Desa Sukomakmur: Menikmati Keindahan Desa di Lereng Gunung

Desa Sukomakmur: Menikmati Keindahan Desa di Lereng Gunung
info gambar utama

Indonesia memiliki kekayaan alam dan budaya yang tak terhitung jumlahnya, dan salah satu cara terbaik untuk menikmati keindahan negara ini adalah dengan mengunjungi desa-desa yang tersembunyi dan jauh dari hiruk-pikuk perkotaan. Salah satu desa yang menawarkan pesona alam yang menakjubkan adalah Desa Sukomakmur.

Terletak di Dusun Nampan, Desa Sukomakmor Kabupaten Magelang. Desa wisata ini juga berada tidak jauh dari kota Magelang atau hanya sekitar 28 km dari pusat kota, dan memerlukan waktu kurang lebih dari 1 jam perjalanan. Namun, akses jalan untuk menuju kesana Kawan harus menempuh perjalanan yang menanjak dan menikuk cukup tajam.

Desa Sukomakmur ini terkenal dengan sebutan Negeri Sayur Sukomakmur. Untuk akses tiket masuk ke Desa Wisata ini Kawan hanya cukup mengeluarkan 10 ribu rupiah perorang saja untuk bisa menikmati pemandangan yang mahal di Desa Sokumakmur ini.

Dari lokasi tiket Kawan bisa menggunakan jasa ojek atau berjalan kaki untuk bisa menuju spot favorit di Desa Wisata Sukomakmur, yaitu Terasing Sitegong. Sepanjang perjalan selama berjalan kaki Kawan juga disuguhkan oleh ladang-ladang milik warga yang menghiasi kaki gunung Sumbing.

baca juga: Menikmati Keindahan Palutungan Kuningan, Primadona Wisata Alam di Kaki Gunung Ceremai

Desa ini menyajikan panorama yang menakjubkan, kehidupan desa yang tenang, serta budaya lokal yang kaya. Kehidupan di Desa Sukomakmur berbeda jauh dari kebisingan kota besar. Di sini, waktu berjalan lebih lambat dan orang-orang hidup dalam harmoni dengan alam. Masyarakatnya ramah dan penuh keramahan, selalu menyambut pengunjung dengan senyuman hangat.

Kawan bisa merasakan ketenangan dan kedamaian di setiap sudut desa ini, serta berinteraksi dengan penduduk setempat untuk memahami kehidupan mereka yang sederhana, tetapi bahagia.

Salah satu daya tarik utama Desa Sukomakmur adalah keindahan alamnya yang memukau. Para pengunjung dapat menikmati trekking atau berjalan-jalan santai melalui hamparan sawah hijau yang menghiasi kaki Gunung Sumbing dan ladang-ladang di sekitar desa.

Air segar dan aroma tanah basah mengisi udara saat Kawan menjelajahi alam yang indah ini. Setiap langkah membawa Kawan lebih dekat dengan keajaiban alam, dan mungkin saja Kawan GNFI, menemukan air terjun tersembunyi atau pemandangan yang menakjubkan di sudut-sudut yang tidak terduga.

baca juga: 5 Wisata Bukit di Indonesia Timur, Indah nan Memesona

Tips Berlibur di Desa Wisat Nampan Sukomakmur

Untuk Kawan GNFI yang berencanan mengunjungi desa wisata ini, yuk! Simak tips berlibur berikut ini agar wisata Kawan GNFI bisa berjalan dengan lancar dan menyenangkan, mengutip dari detik.com:

  1. Sebaiknya, gunakanlah kendaraan roda dua karena jalan menuju lokasi desa ini hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua. Namun, bagi Kawan yang menggunakan kendaraan roda empat jangan khawatir, karena disana telah disediakan juga tempat parkir bagi mobil, lalu Kawan dapat berjalan kaki atau menaiki ojek untuk menuju ke spot terbaik di desa wisata ini.
  2. Gunakanlah pakaian yang hangat karena udara di sana cukup dingin dan berangin.
  3. Datanglah pada pagi hari, sekitar pukul 06.00 – 08.00 WIB karena itu waktu terbaik untuk bisa menikmati keindahan terasering yang berlatar belakang Gunung Sumbing.
  4. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan agar keindahan alam yang ada di desa wisata tersebut dapat selalu terjaga dan tidak tercemar.
baca juga: Desa Kemuning, Destinasi Wisata Karanganyar yang Indah

Desa Sukomakmur menjadi surga bagi para pecinta fotografi. Setiap sudut yang ada di desa ini menawarkan lanskap alam yang menakjubkan, yang seakan-akan desa ini dibuat ketika Tuhan sedang tersenyum. Potret kehidupan sehari-hari yang menarik, seperti melihat para petani berladang, langit cerah, kicauan burung serta panoramanya membuat hati sangat tenang.

Desa Sukomakmur menjadi destinasi yang sempurna bagi mereka yang ingin melarikan diri dari kepenatan perkotaan dan menikmati ketenangan dan keindahan alam. Bersantai di hamparan ladang hijau sambil melihat pemadangan megah dari gunung Sumbing.

Berinteraksi dengan masyarakat lokal adalah pengalaman yang akan meninggalkan kenangan yang tak terlupakan. Jadi, jika kamu mencari tempat untuk mengisi baterai dan menikmati pesona desa di lereng gunung, kunjungilah Desa Sukomakmur dan temukan keajaiban alam dan budaya yang menakjubkan

referensi:

https://www.detik.com/jateng/wisata/d-6596589/desa-wisata-nampan-sukomakmur-magelang-berlatar-gunung-sumbing-nan-indah

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

RH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini