Keberadaan Misterius Suku Oni, Manusia Kerdil yang Hidup di Hutan Bone

Keberadaan Misterius Suku Oni, Manusia Kerdil yang Hidup di Hutan Bone
info gambar utama

Keberadaan Suku Oni yang dipercaya tinggal di gua dalam hutan Bone, Sulawesi Selatan masih jadi misteri. Suku Oni disebut sebagai orang-orang yang memiliki tubuh mini, tetapi sangat kuat dan lincah.

Dinukil dari Radar Mukomuko, Suku Oni sudah cukup tua mereka telah ada pada zaman Kerajaan Bone, bahkan mereka ikut berperan. Termasuk mereka juga memiliki kontribusi dalam pembangunan kota di Sulsel.

Indonesia Bukan Hanya Tempat Pariwisata dan Jalan-Jalan

Disebutkan Suku Oni mempunyai tinggi hanya 70 cm, namun mempunyai tenaga yang kuat. Karena fisiknya yang sangat mungil menjadikan manusia Oni ini dapat bergerak dengan sangat lincahnya

Tetapi karena mereka tak suka dengan keberadaan manusia yang datang ke wilayah teritorinya, membuat Suku Oni sangat cerdik dalam bersembunyi. Dalam sekejap keberadaannya dapat menghilang di pedalaman hutan.

Suku harmonis

Hutan Sulawesi/Shutterstock
info gambar

Walau bermukim di dalam gua, tetapi kehidupan Suku Oni sangat harmonis. Pasalnya mereka hidup secara berkelompok, bersama dengan komunitasnya. Hal ini membuat Suku Oni lebih nyaman tinggal bersama komunitasnya.

Seorang budayawan asal Sulsel mengatakan bahwa Suku Oni awalnya merupakan masyarakat yang suka bergaul. Bahkan terbilang sangatlah ramah dengan warga sekitar yang berada di luar komunitasnya.

Mengenal 9 Suku Tertua Indonesia

Mereka juga sering kali meminjamkan segala perlengkapan, jika ada warga desa lain yang membutuhkannya. Namun sayangnya, banyak warga yang tidak jujur saat meminjam barang hingga membuat hubungan tersebut menjadi rusak.

“Karena kejadian tersebut terjadi berkali-kali, akhirnya Suku Ono memilih untuk hidup menjauh dari warga sekitar, dan lebih suka menutup,” paparnya.

Sulit dijumpai

Sungai di Bone/Shutterstock
info gambar

Sangat sedikit warga yang mampu menjumpai Suku Oni bahkan di hutan-hutan Sulsel. Beberapa kesaksian menyebutkan Suku Oni pernah dijumpai di sekitar Dusun Dekka, Desa Mappesangka, Kecamatan Ponre, Kabupaten Bone.

Sejumlah warga Desa Mappesangka mengaku pernah bertemu langsung dengan sekelompok orang dengan tinggi hanya sekitar 70 cm ini di kawasan hutan Tanjung Palette. Tetapi kesaksian itu juga belum bisa dipastikan.

Mengenal 9 Suku Tertua Indonesia

Walau begitu, banyak warga yang meyakini bahwa suku orang-orang dengan tubuh kerdil itu memang benar adanya. Sebagian warga sekitar pegunungan Bone, bahkan menjuluki mereka sebagai makhluk setengah siluman.

Ada yang menyatakan Suku Oni bisa dipancing keluar dari persembunyiannya dengan menggunakan buah pisang yang diletakkan di mulut gua. Sayangnya, sejumlah orang yang pernah mencoba menyatakan tidak berhasil.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini