Serabi Lodeh, Serabi Dengan Sayur dan Kuah Gurih Khas Tuban

Serabi Lodeh, Serabi Dengan Sayur dan Kuah Gurih Khas Tuban
info gambar utama

Siapa yang tidak kenal dengan serabi? Kudapan yang satu ini telah menjadi kuliner tradisional yang populer di Indonesia. Tidak hanya itu, bahkan, berbagai daerah di Indonesia memiliki serabi khasnya tersendiri dengan perbedaan dari bahan baku, rasa, hingga cara penyajian.

Sebut saja serabi khas Bandung dengan kuahnya yang legit dan gurih, serabi Solo yang manis, harum, dan lembut, atau serabi khas Jakarta yang lebih dikenal dengan kue ape. Belum lagi di daerah Sumatra, Kalimantan, Bali, dan berbagai daerah lainnya yang punya serabinya masing-masing.

Bicara soal serabi, biasanya makanan ini identik sebagai makanan manis. Tapi, tahukah kamu kalau ada serabi yang dimakan dengan kuah lodeh? Ya, lodeh yang dimaksud ini adalah lodeh yang kerap jadi kuah sayur.

10 Kue Manis Tradisional Khas Indonesia Yang Perlu Kamu Cicipi

Perpaduan gurihnya kuah dan sayuran

Bagi sebagian orang, mungkin hal ini terdengar tidak umum. Tetapi, serabi inilah yang menjadi salah satu kuliner kebanggaan Tuban, tepatnya kuliner ini berasal dari Dusun Mawot, Kelurahan Sugiharjo, Kabupaten Tuban.

Di Desa Mawot, kita bisa dengan mudahnya mendapatkan kuliner ini karena memang banyak warganya yang menjual serabi lodeh. Biasanya, serabi ini dijual ketika malam sampai dengan pagi hari.

Karena menggunakan lodeh, tentunya cita rasa serabi ini memiliki kenikmatan tersendiri. Meskipun begitu, rasanya tidak kalah enak dengan serabi lain dengan cita rasa manis dari daerah lain.

Dengan rasa dasar dari serabi yang cenderung asin, kemudian berpadu dengan kuah lodeh lezat dengan cita rasa pedas nan gurih serta isian sayuran yang mantap di lidah membuatnya jadi kombinasi yang pas.

Sehingga, tidak mengherankan bila warga lokal menyukai santapan ini. Bagi yang belum pernah mencobanya, tampilannya yang menggoda pun bisa membuat siapa saja tertarik untuk mencicipinya.

Dengan isian serta rasa yang demikian, mungkin serabi ini lebih cocok disebut sebagai makanan berat alih-alih sebagai camilan layaknya serabi manis.

Biasanya, untuk satu tangkup serabi dijual dengan harga 1000 rupiah. Lalu, untuk isian atau topping dari seporsi serabi ini bisa dipilih sesuai selera. Jadi, bila lengkap dengan lodeh, serabi ini biasanya dijual sekitar 15 ribu rupiah.

Tertarikkah kawan GNFI mencicipi serabi lodeh ini?

Serabi Kalibeluk, Serabi Jumbo Khas Batang

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini