Ciptakan Senyum Sehat di Desa Sumbergondo Kota Batu

Ciptakan Senyum Sehat di Desa Sumbergondo Kota Batu
info gambar utama

Sehat didefinisikan oleh World Health Organization (2022) sebagai kondisi atau keadaan yang sempurna baik fisik, mental, maupun sosial, tidak hanya terbebas dari penyakit atau kelemahan/cacat. Ketika kondisi kesehatan gigi dan mulut seseorang tidak dalam kondisi yang baik atau seseorang mengalami sakit gigi, maka orang tersebut dapat dikatakan dalam kondisi sakit atau tidak sehat.

Kesehatan gigi mempengaruhi banyak aspek, terutama kesejahteraan hidup seseorang atau kualiatas hidupnya. Mengapa? Hal ini dikarenakan ketika seseorang mengalami sakit gigi, orang tersebut akan sulit melakukan akivitas hariannya, seperti makan, berbicara, tidur, dan lain sebagainya tergantung ambang batas rasa sakit yang dirasakan seseorang. Oleh karena itu, kesehatan gigi dan mulut itu penting untuk dijaga.

Khasiat Manggis untuk Kesehatan Kulit, Antioksidan dan Cegah Penuaan

Masih banyak masyarakat Desa Sumbergondo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu yang belum mengetahui cara menjaga kesehatan gigi dan mulutnya sehingga kondisi gigi dan mulut mereka kurang baik. Selain itu, tingkat kesadaran masyarakat mengenai pentingnya kesehatan gigi dan mulutnya juga masih kurang.

Akibatnya, banyak masyarakat di desa tersebut yang mengalami masalah kesehatan gigi dan mulut. Mayoritas masalah kesehatan gigi dan mulut yang dihadapi masyarakat Desa Sumbergondo adalah kehilangan gigi. Banyak masyarakat Desa Sumbergondo yang mengalami gigi berlubang atau yang disebut juga karies yang kemudian semakin parah dan berakhir kehilangan giginya.

Hal ini karena masyarakat tidak tahu cara merawatnya dan juga kebiasaan masyarakat yang sering memakan makanan yang manis tetapi masyarakat tidak menjaga kebersihan gigi dan mulutnya dengan baik dan benar sehingga memperparah masalah tersebut (Rathee dan Sapra, 2023).

Selain itu, banyak masyarakat Desa Sumbergondo yang takut berkunjung ke dokter gigi dikarenakan biaya ke dokter gigi yang mahal. Akibatnya, masalah kesehatan gigi dan mulut masyarakat Desa Sumbergondo semakin memprihatinkan.

Selain disebabkan oleh karies, kehilangan gigi juga dapat disebabkan oleh penyakit periodontitis yang semakin lama semakin parah atau disebabkan oleh periodontitis kronis yang dapat menyebabkan kehilangan gigi akibat hilangnya perlekatan gusi ke gigi atau kerusakan jaringan periodontal berat, yaitu kondisi dimana terjadinya kerusakan pada gusi, ligamen periodontal, dan tulang alveolar (tulang rahang) yang menyebabkan kegoyahan gigi dan berakhir kehilangan gigi.

Tari Yospan yang Menjadi Lambang Persahabatan Masyarakat Papua

Sebelum terjadinya periodontitis, akan terjadi gingivitis, yaitu radang gusi atau gusi bengkak yang disebabkan oleh penumpukan plak oleh bakteri akibat kesadaran kebersihan gigi dan mulut yang kurang. Apabila gingivitis tidak segera diatasi dapat menyebabkan terjadinya periodontitis (Rathee dan Jain, 2023).

Setelah melakukan wawancara kepada pihak Pondok Bersalin Desa (Polindes) Desa Sumbergondo dan pihak Puskesmas Bumiaji, mereka mengatakan bahwa masih banyak masyarakat yang mengalami permasalahan gigi dan mulut. Terutama pada ibu hamil yang mengalami gejala, seperti gusi yang meradang, gigi keropos, gigi goyah, gusi berdarah, dan lain sebagainya akibat adanya perubahan hormon pada ibu hamil.

Oleh karena itu, kegiatan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut di Desa Sumbergondo sangat dibutuhkan agar masyarakat mengetahui cara menjaga kesehatan gigi dan mulut yang baik dan benar serta diberikan rekomendasi makanan yang baik untuk dikonsumsi dan yang perlu dihindari sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat Desa Sumbergondo dengan menciptakan senyum sehat masyarakat Desa Sumbergondo.

Selain itu, perlu juga ditingkatkan kesadaran masyarakat untuk berkunjung ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Penyuluhan tersebut harus dilakukan kepada semua tingkat usia, yaitu pada balita dengan memberi penyuluhan kepada orang tuanya, anak-anak, remaja, dewasa muda, dewasa, dan lanjut usia, serta pada ibu hamil.

Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat mengenai kesehatan gigi dan mulutnya akan meningkatkan derajat kesehatan, kesejahteraan, dan kualitas hidup masyarakat Desa Sumbergondo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Namun, bukan hanya di desa ini saja yang perlu ditingkatkan kesadaran kesehatan gigi dan mulutnya, peningkatan kesehatan ini juga harus dilakukan kepada seluruh penduduk Indonesia untuk menciptakan senyum sehat masyarakat Indonesia.

Mahasiswa KKN UGM Unit JT-045 Turut Merayakan Panen Raya Kentang Dieng Kulon, Banjarnegara

Daftar Pustaka

  • Rathee, M. dan Jain, P., (2023) Gingivitis, StatPearls Publishing, Treasure Island, Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK557422/
  • Rathee, M. dan Sapra, A., (2023) Dental Caries, StatPearls Publishing, Treasure Island, Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK551699/
  • World Health Organization (2022). Health and Well-Being. [online] www.who.int. Available at: https://www.who.int/data/gho/data/major-themes/health-and-well-being#:~:text=The%20WHO%20constitution%20states%3A%20%22Health.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

KB
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini