untuk tetap semangat menjalani hidup. Ketulusan mereka dalam bermusik telah mengantarkan BTS ataupun ARMY pada kegiatan-kegiatan yang dapat memotivasi orang banyak salah satunya adalah kesadaran untuk melestarikan budaya dan menjaga kelestarian lingkungan.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini