Pemerintah Bangun Jalur Kereta Cepat Sampai Surabaya, Bakal Lewati Yogyakarta

Pemerintah Bangun Jalur Kereta Cepat Sampai Surabaya, Bakal Lewati Yogyakarta
info gambar utama

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan memanjangkan jalur kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) hingga ke Surabaya, Jawa Timur. Studi kelayakan proyek ini bakal segera dimulai.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Mohamad Risal Wasal mengungkapkan, jalur KCJB menuju Surabaya akan melewati Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta.

"Namanya tetap kereta cepat Jakarta-Bandung, namun rencananya kereta ini akan kita programkan hingga Surabaya melalui Yogyakarta," kata Risal dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi V DPR RI di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (6/7/2023).

Dia menekankan, rute kereta cepat ini tidak sampai ke Kota Bandung. KCJB saat ini hanya melayani perjalanan dari Stasiun Halim Jakarta ke Stasiun Tegalluar Kabupaten Bandung. Pemberhentian terakhir di Stasiun Tegalluar berjarak 30 kilometer dengan Kota Bandung.

Kereta Cepat Jakarta-Bandung punya 16 Gerbong, Bisa Angkut 1.202 Orang

Namun, dia menyebut pemerintah telah menyediakan kereta feeder untuk melayani perjalanan ke Kota Bandung. Penumpang bisa menaikinya dari Stasiun Padalarang.

"Memang kereta feeder tersebut tidak disediakan di stasiun akhir kereta cepat yang berada di Tegalluar karena jarak yang cukup jauh," ujarnya.

Dengan kereta feeder, kata Risal, perjalanan dari Stasiun Padalarang ke Kota Bandung akan membutuhkan waktu 15 menit, sehingga total perjalanan dari Jakarta-Bandung naik kereta cepat menghabiskan waktu 39 menit.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, pada bulan lau mengatakan bahwa pemerintah akan menggratiskan tarif KCJB dari 18 Agustus s.d. Oktober 2023.

Masyarakat yang ingin naik, disilakannya mendaftar ketika registrasi daring telah dibuka. KCJB memiliki kapasitas 600 penumpang.

"Dari 18 Agustus selama 90 hari, kereta api cepat akan digratiskan kepada warga, silakan daftar nanti ada pembukaan online karena kapasitas kereta sekitar 600 penumpang,” kata Emil—sapaan akrabnya—kepada awak media di Bandung, Kamis (22/6/2023).

Setelah melalui beberapa tahapan uji coba, kecepatan KCJB kini sudah mencapai 345 km/jam dari target 385 km/jam. Dengan laju tersebut, perjalanan dari Halim ke Padalarang dapat ditempuh dalam 20 menit.

Emil juga mengungkapkan, pengelola KCJB akan melakukan pembangunan tahap II untuk rute Bandung - Kertajati - Yogya - Solo - Surabaya.

Gratis Naik Kereta Cepat Jakarta Bandung Selama 3 Bulan, Kuota Terbatas!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

AH
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini